Ed Sheeran Menang Di Kasus Gugatan Hukum Untuk 'Shape Of You'

Oleh: admincd - 08 Apr 2022

Kasus gugatan hukum yang dilayangkan kepada Ed Sheeran dengan tuduhan pelanggaran hak cipta untuk single hits-nya, 'Shape of You' (2017), tampaknya berakhir sudah dengan kemenangan berada di tangan sang bintang pop.

Di rabu, 6 April kemarin, seorang hakim di Pengadilan Tinggi Inggris yang bernama Antony Zacaroli telah memutuskan jika sang penyanyi dan penulis lagu tidak terbukti melakukan plagiat untuk lagu rilisan 2015 milik Sami Chokri, 'Oh Why'.

Hakim Zacaroli memutuskan jika Ed sama sekali tidak menjiplak, baik sengaja atau tidak, lagu milik Chokri. Sang hakim mengakui jika memang ada kemiripan di antara frasa satu baru 'Shape of You' dan 'Oh Why', tapi kemiripan seperti hanyalah awal untuk kemungkinan adanya pelanggaran hak cipta.

Chokri, seorang musisi pengusung grime dengan nama panggung Sami Switch, mengklaim jika hook, "Oh I" dalam 'Shape of You' sangat mirip dengan hook "Oh why" dalam lagunya.

Setelah keputusan hakim diungkap, dalam sebuah video yang beredar di medsos Ed menyebutkan jika klaim "tak berdasar" seperti yang dilayangkan penggugat "sangat terlalu umum." Ia juga menyayangkan jika tuntutan hukum tanpa dasar hanya akan melukai industri penulisan lagu. Apalagi hanya ada sedikit not dan akor yang bisa digunakan dalam musik pop.

admincd
More from Creative Disc