Soundtrack Fast X Tampilkan Harmonisasi Apik Dari Banyak Musisi

Oleh: cung2 - 23 May 2023

Percayalah, selama hidup kita pasti pernah mendengar paling tidak 1 lagu dari film Fast and Furious. Mulai dari Ludacris ‘Act a Fool’, atau mungkin ‘See You Again’ dari Charlie Puth, Wiz Khalifa yang menjadi tribute emosional untuk Paul Walker. 

Fast X, yang di sebut sebagai akhir dari Fast & Furious, baru saja dirilis di bioskop 19 Mei lalu. Sehari sebelum perilisan film, Fast X merilis album soundtracknya dengan menampilkan banyak musisi. 

NLE Choppa, Jimin, Muni Long, JVKE, dan Kodak Black cukup beruntung, karena lagu mereka ‘Angel Pt. 1’ menjadi soundtrack Fast X yang dibuat video klipnya. Lagu ini diciptakan oleh Bill Kapri, Bryson Potts, Daniel Majic, Jackson Foote, James Abrahart, Jaremy Dussolliet, Johnny Simpson, Mark Nilan Jr., ini menampilkan 5 musisi beda genre, beda generasi, yang justru menjadi satu harominasi yang apik.


Track dibuka dengan intro piano yang mengingatkan dengan ‘See You Again’, dan JVKE dan Jimin bernyanyi bergantian, kemudian NLE Choppa, Kodak Black memberikan sentuhan rap di bagian verse, dan suara cantik Muni Long mengisi di bagian reff.

Lagu ‘Angel Pt. 1’ adalah hasil ajakan produser ke JVKE, Jimin, dkk untuk berkolaborasi. JVKE membagikan dalam sebuah wawancara “Mungkin hal yang sama terjadi juga dengan Jimin. Salah seorang produser menghubungiku, dan memberi gagasan lagu ini. Awalnya track ini bernuansakan biola dan orkestra, saya rasa sangat indah jika menambahkan elemen piano di lagu ini,” kata JVKE dalam wawancaranya.

Suara Jimin di lagu ini juga mengundang decak kagum fans. Banyak yang memuji suara Jimin yang melebur dengan apik dengan 4 suara lainnya. Efek dominopun muncul, gara-gara lagu ini juga, angka penjualan album debut Jimin “FACE” juga mengalami peningkatan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah adanya nama NLE Choppa, yang sangat muda. Bahkan dia belum lahir, ketika Fast & Furious pertama dirilis (The Fast And The Furious, 2001). Dengan keunikan rapnya, menjadikan lagu ini sebagai single pertama NLE Choppa yang berhasil menjadi soundtrack utama. Sebelumnya, Choppa pernah mengisi soundtrack F9 (2021) di single ‘Speed it Up’.

Soundtrack Fast X juga menampilkan penampilan dari Skrillex, 24kGoldn, J Balvin, dan lainnya. Ya, franchise film yang sudah 20 tahun ini sudah menyelami banyak genre musik, mulai dari hip-hop, pop, reggaeton, sampai rock. Keanekaragaman inilah yang menjadikan soundtrack Fast and Furious menjadi icon, sehingga banyak musisi yang memberikan performa terbaiknya di soundtrack ini.

cung2