Kesabaran Penonton Diuji di Konser Il Divo "A New Day Tour" yang Juga Menampilkan Lesti Kejora

Oleh: rendy-salendu - 12 Nov 2023 | Views: 2

Foto: Sulinda Sumardi

Di tengah gempuran konser artis mancanegara sepanjang 2023 di tanah air, muncul sebuah nama yang tidak disangka-sangka datang (lagi) untuk menggelar pertunjukannya di Jakarta. Il Divo, grup vokal classical crossover multi-nasional ini tampil untuk kesekian kalinya pada Sabtu, 11 November 2023 di JIExpo Convention Center & Theatre, Kemayoran.

But, where to begin with this article? Jujur, saya bingung mau mulai dari mana. Konser Il Divo kali ini cukup bikin perasaan campur aduk. The venue was awesome, the performance was great, but the preparation wasn’t. It was a disaster.

Kenapa? Karena penampilan diundur hingga 2 jam lebih. Konser yang semula dijadwalkan mulai pkl. 20.00 WIB, diundur hingga pkl. 22.00 WIB. Nyatanya, konser dimulai sekitar pkl. 22.22 WIB. Parahnya lagi, penonton yang sudah mengantri di depan pintu teater baru bisa masuk ke dalam ruangan sekitar 15 menit sebelum konser benar-benar dimulai. Saya tahu ini mungkin biasa terjadi di dunia perkonseran. Alasan teknis, katanya. Tapi sampai mendengar langsung kekesalan sang bintang utama hingga menuding promotor sebagai penyebab keterlambatan konser dan mengucapkannya di atas panggung, it’s a whole different story. Sebuah cacat kecil yang cukup membekas bagi sebagian penonton yang sempat melampiaskan amarahnya kepada panitia dan minta refund. Yup, that happened. Mungkin tidak se-barbar kasus konser lainnya, tapi melihat golongan penonton yang datang malam itu, reaksinya cukup mem-bagong-kan.

Anyway, kalau mau fokus dijabarkan keadaan sebelum konser dimulai, mungkin bisa jadi artikel tersendiri. But, we have to focus on the one thing that truly matters the most. The performance.

Ah, yes. Sungguh jauh berbeda atmosfirnya saat sudah berada di ruangan teater. Seketika amarah yang telah terlampiaskan diluar ruangan perlahan memudar seiring munculnya laser warna-warni yang bergerak tak beraturan bersamaan dengan intro pembuka penampilan dari alunan string orkestra dan band pengiring. Perlahan, masing-masing personil Il Divo muncul diatas panggung, dan segera membuka penampilan mereka dengan ‘Musica’ yang diambil dari album keempat mereka, “Siempre”. Selesai lagu pertama, Il Divo menyapa penonton sekaligus meminta maaf yang sebesar-besarnya karena konser dimulai sangat terlambat.

attachment

FYI, bagi concert-goers yang belum ngeh dengan personil baru yang melengkapi trio David Miller (USA), Sébastien Izambard (Perancis) dan Urs Bühler (Swiss) malam itu, memiliki nama Steven LaBrie (USA) yang menggantikan Carlos Marin (Spanyol) yang wafat pada akhir tahun 2021. Vokal bariton Steven terasa pas mengisi part vokal Carlos dengan baik, serta mampu mengimbangi penampilan ketiga rekannya. Steven LaBrie telah bernyanyi bersama Il Divo sejak awal 2022, dan secara resmi bergabung menjadi vokalis tetap sejak Agustus 2023.

Sebanyak total 19 lagu dibawakan oleh kuartet bentukan Simon Cowell tersebut. Bagi para Il Divo sejak mereka muncul di 2004 tentunya khatam dengan repertoire yang disajikan. Mulai dari ‘Passera’, ‘Nella Fantasia’, ‘Adagio’, ‘Melanconia (Wicked Game)’, ‘Senza Catene (Unchained Melody)’, ‘Te Amare’ (Come What May), hingga ‘Regresa a mi (Unbreak My Heart)’ yang dibawakan sebagai salah satu encore ampuh meredam kekesalan penonton sebelumnya. ‘Everytime I Look At You’ dan ‘Mama’, dua dari kumpulan lagu orisinil mereka turut dibawakan dan membuai penonton dengan alunan vokal keempat personilnya. Tidak hanya duduk santai menikmati musik pop-klasik dengan baluran orkestra yang mendayu-dayu, penonton pun diajak berdiri dan bergoyang lewat lagu ‘My Girl’ dan ‘Ain’t No Mountain High’.

attachment

Layaknya beberapa konser yang saya ikuti sebelumnya, artis lokal Indonesia jadi daya tarik tersendiri dalam sebuah konser artis mancanegara. Il Divo menggaet Lesti Kejora dan menempatkannya di akhir setlist. Tak banyak ba-bi-bu, tanpa bercakap lama karena terkendala bahasa, mereka pun segera mendendangkan ‘Somewhere’. Vokal Lesti yang amazingly powerful mampu mengimbangi harmoni dari classically trained vocal keempat personil Il Divo yang grandioso, serta mematahkan ke-skeptis-an saya saat pertama kali tahu siapa bintang tamu yang akan ditampilkan. Yang kurang pas bagi saya adalah kenapa bukan lagu ‘I Believe In You’ atau bahkan ‘The Time of Our Lives’. Too grande, perhaps? We’ll never know.

Overall, konser malam itu berlangsung baik. Suguhan hits lawas yang familiar di telinga namun susah untuk sing-along (karena dibawakan dalam versi non-English), serta interaksi yang dibangun oleh David, Sebastien, Urs dan Steven terhadap penonton yang penuh canda dan tawa, sukses menghibur sekaligus mengobati rasa kangen para penggemarnya.

Set list Il Divo "A New Day Tour" di JIEXPO:

1. Musica
2. Passera
3. Nella fantasia
4. Melanchonia (Wicked Game)
5. Senza Catene (Unchained Melody)
6. Everytime I Look At You
7. Besame Mucho
8. Abrazame
9. Quizas, Quizas, Quizas
10. You Raise Me Up
11. Te Amare (Come What May)
12. Mama
13. For Once In My Life
14. My Girl
15. Aint No Mountain High
16. Adagio (Urs fave)
17. Somewhere (Lesti)

Encore
18. Regresa A Mi
19. My Way

 

rendy-salendu