Akhirnya "Berdamai", TikTok Siap Sambut Kembali Lagu-Lagu milik Universal Music Group

Oleh: riadini - 03 May 2024 | Views: 15

TikTok dan Universal Music Group (UMG) telah mengumumkan bahwa mereka telah mencapai perjanjian lisensi baru. 

Pada 2 Mei, platform media sosial dan label musik tersebut mengeluarkan siaran pers yang mengumumkan perjanjian baru diantara keduanya. Hal ini terjadi setelah perjanjian TikTok dan UMG sebelumnya berakhir pada akhir Januari, dan UMG menarik musik artisnya dari platform karena ketidakmampuan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan baru.

Pada akhir Januari 2024 lalu, UMG mengklaim bahwa “TikTok mengusulkan untuk membayar artis dan penulis lagu dengan tarif yang jauh lebih kecil dari tarif yang dibayarkan oleh platform sosial besar lainnya”, yang hanya sekitar satu persen dari pendapatan platform tersebut.

Namun sekarang, menurut siaran pers, perjanjian baru UMG dengan TikTok dilaporkan akan “memberikan peningkatan remunerasi bagi penulis lagu dan artis UMG, peluang promosi dan keterlibatan baru untuk rekaman dan lagu mereka, serta perlindungan terdepan dalam industri sehubungan dengan AI generatif."

Lucian Grainge, Ketua dan CEO UMG, mengatakan tentang kemitraan baru mereka, “Babak baru dalam hubungan kami dengan TikTok ini berfokus pada nilai musik, keunggulan seni manusia, dan kesejahteraan komunitas kreatif. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan tim di TikTok untuk memajukan minat artis dan penulis lagu kami serta mendorong inovasi dalam keterlibatan penggemar sambil memajukan monetisasi musik sosial.”

Di sisi lain, CEO TikTok Shou Chew menambahkan, “Musik adalah bagian integral dari ekosistem TikTok dan kami senang telah menemukan jalan ke depan bersama Universal Music Group. Kami berkomitmen untuk bekerja sama untuk mendorong nilai, penemuan, dan promosi bagi semua artis dan penulis lagu UMG yang luar biasa, dan memperdalam kemampuan mereka untuk tumbuh, terhubung, dan terlibat dengan komunitas TikTok.”

Sebagai hasil dari perjanjian baru ini, pengguna TikTok dapat mengharapkan musik artis UMG favorit mereka untuk kembali ke platform “secepatnya”, meskipun perkiraan tanggal kembalinya belum dapat dikonfirmasi.

riadini