KV Fest jadi Momen #DitaPulangKampung dan Penampilan Solo Pertama B.I

Oleh: sheyla - 05 Sep 2022

Sejak situasi pandemi mulai membaik, rasanya penikmat musik,khususnya penggemar kpop di Indonesia tidak diberi waktu untuk istirahat. KVFest jadi salah satu event yang ikut meramaikan konser musik diIndonesia. Diadakan oleh KULTVIZION di Tennis Indoor Senayan pada 28 Agustus2022 lalu, KV Fest sukses menampilkan line-up keren seperti Ramengvrl,Afgan, Secret Number, B.I, dan Jessi. Hujan deras di siang hari tidakmenyurutkan semangat para penggemar untuk menyaksikan idola-idola mereka.Sayangnya, tidak ada nomor antrean yang diberikan panitia untuk penonton yangakhirnya harus mengantre berjam-jam demi dapat posisi terbaik di depanpanggung.

Tepat pukul 16.30, KV Fest dibuka dengan penampilan seruRamengvrl yang membawakan lagu-lagu andalannya seperti “Onto the Next”, “I’mUgly”, serta “Ca$hmere”. Rapper bernama asli Putri Estiani ini ditemani denganDJ juga beberapa “kembaran”, para dancer yang berpakaian dan memakai wigpersis dirinya. Ramengvrl juga membawakan “Mommae” milik Jay Park yang tentu disambutkehebohan penonton. “Tolong rekam, terus nanti tag Jay Park, ya!” ujarRamengvrl.

Berikutnya, giliran Afgan yang tampil di panggung KV Fest. Membawakanlagu-lagunya seperti “Knock Me Out”, “Bawalah Cintaku”, “Lestari Merdu”, penampilanAfgan diramaikan paduan suara penonton yang ikut menyanyikan hampir semualagunya. Afgan juga membawakan lagu-lagu lawasnya, “Dia Dia Dia”, “Sadis”, dan“Panah Asmara” yang tentu bikin nyanyian penonton makin lantang! Afgan mengakubangga bisa berada satu panggung bersama B.I, Jessi, dan Secret Number.Menurutnya, kita harus bangga karena punya orang Indonesia sebagai anggota grupKpop.

Penampilan para artis internasional diawali dengan penampilan Secret Number yang langsung mengentak panggung dengan track debut mereka, “Who Dis?”. Lockey (nama penggemar Secret Number) langsung histeris, apalagi ini kali pertama Secret Number tampil di luar negeri akibat keterbatasan pandemi setelah debut pada Mei 2020. Grup asuhan Vine Entertainment beranggotakan Léa, Dita, Jinny, Soodam, Zuu, dan Minji ini juga membawakan beberapalagu seperti “Hola”, “Privacy”, “Doomchita”, “Dangerous in Love”, “FireSaturday”, “Holiday”, dan “Got That Boom”.

Ini juga kali pertama seorang idol Kpop asal Indonesia tampildi tanah air, dengan tagar #DitaPulangKampung menjadi trending selama beberapahari sebelum digelarnya KV Fest. Di panggung, Dita mengungkapkan kebahagiaannyayang akhirnya bisa tampil di Indonesia. Ternyata, punya idola Kpop orangIndonesia tuh seru, ya? Penggemar jadi merasa lebih dekat dengan idolanyakarena punya bahasa yang sama. Terasa lebih nyambung! Selain Dita, semua memberlain juga mencoba bicara dalam bahasa Indonesia untuk mengucapkan terima kasihkepada semua penonton. “Kalian semua luar biasa!” kata Jinny yang hampir miriporang Indonesia karena lafalnya yang cukup fasih.

Kim Hanbin alias B.I menjadi line-up selanjutnya yang tampil. Selain bagi Secret Number dan Lockey, KV Fest juga bermakna bagi B.I dan ID (sebutan penggemar B.I) karena ini pertama kalinya B.I tampil di Indonesia setelah resmi menjadi artis solo. Venue konser dipenuhi teriakan “Kim Hanbin! Kim Hanbin!”, menunjukkan penonton yang terlalu rindu dengan idolanya. Diawali dengan “Waterfall”, B.I membawakan total 11 lagudengan hampir tanpa jeda, seperti “Illa Illa”, “Flame”, “Lover”, “Cosmos”, “BTBT”, dan lagu lainnya.

B.I mengaku nervous karena sudah lama tak tampil di Jakarta.Dirinya juga mengungkapkan keinginannya untuk pergi ke Bali, juga mencicipiRendang di Indonesia. Dalam sesi bincang-bincang dengan MC, B.I sedikitmenyanyikan lagu “Cantik” milik Kahitna yang tentu disambut heboh oleh semuapenonton. Sedikit spoiler, B.I mengaku sedang menyiapkan albumterbarunya yang bertemakan cinta. Wah, nggak sabar! Penampilan B.I ditutupdengan “Lost at Sea (Illa Illa 2)” yang terasa sangat spesial karena dibawakanlangsung bersama Afgan. Afgan bercerita, mereka bisa berkolaborasi karenaberada di manajemen yang sama di Amerika Serikat. Sepertinya Afgan dan B.Ibukan sekadar partner kolaborasi lagi, tapi sudah jadi bestie nih!Keduanya menunjukkan keakraban di panggung, juga “bertengkar” soal siapa yangmakan lebih banyak waktu di Seoul.

Kualitas speaker yang kurang baik dan sedikit menyakitkantelinga saat didengar dari bangku tribun selama acara ini tertutupi olehpenampilan para line-up yang seru banget, dipadukan dengan semangatpenonton yang tanpa henti ikut bernyanyi, berteriak, dan ngedance sepanjangacara!

Tunggu dulu, KV Fest belum berakhir di sini. Masih ada Jessi sang Ratu Festival yang bikin malam itu memorable banget, baik untuk Jebbies maupun penonton yang baru pertama kalinya nonton Jessi! Baca selengkapnya di sini.

Teks: Sheyla Ashari

Foto: Budi Susanto

sheyla
More from Creative Disc