CreativeDisc Exclusive Interview With ACRAZE: Kejar Mimpimu Setinggi Mungkin

Oleh: jeni - 18 Dec 2022

Di sela-sela gelaran pesta rave terbesar di Asia, Djakarta Warehouse Project (DWP), Creative Disc berkesempatan untuk menyapa salah satu DJ yang namanya melambung usai merilis track hit: "Do It To It", yaitu ACRAZE. DJ bernama asli Charlie Duncker ini berasal dari Amerika Serikat, dan kini telah menandatangani kontrak dengan Capitol records. Mari kita simak bagaimana single "Do It To It" yang ia remix dari lagu milik Cherish bisa mengubah hidupnya seketika.

Simak interview selengkapnya berikut ini:

CD : Hi, Acraze! Eh, kita panggilnya apa nih?
Acraze : Panggil Charlie aja

CD : Okay, Charlie! Gimana perasaanmu menjadi headliner di salah satu pesta rave terbesar di dunia, terutama ini yang paling besar di Asia?
Acraze : Aku banyak dengar tentang pesta rave ini. Banyak orang yang membicarakan DWP, dan aku bersemangat sekali untuk tampil dan berpesta.

CD : Asik! Tentang lagumu 'Do It To It'. Zedd pernah membuat remix dan memainkannya, Tiesto bahkan memproduksi versinya sendiri. Gimana rasanya lagumu diremix oleh DJ-DJ paling besar di dunia?
Acraze : Iya, waktu itu Zedd menghubungi ku. Dia kirim DM di Instagram.

CD : Eh, ini interaksi pertamamu dengan Zedd? Berasa kayak scam gak sih? Hahahaha
Acraze : Hahahaha engga, engga, itu memang interaksi kami pertama kali, tapi aku tahu itu pasti dia. Jadi waktu itu dia bilang kalau dia suka laguku dan ingin memainkannya. Aku benar-benar bingung, karena laguku sebenenarnya bukan untuk intro. Intro-nya terlalu panjang, jadi aku engga kepikiran ternyata Zedd bakal menggabungkannya dengan musik Squid Games. Tapi ketika aku melihat hasilnya, gila sih! Apalagi waktu itu sampai ada kembang api. Keren pokoknya! Begitu pula dengan Tiesto, dia menanyakan apakah dia boleh me-remix laguku, dan jujur aku bangga dan senang banget.

CD : Terus, gimana perasaanmu menjadi Billboard No.1 Best New Dance Tracks?
Acraze : Wah, aku masih engga nyangka sih. Aku merasa sangat bangga, bahkan sebenarnya menjadi Top 10 aja udah sebeng banget, apalagi ini nomor 1. Aku hanya ingin bersiap untuk melanjutkan perjalanan musikku ke depannya setelah ini.

CD : Iya, gimana penghargaan ini berdampak ke musik kamu ke depannya?
Acraze : Aku akan terus memproduksi musik, aku akan coba beberapa hal baru dan lebih experimental, pokoknya.

CD : Biasanya dari mana sih kamu dapat inspirasi untuk bikin musik?
Acraze : Bisa dari mana aja. Inspirasi bisa datang ketika aku berpergian, atau mendengarkan sample musik baru, atu bahkan dari lagu-lagu lama. Kadang ketika aku membuat melodi sederhana, inspirasi bida kemudian datang begitu saja.

CD : Terus gimana ceritanya saat kamu bikin lagu "Do It To It"? Kok bisa kepikiran lagu milik Cherish?
Acraze : Waktu itu pagi-pagi aku lihat temenku lagi dengerin lagu Cherish. Aku jadi coba dengerin, dan kupikir ini kayaknya bisa jadi lagu house yang. enak. Saat itu juga aku langsung beranjak dari kasur dan membuatnya dalam satu jam.

CD : Tapi apakah sebelumnya kamu tahu tentang Cherish?
Acraze : Aku pernah mendengarkan musik mereka, tapi belum kenal siapa Cherish. Tapi di awal tahun ini aku akhirnya melakukan studio session dan tampil live bersama Cherish di EDC Las Vegas.

CD : Terus, gimana rencana Acraze berikutnya di tahun 2023?
Acraze : Di tahun 2023 akan ada banyak pertunjukan besar. Aku juga sedang melakukan banyak produksi yang keren-keren. salah satunya aku sendiri yang akan mendesain panggungku nantinya. Aku bakal kolaborasi sama musisi-musisi besar. Pokoknya tahun 2023 adalah tahun di mana aku akan benar-benar mendefinisikan siapa ACRAZE sebenarnya.

CD : Banyak banget nih musisi-musisi muda yang mungkin baru memulai di kamar mereka, atau di garasi orang tuanya. Nasihat apa yang bakal kamu kasih ke mereka?
Acraze : Tetaplah mengejar mimpimu seklise apapun itu. Karena aku ingat gimana aku memulainya di kamarku, di kasur yang kecil, engga punya uang dan support dari siapapun. Pokoknya, apapun yang terjadi, saat itu aku engg apernah membandingkan diriku dengan kesuksesan orang lain, tetapi fokus pada perjalananku sendiri. Aku benar-benar ingin bermusik dari inspirasiku sendiri. Jadi, tetaplah kejar mimpi kalian!

Itu dia cerita Acraze tentang bagaimana lagu "Do It To It" kemudian memunculkan namanya hingga ia bisa menunjukan talentanya dalam bermusik pada dunia.


Interview by : Jeni Rahman
Video edit by: Dundhee Yuwono
Special Thanks to DWP Team and Ismaya Live.



jeni
More from Creative Disc