RM Rilis Solo Debut Album "Indigo" Sebagai Cerminan Diri

Oleh: cung2 - 03 Dec 2022

RM jadi orang ketiga di BTS yang merilis album solo, setelah J-Hope dan Jin. Album debut  RM “Indigo” dirilis 2 Desember 2022.

“Ada banyak ‘judul’ yang bisa merepresentasikan aku. Awalnya, album ini mau diberi judul ‘Untitled’, dan aku rasa diwaktu itu, aku juga tidak tau apa yang akan kulakukan. Aku hanya membuat album, dan inilah aku,” kata RM. Saat itulah RM menangkap ketidak pastian dan perubahan itu, dari hubungan dan sorotan publik, akhirnya memilih “Indigo” sebagai title album debutnya. Sebelumnya RM sempat merilis EP “RM” (2015) dan “Mono” (2018).

“Album ini seperti diari kehidupanku tahun 2019-2022, selepas aku merilis EP dan kehidupanku bersama BTS sampai saat ini,” kata RM yang juga sebagai leader di BTS. “Saya mencoba untuk menyeimbangkan diriku dan BTS selama 10 tahun ini, dan itu sangat susah. BTS benar-benar membutuhkan 100% pikiran dan hati,” curhat RM.

Ketika BTS memutuskan hiatus, RM langsung mengambil tindakan tegas, “Saatnya untuk berkonsentrasi dengan diri sendiri”. Ternyata membawa RM kembali ke mimpi masa kecilnya: RM yang suka puisi dan hip-hop. Inilah yang membuat album “Indigo” ini seperti cerminan RM, karena seperti buku diari, dan lebih hip-hop dengan lirik yang puitis.

Ada 10 lagu yang masuk di album ini. “Indigo” dibuka dengan apik, lewat track ‘Yun’ yang berkolaborasi dengan Erykah Badu. RM mengaku, ketika mendengarkan suara Erykah, merupakan sesuatu hal yang magical, dan punya kekuatan tersendiri. “Benar-benar bisa membawaku ke suatu tempat, dan seperti mantra,” kata RM yang memuji kekuatan suara Erykah Badu yang bisa menarasikan lirik yang baik. Lirik lagu ini juga terinspirasi dari pelukis Yun Hyong-keun, salah satu idola RM juga: “You keep the silence / ‘Fore you do somethin’ / You be a human / Till the death of you” yang lebih ‘hidup’ dengan suara dari Erykah.

Bersamaan dengan perilisan album, RM juga merilis video klip untuk single pertama ‘Wild Flower’ yang berkolaborasi dengan vokalis band rock Cherry Filter, Cho youjeen. Di lagu bernuansa rock ini, RM mengungkapkan keinginan untuk hidup seperti bunga liar yang tenang dibanding sebagai api yang membara tetapi cepat padam.



Dengarkan album "Indigo" berikut ini:


cung2
More from Creative Disc