Iklan

Album Pandemi Rina Sawayama "Hold The Girl" Seperti Perjalanan Mentalnya

Oleh: cung2 - 21 Sep 2022

Penyanyi-penulis lagu Jepang-Inggris, Rina Sawayama, merilis album keduanya “Hold The Girl” melalui Dirty Hit. Album ini terdiri dari 13 lagu, yang direkam tahun 2020-2021 di London. Ya, karena pandemi membuat Rina Sawayama terjebak di London, dan tidak bisa kemana-mana. Jadilah album ini direkam dan diproduksi di London.

Saat proses merekam album ini, Rina Sawayama sering mendengarkan lagu-lagu yang kebanyakan dinyanyikan perempuan. Mulai dari Garbage, Avril Lavigne, Shanie Twain, Pussycat Dolls, Dolly Parton, Kacey Musgraves, dan tidak lupa juga 2 band favoritnya Bon Jovi dan Aerosmith. Rina ingin membuat euforia pop, yang sekaligus menjadi terapi untuk dirinya sendiri. “Hold the Girl” juga mencerminkan perjalanan kesehatan mentalnya sendiri, dimulai dari menghadapi masa lalunya dan akhirnya bebas dari perasaan gelap ini.

Rina Sawayama menjelaskan, “Banyak orang mengabaikan gejala rasa sakit emosional mereka."

‘Hold the Girl’ adalah lagu pertama yang saya tulis dan direkam pada akhir tahun 2020. Saat itu saya pergi ke terapi dan mendapat inspirasi, jadi saya memutuskan untuk menulis lagu itu.. dan kemudian saya terus melakukannya. Saya sempat menangis sebelum pergi ke studio dan ketika di studio, saya menulis tentang itu.”

13 lagu yang ada di album ini juga didapatkan dengan mengadaptasi perasaan yang sama seperti title-track ‘Hold the Girl’. Rina Sawayama terinspirasi dari kumpulan esai “Minor Feelings” dari Cathy Park Hong, yang menyoroti kehidupan perempuan  Asia di Amerika mulai dari agresi, rasial, dan lain sebagainya. Itu adalah kumpulan perasaan kecil yang mempengaruhi emosinya saat dewasa.

Di lagu yang sempat dirilis sebelumnya ‘This Hell’  mungkin bisa menjadi lagu cinta yang romantis. Ini bermakna ganda, namun salah satu pesan yang ingin disampaikan Rina lewat lagu ini adalah meskipun kehidupan seperti ‘neraka’, pastikan ada orang-orang yang bisa bersama-sama, sehingga merasa “this hell is better with you”.

cung2
More from Creative Disc