Beyonce Akan Hapus Lirik Lagu 'Heated' Yang Dianggap Menghina Penyandang Disabilitas

Oleh: welly - 04 Aug 2022

Beyonce mendapatkan kritik oleh para aktivis karena menggunakan kata 'spaz' di lagu 'Heated' yang ada di album terbarunya, "RENAISSANCE".

Untuk itu melalui seorang juru bicaranya, Beyonce akan menghapus penggunaan istilah itu, karena telah dinilai menghina penyandang disabilitas.

Berikut sepenggal lirik di lagu 'Heated' yang nantinya akan diganti oleh Beyonce.

Spazzing on that ass, spaz on that ass

Fan me quick, girl, I need my glass

Hal ini juga sebelumnya terjadi kepada Lizzo, dengan lagu berjudul 'Grrrls' dimana dirinya juga banjir kecamaan dengan tuduhan mempromosikan abilisme (atau diskriminasi atau prasangka sosial terhadap penyandang disabilitas) dengan menggunakan kata yang biasa dipakai sebagai ejekan untuk penyandang disabilitas.

Kata yang dipermasalahkan, “spaz,” di Amerika Serikat memiliki persamaan makna dengan “freak out” atau “go crazy.” Namun secara etimologi kata ini berasal dari “spastic,” yang secara medis digunakan untuk menggambarkan kejang-kejang yang dialami seseorang dengan kondisi cerebral palsy. “Spaz” kemudian kerap digunakan untuk mengejek orang penderita kondisi ini.

Lagu 'Heated' ditulis Beyonce bersama Drake, Boi-1da, Jahaan Sweet, Sevn Thomas, Neenyo, Ricky Lawson, Blu June, Brittany Coney, Calev & Cadenza. Lagu ini masuk di album "RENAISSANCE" yang rilis pada 29 Juli 2022 dan menuai banyak pujian dari para kritikus serta media ternama.

welly
More from Creative Disc