Catching up with Johnny Orlando: Musik Eksperimental Adalah Proses Menjadikan Diriku Lebih Baik Sebagai Musisi

Oleh: dundhee - 31 May 2022

Kita mengenal sosok Johnny Orlando adalah sebagai sosok penyanyi yang dulu sempat menyanyikan cover-cover lagu populer di Youtube. Namun, seiring berjalannya waktu, penyanyi muda satu ini semakin menunjukkan keseriusannya dalam bermusik. Ini terbukti dari sejak merilis single originalnya, Johnny seperti tidak berhenti untuk terus menelurkan karya. Walau beberapa tahun terakhir, dunia sedang mengalami pandemi, namun Johnny tetap sibuk dengan proses penulisan karya-karya terbarunya yang akan terangkum dalam sebuah debut album.

Saat ditemui beberapa waktu lalu masih lewat zoom meeting, Johnny berusaha merefleksikan adanya pandemic beberapa tahun terakhir. Menurutnya, pelajaran yang dapat dia ambil dalam kejadian tersebut adalah bahwa perubahan bisa terjadi secara cepat. “Memang aku merasa masih bisa menjalani hidup dengan lebih mudah selama pandemi. Aku tinggal bersama orangtuaku, kita semua masih sehat dan aman. Tapi, aku belajar bahwa segalanya dapat berubah sangat cepat, entah itu baik atau buruk. Terasa menyebalkan memang, tapi itu akan terjadi satu waktu,” katanya. “Jadi, hargailah apa yang kamu miliki sekarang,” lanjut musisi yang bulan Januari lalu tepat berusia 19 tahun.

Di tahun 2022 ini, Johnny Orlando telah merilis sebuah single barunya, 'someone will love you better' yang menampilkan sisi dewasa dirinya. Ini merupakan susulan dari single 'you're just drunk' yang dirilis penghunjung akhir tahun 2021 lalu.

Selama perjalanan kariernya, Johnny memang terkenal sebagai musisi yang ‘eksperimental’. Terlihat dari beberapa rilisannya yang mempunyai sentuhan baik genre maupun mood yang berbeda. Hal tersebut memang adalah sesuatu yang menjadi tujuannya selama ini. “Keseluruhan album yang kukerjakan memang sangat eksperimental. Walau memang tidak akan segila itu, tapi itu tetap saja sesuatu yang gila bagiku. Aku berusaha keluar dari zona nyaman dan itu adalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik dan belajar banyak hal yang nantinya bisa kumasukkan ke dalam musikku,” jelasnya.

Dalam wawancara ini, Johnny juga menyebutkan bahwa album debutnya akhirnya telah rampung. Wajah bahagia terpancar saat Johnny mengatakan bahwa albumnya telah selesai dan siap rilis. “Menyelesaikan debut album saja sudah terasa sangat menyenangkan bagiku. Tiap orang yang terjun ke dalam musik, tentu akan berusaha mengerjakan sesuatu entah album atau apapun. Jadi, akhirnya bisa melakukan hal itu adalah hal tegila yang kurasakan dan aku tak sabar untuk menunjukkan itu semua ke dunia,” katanya sambil tersenyum bahagia. Lalu, kapan album ini dirilis? Johnny mengatakan album debutnya akan diperkirakan rilis pada akhir musim panas tahun ini.

Mengakhiri obrolan, Johnny menitipkan pesan untuk para penggemarnya di Indonesia: “Hai guys, terima kasih sudah menonton wawancara ini. Albumku akan segera rilis, aku juga akan segera datang. Aku sangat-sangat tidak sabar untuk bisa bertemu kalian secepatnya!” tutup Johnny.

Simak obrolan lengkap Johnny Orlando bersama Creativedisc termasuk definisi Johnny tentang musik lewat video di bawah ini:

Thanks to Universal Music Indonesia.

dundhee
More from Creative Disc