Lepas Masa Hiatusnya, Akhirnya GAC Kembali Dengan Lagu ‘Baru’

Oleh: luthfi - 12 Mar 2023

Trio pop lokal GAC yang selalu memberikan karya breakthrough dan modern di khasanah musik Indonesia yang terdiri dari Gamaliél, Audrey, dan Cantika akhirnya melepas masa hiatusnya selama empat tahun dan merilis single baru mereka berjudul “Baru” yang dirilis pada 10 Maret 2023 kemarin. Single ini menandakan kembalinya GAC sebagai trio setelah para personilnya masing-masing memilih mengistirahatkan nama GAC dan mendalami karir musik mereka secara solo. 

Perilisan single ini sendiri tentunya tidak disangka oleh para penggemar GAC yang biasa disebut GAC Troops karena sebelumnya tidak ada pengumuman apa-apa bahwa mereka akan merilis lagu baru dan akan comeback sebagai trio kembali.

“Baru” sendiri ditulis oleh mereka bertiga bersama Kenny Gabriel dimana sound yang dihasilkan benar-benar semarak dengan memainkan banyak terompet, perkusi dan brass section yang mengingatkan kembali akan lagu R&B awal 2000’an dimana tempo yang cepat dan irama yang cepat dan sibuk menjadi andalan untuk membuat pendengarnya bergoyang. Di dalam lagu ini juga mereka masih menunjukkan musik khas GAC dimana mereka selalu memainkan musik pop dan R&B yang simpel dengan lirik yang langsung menuju ke topik pembicaraan tanpa ada metafora yang aneh-aneh. Di tengah musik Indonesia yang semuanya serba mellow, pelan dan galau dengan tempo musik dibawah 100 BPM GAC dengan sangat lantang dan percaya diri bermain di tempo musik yang cepat dan sibuk.


Menjelaskan tentang proses pembuatan lagunya Gamaliél bercerita, “GAC yang sekarang itu nggak bisa menghilangkan GAC yang dulu. Karena penemuan jati diri musik GAC bukanlah hal yang instan. Proses yang panjang kami lalui untuk menemukan identitas musik kami ini. Jadi kami pun ingin agar lagu ‘BARU’ ini dapat mengobati rasa kangen para pendengar setia kami. Tentu dengan referensi-referensi baru yang kami masing-masing bawa selama vakumnya GAC,” jelas Gamaliél.

Lagu ini adalah gambaran yang sempurna untuk semangat yang ingin disebarkan oleh GAC. Lewat single ini, GAC ingin mengajak pendengarnya untuk mengikuti mereka membuka lembaran baru dengan harapan baik yang dapat berubah menjadi kenangan untuk masa depan. Terutama setelah momen pandemi yang cukup menyulitkan banyak orang dalam beberapa tahun belakangan. 

 


luthfi
More from Creative Disc