Tiga Hari Pesta "Bhinneka Tunggal Musik" di Synchronize Festival 2023

Oleh: lauretha - 09 Sep 2023

Foto: Andi Bestari

Gelaran festival musik 3 hari yang diadakan di are Gambir Expo, Kemayoran Jakarta 2023 telah rampung digelar dengan sangat meriah.

Ratusan penampil sebagai line up pun tumpah jadi satu dalam keriaan Synchronize Fest tahun ini. Acara musik ini selalu dikemas penuh dengan vibe yang sangat merakyat dan ramai rasa.

Festival ini menyediakan 8 area pertunjukan, mulai dari 5 panggung utama dan 3 panggung skala lebih kecil. Area pertunjukan Synchronize terdiri dari Dynamic stage, District stage, Lake stage, Forest stage, XYZ stage, Gig stage, Panggung Getar dan Record market.

Nama-nama besar dari lintas genre dan masa meramaikan panggung Synchronize, sebut saja Kris Dayanti & Erwin Gutawa, Rhoma Irama & Soneta, Bimbo & Yanti Bersaudara, Iwan Fals & Sawung Jabo, Dewi Perssik, Trio Macan, Kahitna, Jamrud, Cokelat, Ungu, Noah, Rizky Febian, SLANK, GAC, Smash, dll hingga ragam musisi lintas skena masa kini seperti Barasuara, Fiersa Besari, The Adams, Hindia, Monita Tahalea, Parade Hujan, dan masih banyak lainnya.

(Tulus / Foto: Andi Bestari)

Konsep Bhinneka Tunggal Musik yang diusung Synchronize memang dikemas sangat serius, terbukti segala macam pecinta aliran musik bisa menikmati segala yang disajikan. Melihat pengunjung yang terbiasa dengan playlist underrated nya masih bisa berdendang bergoyang saat Trio Macan, Dewi Perssik, Rhoma Irama & Soneta tampil. Tak ada istilah guilty pleasure di acara ini. Semua penonton bebas berpesta tanpa pandangan yang menghakimi.

(Fariz RM & Neno Warisman / Foto: Andi Bestari)

Booth merchandise yang tak pernah sepi, dan juga ragam booth makanan, minuman dan aktivasi brand juga sangat beragam dan membuat pengunjung tak pernah kelaparan.

Festival musik yang digelar setahun sekali ini memang tak pernah gagal memukau pengunjung, apalagi dengan konsep kolaborasi unik yang ditawarkan beberapa line up sebagai project special yang hanya bisa ditonton di acara ini. Sebut saja penampilan Soneta x Dipha Barus bayangkan legenda musik dangdut ber-fusion dengan electronic beat music oleh Dipha Barus, tak hanya itu Rizky Febian tampil bersama Sule sang ayah dengan unjuk gigi bermain gendang berdua.

(Koil / Foto: Andi Bestari)

Ada juga Godbless 50 tahun dengan tampilan musisi-musisi keren menyanyikan hits band rock legendaris Indonesia, Iwan Fals yang bersatu lagi dengan Sawung Jabo dalam satu penampilan yang tak terlupakan, Konser Petualangan Sherina dengan aksi teatrikal musik dari Isyana Sarasvati, Yura Yunita, Reza Chandika, Jakarta Movin hadirnya aktor dan aktris utama film Petualangan Sherina yang juga akan ada sekuelnya di bulan September ini, Sherina , Derby Romero tentunya membuat banyak Inner Child pengunjung meronta-ronta. 

Tak berhenti sampai Konser Petualangan Sherina yang membuat semua orang bernostalgia di masa kecil dan remaja mereka. Penampilan Melly Goeslaw Song Book yang juga dibawakan oleh artis seperti BBB, Anda Perdana dan Eric Erlangga.

(Eva Celia / Foto: Andi Bestari)

Berbicara tentang fasilitas yang disediakan oleh promotor Synchronize Festival 2023, disediakan area pengisian air minum secara cuma-cuma dan sukarela jika ingin berdonasi, musholla untuk ibadah pengunjung muslim, kids playground area, area medis yang tersedia, tempat sampah yang terorganisir di banyak penjuru venue membuat kita tak kesusahan membuang sampah, juga fasilitas area f&b yang tersebar di segala sudut membuat pengunjung tak akan kelaparan dan kehausan. Betapa ini adalah sebuah rumusan fasilitas yang membuat pengunjung sejumlah puluhan ribu di venue ini tetap terakomodir. 

(GAC / Foto: Andi Bestari)

Urutan rundown yang dibuat tak pandang bulu membuat pengunjung tak pilih-pilih jam kedatangan. Sejak gate dibuka pukul 14.00 WIB pun sederetan line up dari musisi mayor hingga skena underrated pun sudah digelar hingga akhir acara di tengah malam.

Pesta musik 3 hari ini ditutup dengan apik dengan tampilan kelompok musisi yang menyanyikan koleksi lagu Naif dalam project Mesin Waktu 2.0, Teman-teman Menyanyikan Lagu NAIF yang dibawakan oleh Endah & Rhesa, Bilal Indrajaya, Sentimental Moods, Sisitipsi, Perunggu, GAC dan The Adams. Sebuah aksi panggung yang sangat serius dengan stage decoration dan tentunya membuat salah satu personil NAIF siapa lagi kalau bukan David Bayu yang menangis terharu dan terekam kamera karena melihat betapa masih banyak yang peduli dengan band yang telah memutuskan untuk bubar di tahun 2021 silam, sungguh sangat disayangkan karena banyak penggemar yang sangat sedih dan kecewa karena hal ini terjadi. 

(Isyana Sarasvati / Foto: Andi Bestari)

Ini lah rangkuman perjalanan pesta musik tiga hari Synchronize Festival 2023 yang penuh dengan rasa, kisah, keriaan dan otot badan yang pegal namun tetap menyenangkan untuk siapapun yang hadir.

Semoga tahun depan Synchronize Fest tetap memberikan suguhan yang inklusif dan lebih meriah.

(Tuan Tigabelas / Foto: Andi Bestari)

lauretha
More from Creative Disc