Album "Antarctican Dream Machine": Pengiring Renungan Karya Novo Amor

Oleh: welly - 07 Aug 2022

“A companion in silence” adalah kalimat yang muncul di kepala saya ketika pertama kali mendengar album terbaru Novo Amor, "Antarctican Dream Machine," yang dirilis pada 29 Juli 2022. Album berisi 10 tracks ini tidak memiliki lirik sama sekali, alias hanya musik instrumental.

Januari 2022 lalu, Novo Amor berkesempatan untuk mengunjungi Benua Antartika, mewakili organisasi lingkungan, Greenpeace. Perjalanan yang menghabiskan waktu 3 minggu ini ternyata tak hanya menjadi ajang kontribusi Ali Lacey untuk keselamatan lingkungan, tapi juga menjadi sumber inspirasi berkarya Novo Amor.

Kalau kamu ikutin update Novo Amor di sepanjang tahun 2022, Ali Lacey atau yang kerap dijuluki Novo Amor, sempat beberapa kali berbagi pengalamannya di Antartika. Selain foto-foto penguin, Ali juga meng-cover lagunya sendiri, yakni State Lines, di tengah lapisan es, paus, anjing laut, serta tentunya penguin.

Singkatnya, selama 3 minggu berkelana di tengah Benua Antartika, Novo Amor menyempatkan diri untuk menuangkan inspirasi yang didapatnya dari pengalaman tersebut menjadi sebuah album baru, "Antarctican Dream Machine".

“[Lagu ini] terinspirasi dari lingkungan di sekitarku, keheningan, kehancuran yang bertekstur (textured desolation), dan luruhan bongkah es yang sempat ada dan kemudian hilang. Dalam wujud musik, ini adalah hasil pengalaman murniku dalam waktu singkat di Antartika dan di kapal itu,” akunya di Instagram.

Selain itu, Ali Lacey juga mengaku bahwa album "Antarctican Dream Machine" adalah sebuah peralihan dari apa yang selama ini kita kenal dengan “Novo Amor”. Album instrumental pertama Novo Amor ini semata-mata untuk mengekspresikan sisi kreatif Ali yang dialaminya saat di Antartika, tanpa melebih-lebihkan proses kreatif itu sendiri.

“It is what it is because I am where I am, and that’s enough,” simpul Novo Amor.

Album ini cocok didengarkan di tengah keheningan atau ketika kamu perlu berpikir mendalam, alias berkontemplasi, karena lagu ini sangat cocok mengiringi momen renunganmu. Penasaran seperti apa lantunan instrumen dari "Antarctican Dream Machine?" Yuk, langsung aja streaming di bawah ini!

Teks by: Tristin Hartono

welly
More from Creative Disc