Dua Lipa Hadapi Tuntutan Hukum Kedua Untuk 'Levitating'

Oleh: admincd - 08 Mar 2022

Kasus tuntutan hukum dengan tuduhan pelanggaran hak cipta yang diluncurkan band Artikal Sound System kepada Dua Lipa belum lagi usai, ia kembali dijerat masalah yang serupa dan masih untuk lagu 'Levitating'.

Sebagaimana laporan Billboard, sebuah tuntutan hukum telah diajukan kepada pengadilan federal Manhattan di Jumat, 4 Maret lalu, oleh barisan penulis lagu bernama L. Russell Brown dan Sandy Linzer. Keduanya menuduh Dua "menduplikasi" melodi pembuka khas 'Levitating' dari lagu mereka yang dirilis di tahun 1979, 'Wiggle and a Giggle All Night' dan lagu rilisan 1980, 'Don Diablo', yang masing-masing dinyanyikan oleh Cory Daye dan Miguel Bosé.

Para penulis ini berargumen jika Dua sebelumnya pernah mengakui jika dulunya sering dengan sengaja mengemulasi era lampau dan mengambil inspirasi dari lagu-lagu lawas untuk menciptakan sound yang terdengar retro. Dalam mencari inspirasi nostalgia, Dua kemudian disebutkan menjiplak kreasi mereka tanpa memberi atribusi yang layak.

Pihak Dua dianggap telah mengabaikan hak kepemilikan intelektual milik penuduh dan mereka mengajukan tuntutan hukum ini sehingga tertuduh tidak bisa menghindar dari pelanggaran hak cipta yang mereka lakukan. Selain Dua, tuntutan diajukan juga kepada labelnya, Warner, selain juga sang kolaborator, DaBaby.

Bandingkan 'Levitating' dengan 'Wiggle and Giggle All Night' dan 'Don Diablo' di bawah ini:



admincd