Album Baru Tulus, "Manusia," Pecahkan Rekor Spotify

Oleh: admincd - 09 Mar 2022

Setelah penantian panjang yang rasanya tak berkesudahan, penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia, Tulus, akhirnya melepas album studio keempatnya, "Manusia," pada tanggal 3 Maret yang lalu. Sebagai catatan, perlu 6 tahun bagi fans untuk bisa mendengar susulan album "Monokrom" (2016) ini. Ada 10 track yang mengisi album, termasuk single single ‘Tujuh Belas’ yang dirilisnya sepekan sebelumnya, yaitu tanggal 24 Februari.

Mungkin karena sudah kangen sekali dengan Tulus, tidak heran jika lagu-lagu dalam album mendapat antusiasme yang tinggi dari para fans. Tidak heran jika track seperti 'Hati-Hati Di Jalan' sukses memecahkan rekor streams sepanjang masa Spotify Indonesia dengan 969 ribu dan memasuki global chart untuk pertama kalinya (#93). Sedang Tulus debut di posisi #138 di chart artist global Spotify, yang merupakan entry tertinggi per-tanggal 6 Maret.

Bukan hanya itu, album "Manusia" duduk di posisi #3 Top Albums Debut Global Spotify per-tanggal 4-6 Maret.

Album menampilkan daftar kontributor yang cukup panjang, termasuk kembalinya produser Ari Renaldi. Beberapa nama lain yang membantu Tulus di album ini adalah Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul yang tercatat sebagai penulis lagu. Sedang beberapa lagu lain mengandung aransemen string dari Budapest Scoring Symphony Orchestra dan hasil gubahan Erwin Gutawa.

Berikut tracklist untuk album "Manusia":

1. Tujuh Belas

2. Kelana

3. Remedi

4. Interaksi

5. Ingkar

6. Jatuh Suka

7. Nala

8. Hati-Hati di Jalan

9. Diri

10. Satu Kali

admincd
More from Creative Disc