CreativeDisc Exclusive Interview With Doechii: “Pokoknya Suasana Hatiku Senang Dulu Baru Bisa Bikin Lagu”

Oleh: luthfi - 10 Aug 2023 | Views: 9

Rapper perempuan asal Florida bernama Doechii mempunyai satu filosofi dalam membuat karyanya, ia harus mempunyai suasana hati bagus agar ia bisa membuat pendengarnya gembira dan senang mendengarkan lagunya. Hal ini terpancar dari lagunya yang viral di sosial media terutama TikTok yaitu “What It Is”.

Kali ini CreativeDisc mewawancarai rapper dibalik “What It Is” dimana kami bercerita tentang lagunya, proses kreatifnya membuat lagu dan juga tentang Florida.


CreativeDisc (CD): Lagi bagaimana keadaanmu sekarang?
Doechii (D): Baik, aku kemarin lagi ada acara penghargaan juga makanya baru bisa sekarang ngobrol bareng.


CD: Kamu kemarin ke acara BET Awards, bagaimana rasanya?
D: Aku melihat banyak penampilan dari berbagai macam artis yang seru-seru seperti Latto, Busta Rhymes. Jujur, aku sempat grogi ketika manggung di sana karena banyak nama-nama legendaris yang aku suka menontonku tapi secara keseluruhan penghargaan kemarin merupakan hal yang sangat menyenangkan buatku.


CD: Mari berbicara tentang lagumu yang paling terkenal saat ini yaitu “What It Is” yang menurutku sangat bagus dan classy. Bisa diceritakan lebih lanjut tentang lagu ini?
D: Lagu ini memang kubuat untuk musim panas. Aku tidak pernah akan menyangka kalau lagunya bakal didengarkan di mana-mana dan aku sangat bersyukur akan hal itu. “What It Is” sendiri bercerita tentang kesukaanmu kepada seseorang dan dari segi musik aku membut musiknya dengan nuansa nostalgia. Aku menggunakan musik dari awal 2000’an yang sering kudengarkan di waktu muda dan membuat lagu ini terasa seperti “nostalgia musim panas”.


CD: Bagaimana rasanya ketika lagu ini viral dimana-mana?
D: Aku sangat senang laguku viral di mana-mana dan banyak orang memakai lagu ini untuk banyak hal yang kreatif di TikTok. Aku sangat suka dengan video orang yang menari dengan “What It Is”.


CD: Di antara semua video yang kamu lihat di TikTok yang memakai lagu “What It Is”, video mana yang paling kamu suka?
D: Aku paling suka video orang yang menciptakan pertama kali tarian dengan lagu “What It Is” dari Filipina. Tarian itu sungguh menakjubkan.

https://www.youtube.com/shorts/vXI3835P2aM


CD: Menurut kamu sendiri, apa yang membuat dirimu unik dan beda dari yang lain?
D: Aku membuat laguku dari pengalaman pribadiku dan tidak ada yang bisa menjadi diriku selain aku sendiri, sama seperti artis kebanyakan dimana mereka menceritakan cerita mereka tapi yang membedakan adalah lagu yang aku buat adalah aku sendiri.


CD: Berbicara soal unik nih ada satu lagumu berjudul “Crazy” dan menurutku lagu itu berbeda dengan lagu yang biasa kamu buat sebelumnya karena nuansanya bener-bener punk banget.
D: Aku sangat suka sekali dengan lagu itu karena lagu itu agresif, powerful dan cocok banget untuk menumpahkan amarah. Ketika aku membuat lagu ini aku menumpahkan semua perasaanku dan berteriak sekencang-kencangnya. Menurutku lagu ini juga menunjukkan kepercayaan diri karena semua energi dan emosi yang kamu rasakan tumpah di “Crazy”.


CD: Waktu itu kamu pernah bilang di sebuah wawancara kalau kamu ingin membuat musik untuk orang bersenang-senang tapi membuat musik yang isinya senang-senang kan sedikit susah apalagi kalau kamu tidak dalam suasana hati yang senang dan adem?
D: Aku akan memberitahumu sesuatu, aku ga bisa bikin musik kalau aku sendiri suasana hatinya ga senang dan aku tidak bisa memalsukan kesenangan itu karena aku ingin membuat musik yang orang dengerinnya juga senang dan gembira.


CD: Apa yang kamu lakukan berikutnya setelah “What It Is”?
D: Aku akan merilis single baru lagi berjudul “Booty Drop” yang akan keluar nanti.


CD: Pertanyaan paling terakhir untuk wawancara ini, kenapa nama profil Instagram milikmu “Swamp Princess” (Putri Rawa)?
D: Di Florida banyak banget rawa makanya aku senang menjadi putri rawa (tertawa). Aku juga sangat senang tinggal di Florida meskipun terdengar di berita daerah itu berbahaya dan kacau tapi menyenangkan tinggal di situ.


luthfi