Westlife THE WILD DREAMS TOUR 2023: Pesta Comeback Mark Feehily!

Oleh: RON - 16 Feb 2023

Setelah konser di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada 25 September 2022, Mark Feehily terpaksa absen dari deretan konser Westlife karena sakit Pneumonia. Beruntung ketika Westlife memulai tur ASEAN lagi di awal tahun 2023 dengan THE WILD DREAMS TOUR: ALL THE HITS, Mark sudah kembali sehat walafiat dan bisa memperdengarkan suara khasnya dalam harmoni lagu-lagu terbaik Westlife. Tidak tanggung-tanggung, pesta penyambutan kembalinya Mark Feehily ke atas panggung dihadiri oleh ribuan orang di ICE BSD tengah pekan ini. Konser Westlife THE WILD DREAMS TOUR: ALL THE HITS di ICE BSD pada Kamis, 9 Februari 2023 merupakan pembuka dari penampilan-penampilan mereka di Indonesia sepanjang Januari hingga Februari. Konser ini dipromotori oleh Warna Warni Entertainment.

Saya cukup beruntung bisa menyaksikan konser Westlife di Sentul akhir tahun lalu karena dari semua penampilan mereka di Indonesia sepanjang 2022, konser Sentul itu rasanya yang paling minim drama. Tapi drama adalah bagian dari pengalaman konser di mana pun dan konser apa pun. Yang pasti, saat lampu venue sudah dipadamkan dan Westlife sudah naik panggung, kita hanya perlu merelakan drama yang terjadi dan menikmati konser ini sepenuh hati.

Sebagai penggemar Westlife sejak 1999, lagu-lagu yang mereka nyanyikan di THE WILD DREAMS TOUR: ALL THE HITS sudah saya hapal di luar kepala. Setlist konser ini sama serunya dengan konser reuni mereka di tahun 2019 lalu, meski dengan penambahan satu lagu dari album terbaru yakni Starlight yang dijadikan pembuka konser. Sisanya, Westlife memanjakan telinga saya dan penggemar lain yang datang malam itu dengan nostalgia tiada henti lewat Fool Again, World Of Our Own, Swear It Again, hingga What Makes A Man meski hanya dibawakan secara singkat.



Duduk di kursi paling belakang kelas Bronze tidak mengurangi keseruan saya untuk menikmati konser ini. Saya cukup mengerti kenapa promotor menawarkan kelas dengan kursi untuk konser ini mengingat tidak semua fans Westlife berada dalam kondisi yang prima untuk berdiri selama hampir dua jam. Tapi buat saya, menyaksikan konser ini sambil duduk sama saja dengan menyiksa diri. Itu bertolak belakang dengan usaha saya (dan hampir semua orang di generasi ini) untuk mengamalkan 'love yourself/myself'. Lagipula, ada banyak momen Westlife mengajak penggemar untuk melompat dan bersenang-senang sepanjang konser. Rasanya agak kurang sopan dan membuat pengalaman konser jadi tidak klimaks kalau tidak menuruti permintaan sang idola. Tidak sedikit dari penggemar yang ada di kelas Bronze memutuskan untuk melipir ke bagian belakang demi bisa berdansa ceria saat lagu World of Our Own, atau sekadar melompat kesenangan ketika mereka membawakan Uptown Girl. Fans-fans ini berusaha untuk menikmati momen tanpa harus mengganggu siapapun yang lebih nyaman nonton sambil duduk.

Seperti halnya konser di Sentul, Nicky, Shane, Kian, dan Mark bergiliran mengambil alih panggung untuk menyampaikan sepatah dua patah kata buat fans. Setelah konfeti di lagu pertama meledak dan menghiasi udara di venue, Shane menyambut fans dengan ucapan terima kasih yang mendalam.



"Kami sudah sering ke Indonesia sepanjang 22 tahun terakhir dan ada banyak kenangan selama itu. Terima kasih sudah jadi bagian dari perjalanan kami," kata Shane yang intensitas kunjungannya ke Indonesia memang jauh lebih sering dari member lain karena karier solonya.

Kian mengenang deretan konser yang mereka gelar sejak 2019 hingga membuka 2023 dengan konser lagi di Tangerang. Dia juga menyebut konser Westlife di Indonesia sejak 2019 hingga 2023 ini merupakan panggung paling banyak yang mereka lakukan sejak 1999. Tahun ini saja, mereka akan tampil di Jakarta dan Bandung setelah Tangerang.

Ngomong-ngomong soal Tangerang, Westlife mungkin satu dari sedikit artis yang benar-benar mencoba untuk menyebutkan lokasi konser mereka dengan baik, tanpa memukul rata semuanya jadi 'Jakarta' atau 'Indonesia'. Beberapa kali Shane berteriak "Tangerang!" dengan lafal bahasa Inggris yang terdengar jadi seperti "Tenjeraeng". Tapi usaha ini perlu diberi jempol karena tak semua artis melakukannya.



Saat giliran Nicky untuk bicara, dia memanfaatkan momen itu untuk menyambut kembalinya Mark yang sempat beristirahat karena sakit.

"Mari kita beri sambutan hangat atas kembalinya Mark!" kata Nicky usai penampilan mereka dengan jas warna-warni. Mark yang hari itu tampil dengan jas pink berjalan mendekati Nicky dan melambaikan tangan ke penggemar yang tidak henti-hentinya berteriak.

"Senang bisa kembali lagi dan bernyanyi bersama kalian," kata Mark. "Sejak 1999 kami sudah datang ke sini, sejak awal grup ini terbentuk. Beberapa dari kalian mungkin belum lahir. Tapi fans sudah jadi bagian dari keluarga kami sejak lama jadi kami ingin berterima kasih. Lagu berikut ini aku dedikasikan buat keluarga kami di rumah yang harus kami tinggalkan karena tur," kata Mark lagi sebelum akhirnya musik lagu Flying Without Wings, salah satu yang paling dinantikan, berkumandang.


Salah satu momen yang tak terlupakan dari konser ini adalah ketika Nicky meminta fans untuk menyalakan flashlight di ponsel mereka demi konten Instagram Westlife. Menyaksikan ribuan lampu menyala di tengah kegelapan dan menjadi sumber cahaya utama di venue malam itu bikin merinding. Meski sekali lagi Nicky berhasil menyelipkan candaan yang bikin suasana langsung berubah penuh tawa. Yaitu ketika dia bilang dia akan upload videonya ke Instagram dan memastikan semua orang sudah follow akun mereka.

Medley ABBA juga menjadi konten yang sangat menarik. Di depan saya ada pasangan yang datang untuk nonton konser ini tapi yang terlihat antusias sejak awal hanya sang perempuan, sementara sang laki-laki terlihat tidak fokus dengan panggung, hanya fokus menemani pacarnya. Tapi saat medley ABBA, sang laki-laki mendadak heboh dan ikut menyanyikan semua lagu yang dibawakan Westlife malam itu. Senang melihatnya, jadi nggak rugi-rugi amat ya, mas? Tapi buat saya, yang paling saya tunggu-tunggu adalah ketika Westlife menyelipkan musik Crazy In Love-nya Beyoncé di tengah-tengah lagu mereka, lalu empat member bergaya seperti sedang berjalan di runway sebelum goyang pinggul sepercik tapi berhasil bikin fans menggila. Bahkan di momen kedua menyaksikan panggung itu saya tetap tertawa geli diakhiri teriakan heboh. Bapak-bapak ini memang lucu banget!



Banyak fans yang 'tertipu' malam itu karena keluar venue sebelum konser selesai. Padahal masih ada sesi encore dan Westlife menyanyikan Hello My Love dan You Raised Me Up. Mereka yang sudah keluar buru-buru masuk lagi dengan handphone sudah siap di tangan dan menikmati konser sampai akhir. Konser Westlife THE WILD DREAMS TOUR: ALL THE HITS akhirnya benar-benar rampung ketika Shane, Nicky, Kian, dan Mark membungkuk dan mengucapkan selamat tinggal.

Foto: Sulinda Sumardi

RON
More from Creative Disc