Romy Dari The xx Semakin Kuat Dalam Single Solo Keduanya Bersama Fred again.., 'Strong'

Oleh: luthfi - 16 Nov 2022 | Views: 31

Salah satu personil dari grup indie pop terkemuka The xx bernama Romy Madley-Croft atau sering dipanggil Romy akhirnya mengeluarkan single solo keduanya berjudul “Strong” setelah single solo pertamanya “Lifetime” dirilis di akhir September 2020. “Strong” sendiri berkolaborasi bersama DJ dan produser electro Inggris yang sedang naik daun Fred again.. serta diproduseri oleh Romy, Fred again… serta Stuart Price. Lagu ini dirilis pada 14 November 2022 dan merupakan kolaborasi kedua Romy bersama Fred setelah “Lights Out” yang mereka rilis di Maret 2022. Musik video “Strong” disutradarai oleh istri dari Romy yang juga seorang sutradara dan fotografer Vic Lentaigne.

Lagu ini menampilkan vokal halus Romy yang berpadu dengan nuansa musik trance dan eurohouse era 2000’an yang cepat dan juga sangat asyik untuk dibawa joget. Ketika menulis lirik untuk “Strong” ia teringat pengalaman masa lalu bersama sepupunya Luis ketika ibu mereka meninggal dunia sewaktu muda dan berkata bahwa lagu ini menjadi sebuah medium untuk melepaskan perasaan yang tertahan akibat tabah dan sabar dalam menjalani hidup yang berat melalui euforia musik.

Tentang kolaborasinya dengan Fred again… Romy berkata, “Persahabatan saya dengan Fred sangat berarti bagi saya, kedekatan kami membantu saya merasa aman untuk jujur dan apa adanya secara lirik dan kami pasti terhubung karena kecintaan kami pada penulisan lagu dan emosi dalam musik dansa. Sungguh menakjubkan dan menginspirasi melihat dan mendengar apa yang dilakukan Fred dalam karya solonya dan saya sangat bersemangat untuk merilis lagu ini bersama-sama.”









luthfi