CreativeDisc Exclusive Interview With Jazzanova: Menjadi Juru Kunci Dari Label Jazz Keramat Strata Records

Oleh: luthfi - 03 Jul 2023 | Views: 8

Kolektif jazz asal Jerman yang terkenal dengan musik mereka yang smooth Jazzanova memang sudah sering bermain di Java Jazz Festival namun di tahun ini mereka membawakan sesuatu yang spesial di tengah penampilannya. Mereka membawakan ulang beberapa lagu yang dirilis oleh label jazz keramat yang populer di kalangan pecinta jazz tulen yaitu Strata Records, mereka juga membawa Amir Abdullah atau sering dikenal dengan nama DJ Amir sebagai pemegang hak cipta rilisan Strata Records ke atas panggung untuk mengenalkan label legendaris ini ke khalayak ramai.


Sebelum berbicara dengan Jazzanova dan DJ Amir tentang proyek kolaborasi mereka mereka ulang lagu Strata Records ada baiknya kita berbicara tentang Strata Records. Strata Records adalah label milik pianis dan komposer jazz Kenny Cox yang didirikan di Detroit pada era 1960’an. Strata sendiri bukan hanya sebuah label tapi juga merupakan sebuah organisasi komunitas musik, kafe, studio serta live venue, Strata sendiri menjadi komunitas masyarakat kulit hitam untuk menyuarakan ekspresinya melalui musik di tengah ketidakadilan rasial yang kuat di Amerika pada saat itu.


Rilisan Strata Records terbilang unik dan mempunyai estetikanya sendiri, album rilisan mereka dicetak hitam putih dan monokrom akibat kurangnya dana buat mencetak cover albumnya dan semuanya benar-benar didistribusikan sendiri di sekitar Detroit. Karena modal yang terbatas itu mereka hanya merilis kurang dari 10 album dan tidak ada rilisan lagi karena kehabisan uang. Puluhan tahun kemudian DJ Amir menemukan katalog Strata Records secara tidak sengaja dan dengan restu dari Barbara Cox yang merupakan istri dari Kenny Cox ia akhirnya menjadi pemegang hak cipta eksklusif dari Strata Records dan merilis ulang album rilisan Strata Records melalui label miliknya 180 Proof Records. Strata Records hanya mempunyai modal yang terbatas untuk rilisannya dan akhirnya mereka hanya merilis kurang dari 10 album karena tidak ada dana untuk mencetak albumnya.


Amir sendiri sangat antusias ketika ditanya tentang Strata Records seolah-olah ia adalah penggemar nomor satu dari label ini. “Strata Records itu udah punk dan do-it-yourself (DIY) jauh sebelum istilah itu muncul dan populer. Selain menjadi label yang aktif memberikan naungan kepada masyarakat Detroit yang tertindas secara rasial dan sosial label ini benar-bener menciptakan musik independen dimana semua albumnya kita rekam, cetak, dan distribusikan sendiri. Benar-bener label yang melampaui masanya.”, jelasnya.


Ketika Jazzanova ditawari untuk membayangkan ulang lagu dari rilisan Strata Records mereka sangat antusias dan hal ini mereka lakukan agar rilisan epik dari label ini tidak punah dan terus ada di generasi berikutnya. Hasilnya adalah sebuah album “Strata Records – the Sound of Detroit – Reimagined by Jazzanova” dimana mereka bekerja sama dengan DJ Amir dan membuat sebuah komposisi jazz yang terdengar old school namun disusupi sound yang modern sehingga bisa didengar untuk pecinta jazz masa kini.


Simak wawancara CreativeDisc bersama Jazzanova dan DJ Amir selengkapnya dimana kami berbicara panjang lebar soal Strata Records lewat video di bawah ini:


Special thanks to Java Jazz Festival 2023


luthfi