CreativeDisc Interview With Cheat Codes: Eksperimen Musik Country dan Dance di "One Night in Nasvhille"

Oleh: welly - 16 Mar 2023

Trio DJ Cheat Codes asal Los Angeles, A.S. yang terdiri dari Kevin Ford, Trevor Dahl, dan Matthew Russell, telah merilis album studio keempat mereka yang berjudul "One Night in Nashville" pada tanggal 27 Januari 2023 lalu. Di album ini mereka melakukan eksperimen dengan berkolaborasi bersama musisi country, seperti Adam Doleac, Brett Young, Dolly Parton, Jimmie Allen, Lady A, MacKenzie Porter, Maddie & Tae, Matt Stell, Mitchell Tenpenny, Nate Smith, Russell Dickerson, Lee Brice, Lindsay Ell, Little Big Town, Bryn Christopher, Russell Dickerson, dan Dixie.

CreativeDisc berkesempatan interview bersama para personil Cheat Codes melalui e-mail. Simak interviewnya berikut ini:

CD: Sebagai DJ musik elektronik, apa yang menginspirasi Cheat Codes untuk mencoba masuk ke dalam genre musik country dengan album terbaru "One Night in Nashville"?

Matt: Awalnya ini terjadi secara tak sengaja, saat itu kami sedang mengerjakan lagu 'Never Love You Again' bersama teman baik kami, Bryn Christopher dan kami membutuhkan vokal tambahan untuk menyelesaikan lagu tersebut. Setelah kami mulai mengirimkannya, Little Big Town menyanyikan vokalnya dan cocok sekali. Lagu tersebut awalnya merupakan rekaman dance pop yang ditambahkan sedikit sentuhan country. Dari situlah kami akhirnya memulai menjelajahi genre tersebut.

CD: Bagaimana Anda menggabungkan elemen musik country ke dalam gaya musik elektronik dance Cheat Codes?

Trevor: Kami menambahkan instrumen yang berbeda dari yang pernah kami gunakan sebelumnya, seperti mandolin, banjo, dan gitar slide. Suara yang berbeda terdengar fresh dengan produksi dance. 

CD: Apa saja tantangan yang dihadapi Cheat Codes saat berkolaborasi dengan artis musik country dalam album ini?

Kevin: Kami memulai album ini selama pandemi Covid19, sehingga sebagian dari proyek ini dilakukan melalui facetime dan pengiriman file secara online. Kami cukup terbiasa dengan alur kerja seperti itu, tetapi menjadi sangat menyenangkan saat hal-hal mulai kembali normal dan kami dapat bekerja di Nashville dan menyelesaikan proyek album ini. 

CD: Di album ini Cheat Codes berkolaborasi dengan Dolly Parton, bagaimana perasaannya seorang legenda country mengisi lagu di album ini?

Matt: Itu adalah perasaan yang luar biasa, kami semua telah menjadi penggemarnya selama bertahun-tahun. Saya sebenarnya ingat pernah pergi ke taman miliknya, "The Dixie Stampede" saat masih kecil. Dia selalu menjadi artis ternama dan penulis lagu yang sangat kami suka. 

CD: Bagaimana tanggapan penggemar Cheat Codes terhadap eksplorasi dalam musik country, dan bagaimana reaksi dari penggemar musik country murni yang mungkin tidak terbiasa dengan musik elektronik dance?

Trevor: Hingga kini, tanggapannya sangat baik, kami selalu membuat versi yang berbeda untuk pertunjukan live kami, sehingga cocok untuk penggemar klub dan festival. Kami juga akan mengadakan beberapa acara musik country murni tahun ini seperti Stage Coach, dan saya pikir penggemar tersebut terbuka untuk sesuatu yang berbeda untuk memecah kebosanan dengan genre yang sama di satu tempat.

CD: Dengan popularitas musik elektronik yang bercampur dengan country yang semakin meningkat, kemana arah genre musik ini menurut pandangan Cheat Codes, dan bagaimana Anda berencana untuk terus mendorong batas-batas penggabungan musik elektronik dance dan musik country?

Kevin: Kami ingin membuat proyek dalam genre ini yang bisa didengarkan dari awal hingga belakang, dan menciptakan suara yang benar-benar menyatu satu dengan lainnya. Kami tidak memiliki rencana untuk membuat lebih banyak musik country di masa depan, tetapi kami terbuka untuk hal itu.

CD: Untuk masing-masing personil Cheat Codes, Trevor Dahl, Matthew Russell dan Kevin Ford, ceritakan trek mana yang paling disukai dari album ini, dan mengapa?

Matt: 'Already Hungover' ft. Maddie & Tae, karena pacar saya sangat menyukai Maddie & Tae, lagunya bagus dan dia senang kami melakukan kolaborasi bersama. 

Kevin: 'One Night Left' ft. Mackenzie Porter, karena saya bisa menghabiskan banyak waktu bersamanya tahun ini dan dia adalah artis yang sangat ramah, dan ini adalah lagu yang paling terdengar elektronik di album ini sehingga cocok untuk saya. 

Trevor: 'I Remember' ft. Russell Dickerson (Dixie remix) hanya karena menggabungkan kedua artis ini dalam satu lagu adalah sesuatu yang tidak pernah kami duga dan hasilnya sangat fresh dan berbeda. 


CD: Apa yang bisa diharapkan oleh penggemar Cheat Codes di masa mendatang dalam hal arah musik dan kolaborasi kalian, dan apakah ada genre atau artis lain yang ingin mereka jelajahi di masa depan?

Trevor: Kami sedang mengerjakan album baru kami sekarang, kami masih dalam tahap awal demo, tetapi kami memiliki beberapa kolaborasi yang sedang berlangsung, beberapa trek pop dance yang mengembalikan kita ke musik Cheat Codes yang asli.  

Dengarkan album "One Night in Nashville" berikut ini:

welly
More from Creative Disc