Justin Bieber & Dan + Shay Terjerat Kasus Hukum Dengan Tuduhan Plagiat Untuk '10,000 Hours'

Oleh: admincd - 25 Apr 2022

Justin Bieber dan duo Dan + Shay adalah yang terbaru dalam kasus hukum dengan tuduhan plagiat atau mencontek yang terdapat dalam lagu hits mereka, '10,000 Hours'.

Dalam tuntutan hukum yang diajukan Kamis kemarin di pengadilan federal Los Angeles, sebuah perusahaan bernama Melomega menuduh para musisi tersebut mencuri "porsi inti" lagu hits mereka dari sebuah lagu kurang terkenal berjudul 'The First Time Baby Is A Holiday' yang dirilis di tahun 1980.

Tre Lovell, pengacara pihak Melomega menyebutkan jika hanya perlu mendengar sekali saja pasti sadar akan banyak kesamaan antara dua lagu yang dipermasalahkan ini. Pihak Melomega mengklaim jika anggapan ini telah dikonfirmasi oleh seorang musikologis bernama Dr. Alexander Stewart, yang telah menganalisa dua lagu tersebut dan mengambil kesimpulan jika pihak tergugat telah mencuri lagu pihak penggugat.

'The First Time Baby Is A Holiday' merupakan tulisan Palmer Rakes dan Frank Fioravanti. Frank kemudian membentuk Melomega. Kurang jelas kapan sebenarnya lagu dirilis, tapi komposisinya terdaftar di Kantor Hak Cipta Amerika Serikat di tahun 1980 lalu. Menilik tuntutan hukum ini, lagu kemudian dirilis di tahun 2014 oleh label sub-unit Sony Music, yaitu The Orchard.

Di rilis di Oktober 2019, '10,000 Hours' debut di posisi #4 Hot 100 dan dua pekan di puncak chart Country Airplay chart. Lagu juga memenangi Best Country Duo/Group Performance di 2021 Grammy Awards. Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Dan + Shay untuk tuntutan ini.


admincd
More from Creative Disc