RM Rilis Solo Debut Album "Indigo" Sebagai Cerminan Diri

Oleh: cung2 - 03 Dec 2022

RM jadi orang ketiga di BTS yang merilis albumsolo, setelah J-Hope dan Jin. Album debut RM “Indigo” dirilis 2 Desember 2022.

“Ada banyak ‘judul’ yang bisamerepresentasikan aku. Awalnya, album ini mau diberi judul ‘Untitled’, dan akurasa diwaktu itu, aku juga tidak tau apa yang akan kulakukan. Aku hanya membuatalbum, dan inilah aku,” kata RM. Saat itulah RM menangkap ketidak pastian danperubahan itu, dari hubungan dan sorotan publik, akhirnya memilih “Indigo”sebagai title album debutnya. Sebelumnya RM sempat merilis EP “RM” (2015) dan “Mono”(2018).

“Album ini seperti diari kehidupanku tahun2019-2022, selepas aku merilis EP dan kehidupanku bersama BTS sampai saat ini,”kata RM yang juga sebagai leader diBTS. “Saya mencoba untuk menyeimbangkan diriku dan BTS selama 10 tahun ini, danitu sangat susah. BTS benar-benar membutuhkan 100% pikiran dan hati,” curhatRM.

Ketika BTS memutuskan hiatus, RM langsungmengambil tindakan tegas, “Saatnya untuk berkonsentrasi dengan diri sendiri”.Ternyata membawa RM kembali ke mimpi masa kecilnya: RM yang suka puisi danhip-hop. Inilah yang membuat album “Indigo” ini seperti cerminan RM, karenaseperti buku diari, dan lebih hip-hop dengan lirik yang puitis.

Ada 10 lagu yang masuk di album ini. “Indigo”dibuka dengan apik, lewat track ‘Yun’ yang berkolaborasi dengan Erykah Badu. RMmengaku, ketika mendengarkan suara Erykah, merupakan sesuatu hal yang magical,dan punya kekuatan tersendiri. “Benar-benar bisa membawaku ke suatu tempat, danseperti mantra,” kata RM yang memuji kekuatan suara Erykah Badu yang bisamenarasikan lirik yang baik. Lirik lagu ini juga terinspirasi dari pelukis YunHyong-keun, salah satu idola RM juga: “You keep the silence / ‘Fore you dosomethin’ / You be a human / Till the death of you” yang lebih ‘hidup’ dengansuara dari Erykah.

Bersamaan dengan perilisan album, RM jugamerilis video klip untuk single pertama ‘Wild Flower’ yang berkolaborasi denganvokalis band rock Cherry Filter, Cho youjeen. Di lagu bernuansa rock ini, RMmengungkapkan keinginan untuk hidup seperti bunga liar yang tenang dibandingsebagai api yang membara tetapi cepat padam.



Dengarkan album "Indigo" berikut ini:


cung2
More from Creative Disc