Lizzy McAlpine Jadi Viral Berkat 'ceilings'

Oleh: riadini - 21 Mar 2023

'ceilings' memang sudah dirilis pada April 2022 lalu, namun rupanya, single tersebut mampu melesatkan nama Lizzy McAlpine menjadi semakin tinggi. Jika akhir-akhir ini kamu sering mampir ke TikTok, maka kamu akan menemukan versi sped-up dari lagu tersebut yang telah digunakan oleh hampir 400k video. Lagu ini berhasil menginspirasi para content creator dan selebriti seperti Victoria Justice dan Jimmy Fallon.

'ceilings' yang merupakan lagu dari album kedua penyanyi asal Amerika Serikat tersebut, "five seconds flat", telah mengumpulkan 117 juta stream dari seluruh dunia. Sedangkan untuk video musiknya yang dirilis pada 15 Februari 2023, telah ditonton sebanyak lebih dari 3 juta kali. 


Rupanya ada kisah di balik perilisan 'ceilings'. Lagu ini awalnya tidak pernah direncanakan akan dirilis sebagai single, namun seperti lagu hit lainnya, para pendengar bekerja dengan tangan mereka sendiri. Lagu tersebut mampu membuat kesan dimana-mana dan berhasil masuk ke dalam Billboard Hot 100 di awal Maret yang menjadi lagu pertama Lizzy di chart tersebut. 'ceilings' juga masuk dalam Top 10 hit pada Official UK Singles chart.

Tentang Lizzy McAlpine

Lahir di Philadelphia, Lizzy kecil menyerap kecintaan sang nenek terhadap teater musikal. Keduanya sering pergi ke New York City untuk menyaksikan pertunjukan Broadway seperti Beauty and the Beast. Ayah dan ibu Lizzy juga sering menyetel lagu-lagu milik Sara Bareilles, Shania Twain, Adele dan the Police saat berkendara maupun saat sedang di rumah. Lizzy pun mulai bernyanyi dan akhirnya belajar bermain piano dan gitar.

Penyanyi yang kini berusia 23 tahun tersebut merupakan murid di Berklee College of Music saat pandemi melanda di tahun 2020 dan mendapat perhatian saat sekolah tersebut mengadakan #BerkleeAtHome Instagram live series. Di musim panas ketika itu, ia pun viral dengan video penampilannya saat membawakan lagu yang belum selesai berjudul 'You Ruined the 1975' yang direkam di dalam kamar mandinya.

Lizzy pun kemudian merilis album perdananya, "Give Me A Minute", dan hingga kini dirinya telah sukses mengumpulkan lebih dari 430 juta stream.

riadini
More from Creative Disc