HAMMERSONIC 2023 Akhirnya Hadir Kembali Selama 2 Hari!

Oleh: welly - 25 Mar 2023

Teks & Foto : Yose Riandi


November2019 Ravel Entertainment selaku penyelenggara Hammersonic memberikan bocoran di media sosialnya. Tanpa ada tanggal namun dipastikan akan digelar Hammersonic di tahun 2020. Dilanjutkan di Oktober dengan membocorkan tanggal penyelenggaraan di 27 dan 28 Maret 2020. Semakin membuat metalhead girang bukan kepalang ketika diumumkan nama besar yang akan tampil : Slipknot.


Namun sayang karena pandemi Covid-19 yang menyerang banyak negara termasuk Indonesia, Hammersonic 2020 diputuskan diundur. Awalnya 16-17 Januari 2021 lalu ke 26-27 Maret 2022. Sampai kemudian ditetapkan dan tak lagi diundur menjadi 18-19 Maret 2023.


Konsekuensi penundaan ini menyebabkan beberapa nama penampil yang telah diumumkan sebelumnya batal. Testament, Marduk, dan Suicide Silence adalah beberapa nama besar di antaranya. Menyusul kemudian empat hari sebelum Hammersonic 2023, Saosin memutuskan untuk batal tampil dengan alasan kelelahan dan diagnosis Covid-19.


Lalu bagaimana jadinya Hammersonic 2023? Berikut ini ulasan CreativeDisc setelah hadir selama dua hari di Pantai Carnaval Ancol menyaksikan festival musik terbesar di Asia Tenggara.


Sabtu, 18 Maret 2023

Orang-orang dari berbagai penjuru arah dengan mengenakan kaus didominasi warna hitam datang. Mereka tak bisa menyembunyikan semringah di wajahnya. Setelah tiga tahun menanti tanpa kepastian, Hammersonic akhirnya jadi juga digelar. Tak ketinggalan sejenak berpose dengan berbagai gaya di pintu masuk untuk mengabadikan momen membahagiakan itu.


Hammersonic 2023 menghadirkan lima panggung : Empire, Hammer,Sonic, The Beast dan Avalanche. Dimana untuk hari pertama, 18 penampil menghadirkan metal dan aneka subgenrenya tampil bergantian di semua panggung kecuali Empire Stage.


End of Circle, Humanimal, Oracle, Greyhoundz, Super Charger, Pure Wrath, Thy Regiment, The Working Class Symphony, DJ Sihk, Ruin, Dads In The Park, Brandoffer, dan Sign Of Five silih berganti menghajar gendang telinga para metalhead yang datang dengan distorsi sepanjang siang sampai sore.


Di sela-sela gempuran musik memekakkan telinga, dihadirkan nuansa berbeda di booth Magnumotion. Beberapa komika hadir menyuguhkan lelucon mengocok perut. Karaoke lagu-lagu metal pilihan dan sesi tanda tangan. Tak ketinggalan suguhan lagu-lagu pilihan untuk menyanyi bersama oleh Killing Me Reunion dalam format DJ Set.


Riak gelombang metalhead berselancar mulai terlihat ketika Saint Loco tampil. Semakin pecah ketika Burgerkill tampil ganas. Para Begundal, sebutan untuk penggemar Burgerkill, bereaksi liar dan panas. Lalu Vio-lence menutup hari pertama Hammersonic 2023 dengan sangat baik. Metalhead seolah tak kehabisan energi. Mengisi pergantian hari diiringi gempuran thrash metal band asal San Fransisc Bay Area. Penonton beberapa kali membentuk lingkaran dan liar berselancar.


Hammersonic 2023 ini juga kembali menghadirkan penghargaan untuk beberapa kategori. Berikut ini kategori dan pemenang Hammersonic Award 2023 :
-    The New Beast (Band Pendatang Baru Terbaik) : Strangers
-    Best Single 2020-2023 (Lagu Rilisan Tunggal Terbaik 2020-2023) : Amorfati – Sacrament
-    Best Album 2020-2023 (Album Terbaik 2020-2023) : Deadsquad – Catharsis
-    Best Rock Performance (Band Rock dengan Aksi Panggung Terbaik) : The Brandals
-    Best Metal Performance (Band Metal dengan Aksi Panggung Terbaik) : Deadsquad
-    Legend/Lifetime Achievement : Aries "True Megabenz" Tanto – Burgerkill


welly
More from Creative Disc