DEF LEPPARD LIVE IN SINGAPORE 2015 : ROCK OF AGES !!

Oleh: budi-susanto - 01 Dec 2015

Salah satu icon Glam Rock/Heavy Metal asal Shefield, Inggris DEF LEPPARD akhirnya kembali menyambangi Singapura setelah 18 tahun sejak konser mereka terakhir di tahun 1996. Band yang berdiri pada tahun 1977 dan merupakan salah satu dedengkot pergerakan New wave of British Heavy Metal ini masih beranggotakan Joe Elliott, Rick Allen, Phil Collen, Vivian Campbell, dan Rick Savage. Creative Disc dengan sengaja terbang ke Singapura atas undangan Promotor LAMC Production & One FM untuk meliput konser yang sangat dinanti-nantikan ini.

Hari itu, Selasa 24 November 2015 Singapura diguyur hujan sejak siang sampai sore, tapi ini tidak akan menjadi masalah untuk konser Def Leppard karena venue yang akan digunakan adalah Suntec Singapore Convention and Exhibtion yang berada di lantai 6 Suntec City di Rafless Boulevard yang tidak jauh dari Esplanade, salah satu icon kota Singapura.

Venue sudah mulai didatangi oleh orang-orang yang akan menonton konser ini sejak jam 4 sore, padahal konser baru akan dimulai jam 8 malam, sementara Entrance Gate baru akan dibuka jam 6:30 malam. Mereka kebanyakan mengenakan kaos hitam dengan tulisan DEF LEPPARD di dada atau di punggung. Tidak sedikit juga Diehard Fans yang datang dari Indonesia, Malaysia dan Negara tetangga lainnya. Hal ini tentu pemandangan yang lumrah karena Singapura adalah satu-satunya kota di kawasan Asia Tenggara yang disinggahi Def Leppard untuk World Tour 2015 ini. Di kerumunan saya melihat ada beberapa musisi tanah air seperti gitaris Andra Ramadhan dan teman-temannya, Eben dan Agung dari Burgerkill. Sekitar jam 5 puluhan orang yang membeli tiket VIP dimana mereka mendapat kesempatan Meet & Greet dan Foto bersama Def Leppard masuk lebih dulu ke dalam venue.

deflepp3

Pintu akhirnya dibuka tepat pukul 6:30, penonton yang dari sore mengantri pun diijinkan masuk melalui pintu-pintu yang telah disediakan. Suntec City Convention and Exhibition Centre ini lumayan besar, bisa menampung sekitar 8000 penonton. Stage yang digunakan sama seperti di kota-kota lainnya, ada Catwalk Stage-nya. Akhirnya sebelum jam 8 malam arena konser ini hanya menyisakan beberapa bagian saja yang masih kosong. Sebelum Konser One FM sebagai Promotor juga sempat menyapa audience dan membagi-bagikan T-Shirt.

Segera setelah lagu intro Shoot To Thrill dari AC/DC yang diputar melalui player berakhir, lampu-lampu dipadamkan tanda pertunjukan akan dimulai, crowd pun berteriak histeris ketika satu persatu personil naik ke panggung. Tak lama terdengar intro dan suara Joe Elliott seperti lyric lagu tesebut, "Do You really really wanna do this now..?" Yup, "Let's Go" menjadi lagu pembuka. Crowd langsung hanyut dalam euphoria dan sing along yang tidak berkesudahan sejak lagu pertama ini dimainkan. Lagu kedua adalah "Animal" dari album Adrenalize, disusul oleh "Undefeated" yang merupakan single yang di rilis di dalam album Live ; Mirror Ball - Live & More (2011).

deflepp2

Acungan jempol buat kemapuan vocal Joe Elliot yang tidak berubah, dia tetap mampu menyanyikan setiap lagu dengan baik. Nada-nada tinggi pada lagu-lagu "Love Bites", "When Love and Hate Collide" ataupun "Rocket" tetap dibabat habis sesuai dengan apa yang kita dengar selama ini. Usia bukan lah halangan buat frontman yang lahir tgl 1 Agustus 1959 ini. Sangat berbeda dengan Jon Bon Jovi ketika saya menonton konsernya 2 bulan yang lalu. Jon terlihat sudah kesulitan untuk menyanyikan "Someday I'll be Saturday Night" ataupun "Bad Medicine". Sementara itu, Rick Allen, The Thunder God, drummer bertangan satu itu tetap tangguh di belakang drum. menjaga beat demi beat sampai konser berakhir, What a amazing drummer..!!. Duo gitaris kawakan Vivian Campbell dan Phil Collen serta bassist Rick Savage juga tidak kalah mengundang decak kagum, sangat atraktif dan juga dengan baik men-support Joe Elliot untuk urusan Backing Vocal disetiap lagu.

Malam itu Def Leppard benar-benar telah membayar penantian panjang penonton dengan sebuah pertunjukan yang tidak akan terlupakan oleh semua penonton (termasuk saya) yang memadati Suntec City Convention and Exhibition Centre. Lighting, Sound Systems dan Setlist malam itu telah menjadikan konser ini adalah konser terbaik saya untuk tahun ini. Full of hit songs!!, "Two Steps Behind", "Armageddon It", "Hysteria", "Let's Get Rocked", dan "Pour Some Sugar On Me" juga ikut dimainkan mereka.

Sebelum menghadirkan Encore, Joe berjalan ke ujung panggung dan mengucapkan beberapa kata yang pasti akan dikenang oleh penonton. Dia berucap, "Thank you Singapore, Thank You Very Much, As I said earlier on tonight, It's the first time We've been here since 1996, I don't know why but it is. And I would say right now in front of everybody as you are my witnesses, We are never gonna leave it that long again..!!". Kata-kata itu disambut dengan tepukan dan teriakan riuh dari penonton. Joe masih melanjutkan, "And thank you for making so much noise tonight. Can You make maybe just a little bit more? Rick Allen will introduce this one for ya..!!". Ketukan drum Intro lagu itu pasti semua sudah hapal ; Gunter glieben glauchen globen.., Yup "Rock Of Ages" menjadi lagu ke-15 untuk malam itu, penonton kembali ikut bernyanyi bersama ; "What Do You Want.. What Do You Want.., I want Rock n' Roll, Long Live Rock n' Roll..".

deflepp5

Dan sebagai tembang pamungkas adalah "Photograph" yang menutup malam indah itu dengan klimaks. Kelima personil pun kemudian memberi hormat kepada penonton diiringi applause dan tepukan riuh dari penonton. Sebelum menghilang ke belakang panggung, Joe masih sempat mengucapkan salam perpisahan ; "Thank you, Thank you Singapore!!, We are pleasure, see you next time, and there will be next time!!. Don't forget us and we won't forget you, Good Night..!!".

Ya, semoga apa yang diucapkan Joe benar, Def Leppard bisa kembali datang, dan fans setianya tidak harus menunggu sampai 18 tahun lagi. Long Live Def Leppard..!!

Text : BUDI SUSANTO

Photos : LAMC Official Photographer

Thank You Very Much For LAMC Productions

Set List DEF LEPPARD Live in Singapore 2015.

  1. Let's Go
  2. Animal
  3. Undefeated
  4. Dangerous
  5. Love Bites
  6. Armageddon It
  7. Rock On (David Essex Cover)
  8. Two Steps Behind (Acoustic session by Joe Elliott)
  9. Rocket
  10. When Love and Hate Collide
  11. Switch 625
  12. Hysteria
  13. Let's Get Rocked
  14. Pour Some Sugar On Me

Encore ;

  1. Rock Of Ages
  2. Photograph

budi-susanto
More from Creative Disc