Muse Sajikan Lagu Baru di Album Greatest Hits, "Will of the People"

Oleh: cung2 - 01 Sep 2022

Kontrak Muse dengan label Warner memang sudah hampir berakhir. Biasanya label merekomendasikan musisi untuk membuat album “Greatest Hits” di akhir kontraknya. Tapi, tidak dengan Muse! Daripada membuat album kompilasi, Muse justru memberikan sesuatu yang 'baru' di album “Will of the People”, sebuah album yang mengombinasikan sound original mereka. Muse menyebutkan bahwa “Will of the People” adalah greatest hits album – of new songs.

Album ini terasa lebih ritmik. 10 lagu yang masuk didalam album ini, justru menampilkan Muse yang lebih otentik. Tidak seperti 2 album sebelumnya “Drones”, dan “Simulation Theory” yang tidak-terdengar-band-malah-lebih-elektronik, justru di “Will of the People” lebih banyak permainan gitar. Matt Bellamy mengungkapkan bahwa album ini, ada lagu yang diciptakan tahun 2002, yang ‘tidak berhasil’ masuk di album, akhirnya dipermak, sehingga terdengar lebih megah dan masuk di album “Will of the People” ini.

“Saya mengatakan bahwa album ini sedikit bertabrakan dengan kenyataan. Saya pikir itulah yang membedakan album ini daripada yang lain. Ada tema serupa di album ini seperti ‘Resistance’ (2009), atau ‘Absolution’ (2000). Cuma album ini juga menyesuaikan dengan keadaan sekarang, seperti pandemi,” kata Matt Bellamy dalam sebuah interview, menjelaskan pembeda album ini dengan album Muse sebelumnya.

Tidak hanya itu, Muse juga bereksplorasi dengan genre baru: Horror. Di salah satu lagunya ‘You Make Me Feel Like It’s Halloween’, Muse mengambil pendekatan dari serial Stranger Things, Misery, dan The Shining, yang dipadukan dengan apik sehingga terasa pas untuk didengarkan walau sedang terisolasi gara-gara pandemi.

Tidak hanya itu, kita bisa mendengar Muse yang lebih metal di lagu ‘Kill or Be Killled’. Di lagu ini, kita bisa mendengarkan instrumen metal yang spektakuler, yang belum pernah ditampilkan Muse sebelumnya. Tidak cuma musik yang ‘keras’ saja, pendekatan yang lebih lembut juga dihadirkan Muse di lagu ‘Ghosts (How Can I Move On)’ dan ‘Verona’, 2 lagu stripped back, dengan permainan piano dan suara Bellamy yang syahdu.

"Will Of The People" adalah album Muse yang tajam dan kuat. Setidaknya mengembalikan image Muse yang sangar dan nge-rock. Rilisan yang sangat solid, dan jadi bukti Muse merupakan band rock yang luar biasa dengan sembilan album sebelumnya.

Tracklist:

1. "Will of the People" 3:18

2. "Compliance" 4:10

3. "Liberation" 3:06

4. "Won't Stand Down" 3:30

5. "Ghosts (How Can I Move On)" 3:36

6. "You Make Me Feel Like It's Halloween" 3:00

7. "Kill or Be Killed" 5:00

8. "Verona" 4:56

9. "Euphoria" 3:23

10. "We Are Fucking Fucked" 3:36

Dengarkan album "Will of The People" berikut ini:

cung2
More from Creative Disc