Creativedisc Exclusive Interview With Aldrian Risjad: Berani Menumpahkan Emosi Yang Tertahan Lewat Lagu

Oleh: luthfi - 03 Sep 2022 | Views: 62

Solois asal Jakarta bernama Aldrian Risjad lahir dan tumbuh dengan situasi yang tidak mengenakkan. Di masa mudanya ia harus bergelut dengan perceraian kedua orang tuanya, hal tersebut membuat dunianya langsung runtuh dan ia benar-benar terpukul akan hal itu. Untungnya ia masih mempunyai musik yang menyelamatkan hidupnya yang waktu itu berada di titik terbawahnya.

Ia meluapkan semua kegundahannya tentang cinta dan perpisahan sampai-sampai orang tuanya baru menemukan bahwa anaknya sedang tidak apa-apa dari segi emosional lewat lagu.

“Ketika orang tua gw mendengar lagu gw mereka akhirnya baru tahu bahwa gw mempunyai unek-unek yang tertahan tentang perceraian mereka dan akhirnya mereka paham setelah mendengarkan lagu gw. Bisa dibilang lagu itu merupakan alat komunikasi yang ideal buat gw dalam menyampaikan sesuatu yang ada di diri gw”, ungkap Aldrian ketika ditemui melalui Zoom.

Setelah ia merilis EP “Interrobang” pada 2020 lalu yang dipenuhi dengan sound rock tulen dengan lirik yang jujur. Ia akhirnya kembali lewat single solo-nya berjudul “Berlari Pelan di Kota Yang Cepat”. Lagu ini ia ciptakan dari pengalaman pribadinya ketika bersepeda di kala Jakarta sedang dalam masa kosong-kosongnya.

Menurut Aldrian, “Ketika gw bersepeda di jalan besar waktu Jakarta lagi kosong, gw mikir ini orang-orang Jakarta kebanyakan capek dalam hidupnya apa gara-gara semuanya yang berlangsung di Jakarta ini serba cepat ya. Lagu ini gw buat karena gw ingin menyampaikan bahwa terkadang di kota Jakarta yang serba cepat ini kita harus banyak beristirahat dan melihat kembali siapa diri kita sebenarnya di tengah kecepatan kehidupan yang ada di ibu kota.”.

Pecinta Kings of Leon dan sekarang tengah membantu Sajama Cut sebagai gitarisnya menjadikan musik sebagai outlet curhatan emosi yang tidak bisa ia sampaikan dalam medium manapun dan Aldrian merasa bahwa dengan menjadi musisi ia menjadi lebih nyaman dan bebas dalam mengutarakan unek-unek yang ada di dalam dirinya.

Simak wawancara CreativeDisc selengkapnya dengan Aldrian Risjad dimana kami bercerita soal lagu terbarunya, kejadian berat yang menimpa hidupnya, kesukaan kami terhadap Kings of Leon dan anime Fullmetal Alchemist lewat video di bawah ini:

luthfi