Creativedisc Exclusive Interview with Salem Ilese: Tentang TikTok, Musik, Hingga Brand di dalam Lagu-lagu yang Dia Ciptakan

Oleh: dundhee - 20 Apr 2022

Nama Salem Ilese di beberapa tahun terakhir santer terdengar. Ini sejak single ‘Mad at Disney’ miliknya viral di TikTok dan digunakan oleh lebih dari 2.5 juta pengguna di TikTok. Inilah yang membuka jalan Salem untuk benar-benar menjalankan karier yang memang sudah sejak lama dia idamkan. Ya, Salem memang sudah sejak dulu bercita-cita untuk menjadi seorang penulis. Bahkan, sejak usia belia, dirinya sudah disibukkan dengan menulis lagu dan belajar tentang musik. Percaya atau tidak, dia sempat mengenyam Pendidikan Musik di Berklee University walau pada akhirnya dia memutuskan untuk mengejar karier dan berkonsentrasi untuk menulis karya-karya terbarunya. Tidak salah memang, karena Salem kini telah mengantongi 8 juta pendengar bulanan di Spotify dan telah bekerjasama dengan banyak sekali nama di industri musik global.

Saat ditemui beberapa waktu lalu secara daring, Salem mengutarakan kecintaannya pada TikTok. Karena kini, selain bekerja secara penuh sebagai penulis lagu dan penyanyi, dirinya juga disibukkan sebagai kreator di TikTok. “TikTok adalah salah satu platform favoritku dan aku seperti merasa punya hutang budi akan kesuksesanku sekaligus aku merasa bersyukur karena aku menemukan keluarga baruku disana,” ungkap Salem. “Sangat menyenangkan memang mengembangkan konten di TikTok. Aku merasa tidak ada panduan khusus, karena jujur aku juga masih tidak tahu apa yang kulakukan. Tapi aku berusaha mencoba segala hal yang menurutku keren dan orang akan menyukainya. Jika itu berhasil, maka itu akan berhasil,” lanjutnya saat ditanya tantangan yang dia rasakan sebagai kreator di TikTok.

Berbicara tentang musik, Salem juga telah merilis EP terbarunya yang berjudul “Unsponsored Content”. EP terbarunya ini tergolong unik karena seluruh lagunya berjudul dan membahas tentang sebuah brand. Dimulai dari ‘Ben & Jerry’, ‘Coke & Mentos’, hingga single kolaborasinya bersama Alan Walker dan TXT yang berjudul ‘PS5’. Ditanya tentang hal ini, Salem mengaku semuanya terjadi secara natural. Bahkan dia juga tidak menyadari bahwa dia telah menulis beberapa lagu yang membahas tentang sebuah brand. “Brand adalah sesuatu yang sangat dekat dan sering kali masuk ke dalam sebuah obrolan dan aku mencoba memasukkannya ke dalam laguku begitu saja tanpa terlalu banyak memikirkannya. Hingga seseorang mengungkapkan bahwa aku punya lumayan banyak lagu tentang brand dan itu membuatku tersadar. Akhirnya aku berpikir akan jadi satu hal yang sangat menarik untuk membuat sebuah project dari hal tersebut dan mengemasnya dalam sebuah paket yang penuh kenangan sehingga tiap orang bisa mendengarkan dan merasa relate karena menurutku sebuah brand akan sangat terasosiasi pada banyak orang,” kata Salem.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Salem yang membahas tentang TikTok, Definisi Musik baginya, sampai 3 hal menarik yang 2 diantaranya ternyata tentang alergi unik yang dimiliki oleh Salem lewat video di bawah ini:

Special thanks to Universal Music Indonesia

dundhee
More from Creative Disc