Kembali Ke Jalur Indie, Neck Deep Rilis Single Terbaru 'STFU'

Oleh: Josefine Stefani - 01 Jun 2022

 

Lama tak terdengar kabarnya sejak merilis album "All Distortions Are Intentional" pada awal masa pandemi di tahun 2020 yang lalu, Neck Deep, band pop punk asal Wrexham, UK kembali merilis single terbaru pada tanggal 26 Mei 2022 yang berjudul 'Shut The Fuck Up (STFU)'.

 

Band yang baru saja ditinggal oleh sang drummer (Dani Washington) beberapa minggu sebelum single ini dirilis menyatakan bahwa mereka sudah tidak berada dibawah naungan Hopeless Records lagi. Kepergian Dani cukup mengejutkan bagi para penggemar, terlebih lagi karena absennya Dani pada beberapa jadwal tour terakhir yang menimbulkan banyak pertanyaan di media sosial, dan statement resmi yang menyatakan bahwa Dani sudah tidak bergabung dengan Neck Deep akhirnya dirilis pada tanggal 10 Mei 2022 yang lalu.

 

Tentunya banyak yang bertanya siapa yang akan mengisi kekosongan drum pada single terbaru tersebut. Pada sesi live chat sesaat sebelum perilisan video klip 'STFU', Neck Deep membuka sesi tanya jawab bagi para penggemar selama 30 menit, dan pada sesi tersebut mereka menjelaskan bahwa Matt Powles, salah satu tim produksi Neck Deep yang akan mengisi kekosongan Dani untuk sementara waktu. Mereka juga menjelaskan bahwa 'STFU' adalah single pertama yang kembali dirilis secara independent, tidak melalui label.

 

Tidak dijelaskan secara detail alasan mengapa mereka meninggalkan label yang selama ini menaunginya, namun mereka menginformasikan bahwa untuk single terbaru ini semuanya digarap sendiri dengan bantuan orang-orang terdekat. Dan mengenai album, Neck Deep menjawab untuk sementara mereka hanya akan merilis single dalam format digital, belum ada jadwal perilisan album dalam waktu dekat, begitu juga dengan rilisan fisik seperti CD dan vinyl. Namun mereka menginformasikan bahwa akan merilis banyak merchandise dengan desain-desain tebaru seiring dengan dirilisnya single 'STFU'.

 

Mendengarkan single terbaru 'STFU' ini seperti membawa kita kembali ke era "Rain in July" atau "Wishful Thinking," dimana jika pada album "All Distortions Are Intentional" telinga kita dimanjakan dengan beat-beat yang cukup slow, 'STFU' kembali ke tempo dan riff-riff gitar khas pop punk yang cepat. Video klip lagu ini digarap oleh Max Moore dan untuk pengerjaan lagunya mereka melibatkan Andrew Wade, sedangkan untuk proses mixing ditangani langsung oleh sang bassist, Seb Barlow yang sekarang sudah menjadi personil resmi Neck Deep menggantikan posisi Fil Thorpe-Evans.

 

Saat ditanya mengenai cerita dibalik 'STFU' atau tema dari lagu tersebut, Ben menjawab STFU adalah lagu yang bercerita tentang rasa ketidakpuasan atas dunia modern, situasi politik, dan orang-orang yang terlalu terobsesi dengan drama dunia online.

 

 

Teks by: Josefine Stefani

Josefine Stefani
More from Creative Disc