Musikal Kapan Resign? Sajikan Musikal yang Soroti Hustle Culture Secara Menarik!

Oleh: dundhee - 10 Oct 2023 | Views: 3

Apa jadinya kalau curhatan dari Budak Korporat dirangkum ke dalam sebuah musikal interaktif? Itulah yang coba dibuat oleh Jaksical lewat musikal original bertajuk Musikal Kapan Resign? yang diadakan di Teater Salihara pada tanggal 6-8 Oktober yang lalu. Berkisah tentang kenyataan yang terjadi di dunia kerja dengan ‘hustle culture’, Musikal ini menggambarkan dengan baik gejolak di dalam internal dunia kerja sekaligus adanya persaingan dan lain-lain.

Dihadirkan dengan konsep interaktif, musikal ini bisa terbilang cukup fresh. Seluruh penonton yang menyaksikan pertunjukan ini sejak awal sudah disebut sebagai new recruit dari Smile Inc yang memang sedang membutuhkan banyak karyawan karena adanya resign massal. Musikal Kapan Resign? dimulai dengan briefing oleh HRD yang dibawakan secara menghibur. Tokoh HRD yang diperankan oleh Jovita Octa ini memang cukup menarik perhatian sepanjang musikal ini berlangsung. Dialek yang dia bawakan, plus perawakan heboh ala HRD yang sejatinya ada di kehidupan nyata ini memberikan warna yang seru untuk musikal ini. 

Selain itu, di tengah pertunjukan, ada juga beberapa penonton yang ditarik untuk dapat berakting bersama para pemain. Lebih lanjut, penonton bahkan dapat menentukan akhir kisah dari musikal ini dengan cara vote secara massal. Ini jadi salah satu hal yang membuat Musikal Kapan Resign? jadi sangat menarik untuk ditonton.

Musikal ini tidak hanya menghadirkan kisah hustle culture dari dunia kerja, tapi juga mampu menghadirkan konflik pribadi dari masing-masing tokoh utamanya yang diperankan oleh Kita Pritasari, Firman Lung, dan Reska Primadita. Mulai dari chaos-nya persiapan pernikahan yang terhambat gara-gara karier yang sedang dikejar, beban sebagai anak yang selalu dibanding-bandingkan dengan saudara sendiri, hingga permasalahan seorang anak yang harus jadi tulang punggung keluarga tersaji secara apik di musikal ini. Tentu ini sangat relatable bagi banyak orang di luar sana.

Bukan suatu musikal jika pementasan satu ini tidak menghadirkan lagu untuk dibawakan dan Musikal Kapan Resign? menghadirkan musik-musik yang ear-catchy dan tidak terkesan old-school. Ditambah beberapa koreo yang mempertegas pesan dari tiap lagu yang dibawakan oleh para cast dan ensemble. 

Pada akhirnya, Musikal Kapan Resign? jadi salah satu angin segar di tengah industri kreatif yang semakin berkembang dan semoga ini bukan jadi akhir untuk karya-karya original terbaik dari Jaksical.

 

dundhee