Platform Distribusi Musik Digital Milik TikTok, SoundOn Resmi Hadir Di Indonesia

Oleh: luthfi - 15 Apr 2022

Platform distribusi musik digital yang dipunyai oleh TikTok bernama SoundOn telah hadir di Indonesia setelah resmi diluncurkan di Amerika Serikat, Brazil dan Britania Raya. Menurut siaran rilisnya, SoundOn siap mendukung kegiatan pemasaran dan distribusi para kreator musik tanah air dan memberikan akses langsung bagi para kreator musik untuk menjangkau komunitas TikTok yang terus berkembang. Melalui ragam tools yang mudah digunakan, SoundOn ingin membantu para creator musik untuk membangun interaksi bersama komunitas dan calon pendengar. Tidak hanya itu, SoundOn juga menawarkan persyaratan lisensi yang adil serta membantu mengelola karier para creator musik yang sedang berkembang.

Menurut Christo Putra, Head of Artist Operations dari SoundOn Indonesia, platform SoundOn sendiri menawarkan jasa distribusi musik digital dengan 100% royalti kepada musisi yang adil dan transparan. Musisi yang menaruh musiknya di platform SoundOn juga memiliki master atas karyanya dan SoundOn tidak memiliki master dari musisi. Lalu SoundOn juga menawarkan kesempatan untuk masuk ke dalam promo editorial di TikTok dan platform streaming musik digital (DSP) lainnya di antaranya Resso (yang dimiliki oleh TikTok) dan berbagai macam platform streaming lainnya. SoundOn juga memberikan dashboard data dan analisa kepada musisi untuk meningkatkan karirnya serta memberikan layanan kerjasama dengan brand.

Salah satu artis yang berhasil diorbitkan oleh SoundOn adalah musisi asal Sulawesi Utara yang lahir pada tanggal 2 Oktober 1993, Fabio Asher. Mantan finalis 30 besar X Factor Indonesia ini merilis karyanya lewat SoundOn dengan lagu “Bertahan Terluka” dan berhasil menembus posisi papan atas Spotify Global Viral Top 50 dan berhasil diputar sebanyak lebih dari 30 juta kali di semua platform streaming music. Lewat konferensi pers dengan media, Fabio menyatakan bahwa ia sangat bersyukur untuk bisa bekerjasama dengan SoundOn.

luthfi
More from Creative Disc