Tilly Birds Bocorkan Rencana Album Baru Pada Kunjungan Perdana Ke Jakarta

Oleh: Josefine Stefani - 17 Jul 2023 | Views: 3

Belakangan ini selain kultur K-Pop dari Korea yang merajai dunia, Thailand juga sedang melakukan ekspansi besar-besaran ke seluruh dunia. Terbukti dari series, film-film, idol, sampai band asal Thailand juga mulai menyita perhatian publik. Tilly Birds, salah satu band alternative dari Thailand yang sedang melakukan tour Asia mampir ke Jakarta pada tanggal 15 Juli 2023 yang lalu. Band yang terdiri dari 3 personil tetap yaitu Third (vokal), Billy (gitar), dan Milo (drum) menggelar konser di Jakarta dengan judul Tilly Birds Live In Jakarta yang dipromotori oleh Lumina Entertainment. Ini merupakan kali pertama Tilly Birds hadir ke Jakarta setelah sebelumnya mereka melakukan konser di Singapura, dan akan berkunjung ke Manila setelah dari Jakarta.


Pada sesi konferensi pers sebelum konser dimulai, ketiga personil Tilly Birds mengungkapkan rasa kebahagiaannya bisa berkunjung ke Jakarta. Third menyatakan bahwa ia tau ada banyak pendengar Tilly Birds berasal dari Jakarta – Indonesia sehingga ketika ada kesempatan untuk menggelar konser disini mereka merasa sangat senang sekali. “Tidak terlalu banyak perbedaan antara kultur di Indonesia dan Thailand” ungkap Third, “Dan kesamaannya adalah sama-sama macet” ia menambahkan sambil tertawa. Mereka juga menunjukkan kemampuannya dalam mempelajari beberapa kata-kata dalam Bahasa Indonesia seperti “Selamat sore semuanya”, “Mantap banget”, dan “Keren abis”.

Pada sesi tanya jawab, Third sang frontman juga menyampaikan bahwa Tilly Birds saat ini berencana untuk merilis album dalam format Bahasa Inggris. Sebelumnya Tilly Birds pernah merilis beberapa single dalam Bahasa Inggris, namun secara keseluruhan lagu-lagu pada album mereka semua ditulis dalam Bahasa Thailand, sehingga untuk album berikutnya mereka akan mencoba kembali menulis lagu dalam Bahasa Inggris agar dapat menjangkau pendengar yang lebih luas lagi.

“Pada dasarnya musik adalah Bahasa universal, sehingga jika lagu kami dapat ditranslate atau dituangkan dalam berbagai Bahasa akan sangat bagus untuk menyampaikan pesan ke pendengar” kata Third. Billy dan Milo juga sepakat dengan pernyataan Third, dan mereka berharap pendengar akan menantikan album dalam bahasa inggris tersebut dirilis.


Setelah konferensi pers berakhir, konser diadakan tepat jam 7 malam. Para penggemar yang hadir di hari itu sudah memenuhi masing-masing tempat berdasarkan kategori tiket mereka. Sejak lagu pertama, seluruh penonton bernyanyi dari awal hingga akhir lagu. Bahkan ketika Third menyodorkan mic ke arah penonton, mereka bisa menyanyikannya dengan sangat lantang.

Lagu-lagu yang dibawakan malam itu sebagian besar diambil dari album It’s Gonna Be Ok (2021) dan ผู้เดียว (2020) seperti Bangkok Winter (ฤดูหนาว), Worth The Wait (แค่เธอเข้ามา), It’s Not You, It’s Me (ติดตรงที่ฉัน), I’m Not Boring, You’re Just Bored (เบื่อคนขี้เบื่อ), juga lagu hits andalan mereka seperti Just Being Friendly (เพื่อนเล่น ไม่เล่นเพื่อน) dan Same Page? (คิดแต่ไม่ถึง). Milo sang drummer juga menunjukkan bakatnya sebagai rapper pada lagu Slipped Your Mind (จำเก่ง), yaitu sebuah lagu kolaborasi antara Tilly Birds dengan rapper terkenal asal Thailand, F.Hero.


Konser secara sukses berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dan sepanjang konser Third juga mengatakan sangat kagum dengan energi dari fans di Jakarta, juga tidak menyangka bahwa setiap lagu yang dibawakan dapat dinyanyikan dengan sangat baik oleh penonton yang hadir malam itu. Ia juga berjanji bahwa Tilly Birds akan kembali lagi ke Jakarta dan berharap dapat melihat lebih banyak lagi penggemar yang hadir. Melihat respon dan reaksi para penggemar yang hadir malam itu, tidak hanya dari Jakarta saja, namun ada juga penggemar yang hadir dari luar kota, dari Singapura, bahkan penggemar Thailand juga hadir ke Jakarta untuk menonton penampilan Tilly Birds. Secara umum mereka cukup puas setelah sekian lama menantikan kehadiran band idolanya akhirnya keinginan itu dapat terwujud.

Teks: Josepine Stefani

Josefine Stefani