Creativedisc Exclusive Interview with Tove Lo: Ingin Ajak Pendengar Masuk ke Nuansa Sinematik dan Dramatis Di Album Terbaru

Oleh: dundhee - 22 Jun 2022

Penyanyi asal Swedia, Ebba Tove Elsa Nilsson atau yang lebih dikenal dengan nama Tove Lo, tahun ini seakan telah memulai era terbarunya dengan single ‘No One Dies From Love’ yang dirilisnya beberapa waktu yang lalu. Sebelum merilis single tersebut, Tove Lo juga merilis single yang merupakan soundtrack untuk serial favoritnya Euphoria yang berjudul ‘How Long’.

Ditemui lewat zoom beberapa waktu lalu, Tove Lo mengatakan ada kisah unik dibalik pembuatan single ‘How Long’ tersebut. “Aku sebagai fans yang menonton series Euphoria berharap bisa untuk mengisi soundtrack ini. "Jadi, aku menulis surat ke sutradaranya untuk mencari tahu apakah aku bisa menulis lagu untuk series ini,” kisahnya. “Sutradaranyapun membalas dan dia menyukai lagu-laguku dan berharap aku bisa menulis lagu untuk season terbaru dari Euphoria. Akupun mengirimkan beberapa lagu dan How Long jadi satu lagu yang sangat cocok,” lanjutnya.

Dalam bermusik, Tove Lo memang mengalami perkembangan di dalamnya. Coba tengok saja beberapa rilisannya sejak dahulu hingga sekarang. Hal ini juga dirasakan sendiri olehnya. Sebagian besar dari perkembangan musik ini dirasakan oleh Tove Lo berasal dari interaksinya bersama musisi lain yang dia ajak kolaborasi. Memang, tidak sedikit musisi yang telah berkolaborasi dengannya. Sebut saja Jax Jones, Finneas, hingga Kylie Minoque telah berkolaborasi bersamanya. “Aku suka berkolaborasi bersama banyak artis karena hal itu bisa membuatmu mendapatkan sebuah insight. Berkolaborasi tidak hanya memberikan perspektif baru tapi juga terkadang memacuku untuk menjadi seorang musisi yang lebih baik,” ungkap Tove Lo. “Ya, itu membuatku menjadi seorang penulis lagu sekaligus penyanyi yang lebih baik lagi saat aku berkolaborasi bersama musisi lainnya,” tambah Tove Lo.

Di tahun ini, Tove Lo lagi-lagi menghadirkan nuansa yang berbeda di lagunya. Konsep sinematik dan dramatis sudah menjadi tujuan dirinya dalam menulis lagu yang nantinya aka nada di album terbarunya. Hal ini sangat terlihat dari single terbaru ‘No One Dies From Love’ yang dia rilis beberapa waktu lalu. Saat ditanya, Tove Lo mengatakan bahwa konsep sinematik dan dramatis memang adalah konsep yang ingin dia usung di album terbarunya ini. “Aku ingin menulis lagu-laguku (di album terbaru) untuk menjadi sebuah perjalanan dan aku ingin membawa pendengar ke perjalanan yang penuh emosi, sinematik dan dramatis. Karena itulah yang ingin kukerjakan. Tentu, hal itu bisa terasa di ‘No One Dies From Love’,” jelasnya.

Lalu, kapan sebenarnya album terbaru Tove Lo ini akan dirilis? Tove Lo memberikan sebuah petunjuk pada Creativedisc bahwa fans harus menunggu sedikit lebih lama sebelum album ini dirilis. Tepatnya, di musim gugur tahun inilah album terbaru Tove Lo akan dirilis. “Albumku akan keluar di musim gugur tahun ini. Tapi sebelumnya, aku akan merilis beberapa lagu lagi kok,” tutupnya.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Tove Lo di podcast eksklusif Creativedisc dimana dia menceritakan pengalaman berselancar yang tidak pernah dia lupakan di Indonesia, hingga definisinya terhadap musik.

dundhee
More from Creative Disc