CreativeDisc Exclusive Interview With Cate: Merantau Dari Kota Kecil Ke Kota Besar Demi Mencari Jati Diri Dalam Bermusik

Oleh: luthfi - 20 Jan 2023

Cerita tentang seseorang yang mengadu nasib dari kota kecil ke kota besar (bahkan sampai ke negeri lain) ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga terjadi pada diri seorang solois perempuan bernama Cate yang memutuskan pindah dari daerah kecil di Kanada bernama Abbotsford ke kota besar London, Inggris.

“Waktuku pindah dari Abbotsford ke London di daerah Camden itu lagi masa-masa pandemi lagi naik dan aku melihat kota Camden menjadi sepi dari yang biasanya ramai dengan orang-orang gara-gara lockdown sampai aku dan teman sekamarku bilang ‘kita hidup selamanya di Camden yuk kalau sepi kaya gini’. Tapi selepas lockdown dilepas Camden jadi rame banget dan kami gak bisa sampe ke rumah kalo gak sikut-sikutan dengan orang lainnya.”, kata Cate sambil tertawa.

Ketika ia menapakkan kaki di London ia langsung mencari pekerjaan yang bisa menyambung hidupnya tanpa harus mengorbankan karir bermusiknya yang ingin ia seriusi begitu sampai di London. Akhirnya ia memilih menjadi penjaga anak dimana pekerjaan tersebut tidak banyak menyita waktunya untuk mengembangkan karir musiknya.

Setelah dua tahun tinggal di London akhirnya dia menemukan momemtum bermusiknya ketika lagu “Groupie” menjadi viral dimana-mana terutama di Indonesia. Ia juga banyak diperkenalkan oleh berbagai macam produser musik dan juga akhirnya bisa berteman baik dengan salah satu solois perempuan binaan Ed Sheeran bernama Maisie Peters. Semua pengalaman hidupnya selama di perantauan ia tumpahkan di EP “Tell Me Things You Won’t Take Back” yang diproduseri oleh Joe Rubel yang juga memproduseri Maisie Peters. Semua pengalaman hidupnya selama di kota besar mulai dari patah hati, beradaptasi dengan lingkungan baru, susahnya mencari teman baru yang setia, menjadi groupie sebuah band, dan komitmen dalam membangun hubungan cinta dirakit menjadi sebuah lagu yang ia tunjukkan di dalam EP ini.

“Kepindahanku dari Kanada ke Inggris benar-benar mempengaruhiku dalam membuat EP ini. Aku mengerjakannya semenjak aku baru pindah ke London sambil mengasuh anak dan isinya benar-benar banyak bercerita tentang pengalamanku di sini. Aku bersyukur memutuskan untuk merantau karena aku bisa mencari jati diriku dan juga mengembangkan musikku menjadi sesuatu yang lebih matang.”

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc dengan Cate dimana ia bercerita tentang kisah dia di perantauan, berteman dengan Maisie Peters, dan juga EP terbarunya lewat video di bawah ini.  


luthfi
More from Creative Disc