Arctic Monkeys Ambil Sisi Lain Musikal di Album Baru "The Car"

Oleh: cung2 - 26 Oct 2022

Arctic Monkeys masih membuktikan bahwa merekaadalah salah satu band terbaik untuk generasi musik saat ini. Yang terbaru,Arctic Monkeys merilis album ketujuh “The Car” 21 Oktober.

Album ini cukup beda.

Ya, beda dari sisi musikal dan lirik, drummerArctic Monkeys, Matt Helders, sempat mengungkapkan lewat wawancara tahun 2018 bahwaalbum baru Arctic Monkeys ini akan “mengambil sisi lain secara musikal”. Secaraimplisit, mereka juga ingin keluar dari bayang-bayang ‘RU Mine?’ (2012) yang melejitkannama Arctic Monkeys.

Benar saja, album “The Car” jadi seperti duniayang jauh dari Arctic Monkeys. Hampir tidak ada lagu ala konser dengan drum dangitar yang sangar, atau reff yang sing-a-long. Justru album “The Car”menampilkan palet sonik yang membuat segalanya lebih megah, penuh warna, dansinematik.

Beberapa lagu seperti ini malah dianggapsebagai lagu terbaik mereka. Seperti single pertama ‘There'd Better Be aMirrorball’ yang merupakan kisah patah hati yang indah. Dengan vokal Turner yangmenceritakan hati-yang-berat, diiringi dengan musik yang memperkuat nada. Ataulagu ‘Sculptures of Anything Goes’, dimana Arctic Monkeys bereksperimen denganmesin drum dan synth, sehingga seperti mendengarkan ‘Do I Wanna Know’(2013) versi baru. Ini hampir membuktikan bahwa DNA band tetap sama, hanyadengan pengemasan musik yang mengikuti jaman, dan jadi terdengar berbeda namuntetap sama.

“The Car” seperti merefleksikan Arctic Monkeyskedepannya. Dengan penggunaan ‘suara-baru-yang-mengerikan’, seperti jadi tekaduntuk mengisi dunia yang saat ini didominasi oleh musik elektronik. Mulai darilagu-lagu ‘Bid Ideas’, ‘Body Paint’, ‘Hello You’, ‘Perfect Sense’ dan lainnyayang membawa perjalanan surealis, dan membuktikan kemampuan penulisan laguTurner yang tak tertandingi. Album ini jadi satu rekor mereka yang palingberhasil dan mengesankan. Arctic Monkeys bukanlah ‘anak-baru’, namun dengankemampuan eksplorasi, membuat mereka selalu punya rasa yang baru.

Dengarkan album "The Car" berikut ini:

cung2
More from Creative Disc