Air Supply Sukses Menghibur Kota Semarang

Oleh: riadini - 16 Dec 2022

Usai menghibur warga Jakarta pada 10 Desember 2022 lalu, band legendaris AIR SUPPLY akhirnya mampir ke kota Semarang di hari berikutnya. Dalam tur dunia mereka yang bertajuk “THE LOST IN LOVE EXPERIENCE”, konser yang dipromotori oleh Color Asia Live ini bertempat di Marina Convention Center (MCC) yang merupakan gedung berkapasitas 5.000 orang di dekat pantai Marina. Sehingga meski diadakan di tengah musim hujan, gelaran tersebut tidak terkendala dan tetap dapat berjalan dengan nyaman.

Konser band soft rock asal Australia yang terdiri dari duo Graham Russel dan Russel Hitchcock ini jelas menjadi perhelatan yang telah dinanti-nanti oleh warga Semarang semenjak pandemi COVID-19 menyerang di dua tahun terakhir. Antusiasme langsung terlihat sejak kami memasuki venue yang sudah dipadati oleh para fans dari berbagai usia meski hujan mengguyur beberapa jam sebelumnya. Tak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen dan rela mengantre untuk berfoto di photo booth yang telah disediakan. Halaman Gedung MCC tersebut juga disulap menjadi jajaran tenant dari berbagai UMKM yang sekaligus menjadi hiburan alternatif bagi para pengunjung sembari menunggu open gate yang dibuka pada pukul 18.30.


Tepat pada pukul 7 malam, konser Air Supply pun dimulai dan dibuka oleh penampilan CongRock17 yang tampil dengan balutan busana serba putih lengkap dengan sarung batik khas Semarang. Band lokal pengusung genre keroncong rock tersebut membuka penampilan mereka dengan lagu-lagu Indonesia seperti ‘Negeriku’ yang dipopulerkan oleh mendiang Chrisye, ‘Sik Sik Sibatumanikam’ yang merupakan lagu daerah asal Sumatera Utara dan lagu orisinil mereka bertajuk ‘Hallo Aloha’.


Penampilan CongRock17 disudahi dengan duet apik mereka bersama penyanyi jebolan Indonesian Idol, Delon, dengan lagu milik sang Mega Star malam itu yang berjudul ‘I Can Wait Forever’. Tugas opening act pun secara otomatis berpindah ke laki-laki tampan berusia 44 tahun tersebut. Delon kemudian turun dari panggung dan mendekati kursi penonton sambil menyanyikan 3 buah lagu termasuk ‘Karena Cinta’ yang dulu dipopulerkan oleh Joy Tobing.


Sekitar pukul 20.00 WIB, satu demi satu para additional player Air Supply pun mulai naik ke atas panggung dan melakukan ‘pemanasan’ dengan alat musik mereka masing-masing. Hanya berselang beberapa menit, kedua pentolan Air Supply yang sudah tak asing lagi tersebut pun turut bergabung ke atas panggung dan membuka penampilan mereka dengan lagu ‘Sweet Dreams’ dan disusul dengan ‘Even The Nights’.


Setelah membawakan 6 lagu berikutnya, sang gitaris, Graham Russel, menyapa para penonton dan membawakan sajak ‘Am I’  kemudian menyanyikan lagunya berjudul ‘Me and the River’ secara solo akustik. Pria yang kini berusia 72 tahun tersebut membawakannya dengan begitu halus hingga seisi gedung pun menjelma menjadi lebih khidmat. Tak lama, formasi lengkap Air Supply pun kembali naik ke pangung dan menghentak panggung MCC. Namun sebelum mereka mulai membawakan lagu berikutnya, Graham Russel terlebih dahulu memamerkan kebolehannya bermain gitar dengan melakukan tapping menggunakan gitar akustik.


Para personel Air Supply juga meminta para penonton VIP untuk maju ke depan agar suasana terasa lebih dekat. Dalam kesempatan itu, kedua personel Air Supply juga memperkenalkan para kru termasuk additional player mereka satu per satu. Band tersebut terdiri dari Mirko Tessandori pada keyboard, dan Doug Gild pada bass. Rupanya, para penonton diam-diam tersihir dengan kehadiran drummer yang diketahui bernama Pavel Valdman dan memberikan riuhan serta tepuk tangan yang sangat meriah saat namanya disebutkan. Tak sampai disitu, sang lead guitarist mereka, Aaron McLain, turut menunjukkan kepiawaiannya bermain gitar elektrik dan mampu membuat para penonton terpukau dengan penampilannya.


Nostalgia bersama Air Supply berlanjut dengan sederet tembang populer mereka yang lain seperti, ‘Making Love Out Of Nothing At All’ dan ‘Without You’ hingga akhirnya ditutup dengan tembang pamungkas mereka ‘All Out Of Love’.
Konser Air Supply di Semarang terasa seperti angin segar setelah begitu lama konser ditiadakan sejak pandemi. Penampilan Graham Russel dan Russel Hitchcock dalam membawakan 15 lagu hits mereka begitu enerjik dan powerful meski mereka sudah tidak muda lagi. Suara melengking yang khas ala Russel Hitchcock pun mampu membawa para penggemar mereka seperti terbang ke masa lalu. Thank you, Air Supply!


Set List The Lost In Love Experience in Semarang:
Sweet Dreams
Even The Nights
Just As I Am
Every Woman
Here I Am
Chances
Goodbye
Be Tough
Me and The River (Graham Russel)
Two Less Lonely
The One That You Love
Lost In Love
Making Love Out Of Nothing At All
Without You
All Out Of Love

Photo by: Karisma Miranti
Teks: Riadini

riadini
More from Creative Disc