Gara-gara Grammy, Tracy Chapman Raih #1 iTunes Berkat 'Fast Car' Setelah 36 Tahun Dirilis

Oleh: cung2 - 06 Feb 2024

Sekali lagi, lagu lama yang terdongkrak popularitasnya tahun ini. Setelah tampil di Grammy Awards, lagu Tracy Chapman 'Fast Car' yang dirilis tahun 1988, berhasil jadi #1 iTunes!

Ya, berkat penampilan menyentuhnya kemarin, lagu ini menempati posisi pertama dalam daftar lagu teratas iTunes, setelah 36 tahun perilisannya. Perlu dicatat, bahwa daftar lagu teratas iTunes berbeda dengan Apple Music. #1 iTunes artinya, lagu ini paling banyak dibeli dan diunduh. Jadi, kesimpulannya, banyak yang 'membeli' lagu ini, ketimbang mendengarkannya saja lewat streaming.

tracy chapman itunes

Grammy memiliki dampak signifikan pada daftar lagu iTunes. Selain 'Fast Car', tempat kedua diisi oleh Miley Cyrus dengan 'Flowers' yang berhasil meraih Record of the Year. Tempat ketiga dihuni oleh Billy Joel dengan lagu 'Turn the Lights Back On', yang merupakan penampilan pertamanya setelah 17 tahun.

Tidak cuma itu, versi lain 'Fast Car' yang dibawakan Luke Combs juga masuk. Begitu juga dengan peraih Song of the Year, Billie Eilish 'What Was I Made For?', dan Olivia Rodrigo 'vampire' yang masuk 10 besar daftar ini.

Flashback, 'Fast Car' dari Tracy Chapman sempat menjadi hit di Amerika Serikat dan Inggris, mencapai posisi ke-6 di Amerika dan mencapai posisi ke-5 di UK Singles Chart pada tahun 1988. 'Fast Car' dinominasikan untuk Record of the Year, Song of the Year, dan Best Female Pop Vocal Performance Grammy 1988, dan Tracy Chapman membawa pulang Grammy untuk Best Female Pop Vocal.

cung2
More from Creative Disc