bbno$ Tampil Dengan Super Kocak dan Menyenangkan di Jakarta

Oleh: luthfi - 12 Oct 2022

Mewawancarai Alexander Leon Gumuchian atau biasamanggung dengan nama bbno$ (dibaca: baby-no-money) merupakan sebuah momen yangpaling ditunggu karena ia tidak akan berbicara penuh soal musik dan malahberbicara tentang hal yang remeh temeh dan berkutat di dunia komedi internetseperti meme, shitpost, dan berbagai macam komedi yang jika kamu tahuberarti kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi internet. Ternyata kelucuantersebut tidak hanya muncul ketika kita mengobrol tetapi juga terwujud di depanpanggung.

 

Pada Minggu, 9 Oktober 2022 kemarin, rapper yangakrab dengan beanie merah jambunya itu akhirnya bertandang ke Jakartatepatnya di Bengkel Space. Sebelum bbno$ tampil di konser yang digelar oleh brandGoing Noodles berbagai macam artis yang paling hip dari skena hiphop lebih dulu tampil diantaranya adalah Nolja Gang, Bilboysan, A. Nayaka,Reikko, Davidbeatt, dan juga rapper perempuan yang paling panas saat iniyaitu Ramengvrl. Setelah menunggu lama, akhirnya rapper yang merangkap shitposterini tampil di depan para penggemar yang sudah setia menunggunya sampaimemakai beanie merah jambu bertuliskan nama panggungnya.

 

Sang DJ pengiring bernama Dan memanaskan penontonterlebih dahulu dengan kumpulan lagu-lagu lawas mulai dari “Barbie Girl” milikAqua sampai “Hey Ya” milik Outkast. Ketika bbno$ tampil ia bukannya langsungmenghajar lagu miliknya tetapi membawakan lagu “Never Gonna Give You Up” milikRick Astley yang terkenal berkat sebuah istilah internet bernama rickroll dimanaistilah tersebut digunakan untuk orang yang mengirimkan sebuah tautan yangmenyuruh orang lain wajib membuka tautan tersebut karena biasanya isinya adalahsebuah informasi penting tetapi ketika dibuka ternyata isinya adalah video klipdari lagu “Never Gonna Give You Up”. Setelah bbno$ sukses me-rickroll semuapenonton di Bengkel Space, akhirnya ia memulai membawakan lagu-lagunya (ataulagu yang ia isi bersama musisi lain) seperti hasil kolaborasinya bersama YungBae berjudul “Bad Boy” dan tentu saja “edamame” yang merupakan kolaborasinyabersama rapper Indonesia Rich Brian yang membuat penonton menjadimenggila sesaat.

 

Tidak masalah jika kamu tidak tahu lagu bbno$ lainnyaselain “edamame” karena kebanyakan penonton pun juga begitu (dan mungkin Alexjuga mengetahui hal itu). Sebagai gantinya kamu akan disuguhkan penampilan yangsuper kocak dari bbno$ diantaranya:

 

1.    Membagikan buku resep yang ia buat sendiri.

2.  Berjoget layaknya anak bocah di panggung dengan DJDan.

3.  Mengajak penonton yang mirip mulai dari ujung rambutsampai ujung kaki dengan sahabat se-permusikan-nya yaitu Yung Gravy ke ataspanggung dan bernyanyi bersama duplikat Yung Gravy membawakan lagu seperti“Whip A Tesla”, dan “Welcome to Chilis”.

4.  Hampirtwerking sambil diiringi backsound pembuka situs PornHub yangtentunya sangat terkenal di kultur meme internet

5.  Membawakan lagu legendaris kultur meme internet.“HEYYEYAAEYAAAEYAEYAA” yang merupakan video cover gak niat dari lagu“What’s Up” milik 4 Non Blondes dimana karakter dari serial animasi He-Manseolah-olah menyanyikan lagu itu (video tersebut sudah diputar lebih dari 200juta kali dan dianggap sebagai awal dari konten “sampah” lainnya diYouTube).

6.  Turunke panggung dan berjoget liar bersama penonton yang tentunya menimbulkankeramaian.

7.  Melempar sepatu kiri dan kanan masing-masing kepenonton dan yang mendapatkan sepatu tersebut harus suten untuk menentukansiapa yang mendapatkan sepasang sepatu hasil lemparan tersebut.

8.  Dan berbagai macam lemparan joke dan aksipanggungnya yang konyol selama ia tampil.

 

Melihat bbno$ tampil bukanlah melihat sebuah musisiyang tampil di panggung melainkan melihat sebuah aksi stand-up comedy karenaia dari mulai sampai turun panggung terus memberikan lawakan entah itu dari liriknyayang memang tidak penting-penting amat untuk dimaknai dan juga aksi panggungnyayang sangat random dan selalu berkutat dengan kultur komedi di internet,seolah-olah seperti lawakan internet dibawa ke offline. bbno$juga memberikan aksi panggung yang maksimal dan menyenangkan, ia benar-benartahu cara membuat orang senang dan bergoyang bukan dari lagunya saja tapi daripenampilan panggungnya dimana ia terus berlari kesana kemari dan seringbernyanyi di ujung panggung ketimbang di tengah panggung agar bisa lebih dekatdengan penontonnya. Setelah menonton penampilannya, saya berpikir sungguhsayang jika ia hanya tampil dengan penonton yang kecil dengan venue yangseadanya karena ia pantas untuk tampil di acara-acara festival di sini untuk menghiburdan mengocok perut banyak orang entah itu penggemar bbno$ atau bukan karenapersetan dengan musiknya yang penting kita senang-senang.

Saya pikir ia hanya melawak dan ber-shitpost didunia internet dan diwawancarai via Zoom tapi ternyata ketika dia tampil dipanggung sama aja.

Photo by: @sulindasumardi

 

luthfi
More from Creative Disc