Quantcast

Top 10: Pop in a Cartoon World

By - 1 year ago in Top 10 Lists

Video musik merupakan hantaran visual terhadap karya musik, yang sejatinya tercipta dalam format audio. Sebagai perwakilan visual, video musik diharapkan mampu menerjemahkan karya tersebut, dari yang awalnya nada dan kata, menjadi nada, kata, dan tontonan. Berawal dari ide kreatif, dieksekusi menjadi sebuah padanan tayangan, sehingga sampai pada titik dimana video musik ini dapat disebuah sebagai sebuah film pendek. Tujuan utamanya adalah sebagai sarana promosi yang ampuh untuk karya musik yang diciptakan.

Salah satu ide kreatif untuk sebuah video musik adalah dengan animasi. Mengkartunisasi sang artis, membuat mereka hidup dan menghibur dalam tampilan dua dimensi. Dalam perpustakaan YouTube, video bertemakan demikian tak jarang kita temui. Atas azas selektivitas, daftar Top 10 CreativeDisc kali ini akan menjaring video musik yang menggabungkan dunia animasi dengan live action, dimana kita bisa menyaksikan para artis penyanyi ini beraksi dalam versi kartun mereka, sekaligus wujud diri mereka sendiri.

Carrie Underwood – Ever Ever After

Diva country Carrie Underwood dipercaya oleh Disney untuk menyanyikan lagu tema bagi film gabungan antara animasi dan live action mereka, “Enchanted”. Seperti format filmnya juga, video musik untuk single ‘Ever Ever After’ yang ia nyanyikan pun ditampilkan dengan menggabungan animasi dengan live action. Dimulai dengan kartun Carrie terjun ke dalam sebuah sumur yang mengantarkannya ke kota New York. Disana, ia bertemu sejumlah orang dan mulai menebar pesonanya ke sekeliling kota, hingga akhirnya dipertemukan dengan pria idamannya di bagian akhir cerita.


Steps – Words Are Not Enough

Lima personel grup pop Steps digambarkan secara apik sebagai tokoh video game, dengan tantangan antara lain menghindari reruntuhan tebing, ular naga, hingga tokoh lawan berjubah hitam dalam game tersebut. Dalam video untuk lagu ‘Words Are Not Enough’. Transformasi antara wujud manusia ke wujud kartun para personel Steps ini terjadi setelah mereka memasuki sebuah ruangan, dimana di dalamnya terdapat sebuah cermin yang ternyata adalah sebuah portal yang merubah diri H, Claire, Faye, Lisa, dan Lee menjadi para pejuang video game.


Hardwell – Young Again (feat. Chris Jones)

Imajinasi Hardwell terwujud menjadi kenyataan di dalam video musik untuk single ‘Young Again’, yang memanfaatkan vokal Chris Jones di dalamnya. Awalnya, Hardwell yang sedang asyik nge-DJ mengalami gangguan teknis. Tanpa ia sadari, ia berubah menjadi tokoh kartun dengan para dioda sebagai pengikutnya. Namun, huru-hara terjadi saat dunia elektronika tersebut diserang dan diporak-porandakan. Hardwell dan para pengikutnya pun membangun robot loud speaker yang akan melancarkan serangan musik untuk kembali menghidupkan dunia mereka.


Toni Braxton – He Wasn’t Man Enough

Singkat saja cerita kartun Toni Braxton dalam video ‘He Wasn’t Man Enough’ ini. Ia menebar pesonanya dengan membuka resleting bajunya untuk memamerkan dadanya. Setelah para pria terpesona, ia menyerang dengan kekuatan sonar, dan video pun berlanjut pada visualisasi yang menggambarkan jalan cerita mengenai apa yang terjadi dalam lirik lagu tersebut. Tayangan kartun di awal ditampilkan ulang dalam screen yang diletakkan di club, tempat video bersetting.


Shakira – Tango

Drama cinta segitiga yang Shakira mainkan dalam video ‘Tango’ miliknya ini juga dibumbui dengan sedikit guyon dalam gambaran animasi. Disana, digambarkan Shakira memngempiskan dada silikon wanita yang menjadi saingannya dalam urusan cinta tersebut. Selain itu, ia juga menghajar sang kekasih hingga jatuh bangun. Sayangnya, saat Shakira sebagai manusia hendak melakukan hal yang sama, ia malah dikalahkan. Kemenangan ia raih saat dua tokoh mirip Superman dan Batman membantunya untuk menghajar pria yang sudah mempermainkan harinya tersebut.


Vengaboys – Cheekah Bow Bow (That Computer Song)

Kuartet Vengaboys memasuki dunia multimedia dalam video musik untuk single ‘Cheekah Bow Bow (That Computer Song)’ saat mereka memulai memainkan komputer masing-masing. Dalam aplikasi yang mereka masuki, ada robot pemandu yang membukaan pintu menuju ke sebuah pesta yang bisa dibilang liar. Ekspos habis-habisan ke arah dada para wanita dalam animasi yang berjoget riang dalam pesta multimedia tersebut. Dengan goyang-goyangan yang seronik, pesta sempat diganggu dengan kehadiran virus, yang kemudian dibasmi dengan semburan lampu disko.


Bruno Mars – Just The Way You Are

Saat sang kekasih tengah asyik mendengarkan walkman, Bruno Mars mengganggunya untuk melakukan atraksi dari pita kaset tersebut. Ini terjadi dalam video musik untuk single ‘Just The Way You Are’. Bukan cuma Bruno yang menggambarkan sang kekasih dengan pita kaset tersebut, tapi dirinya juga muncul dengan gambaran karakter unik tersebut, mulai dari yang close up, hingga yang hampir seluruh bada. Yang menambah keunikan animasi dalam video ini adalah saat Bruno memainkan piano dari gambaran tersebut.


Madonna – Music

Mohon maaf karena kami tidak dapat menemukan video musik resmi dari ‘Music’ milik Madonna ini di YouTube, sehingga untuk menggantikannya, berita mengenai video tersebut masih menampilkan animasi dari The Queen of Pop itu sendiri. Nah, dalam pesta riuh yang Madonna gelar di videonya ini, berita besarnya bukan hanya melibatkan Ali G sebagai salah satu bintang yang memeriahkan, tapi juga Madonna kartun yang melakukan aksi laga, hingga nge-DJ dengan tangannya yang bertambah banyak. Animator tak lupa untuk menggambarkan celah gigi yang menambah poin kemiripan antara Madonna dan animasinya.


Incubus – Drive

Menggambar diri sendiri? Why not?! Brandon Boyd, vokalis band rock asal California, Amerika Serikat, Incubus, menggambar dirinya sendiri dalam animasi bergerak, berikut beberapa objek lainnya dalam video musik untuk single ‘Drive’. Ini merupakan lagu tersukses dari band ini, dengan angka view yang juga menggambarkan sukses, lebih dari 35 juta di YouTube. Brandon yang asyik menggambar di awal video tampak gusar karena di akhir video, ia menceoret-coret semua gambarnya. Inspirasi video ini datang dari litograf “Drawing Hands” karya seniman asal Belanda, MC Escher.


Mariah Carey – Heartbreaker

Mariah Carey versi kartun sangatlah imut. Ia ditampilkan dalam film layar lebar yang Mariah tengah saksikan dengan teman-temannya di bioskop. Di teater yang sama dengan sang kekasih yang tengah menonton dengan selingkuhannya, yang juga diperankan oleh Mariah sendiri. Video untuk salah satu lagu no.1 Mariah ini penuh dengan dirinya. Bridge rap oleh Jay-Z dimanfaatkan untuk menampilkan gambar kartun imut Mariah itu, berhubung sang rapper tak ditampilkan di dalamnya.

Tinggal di Dunia Pop dan Dunia Disney!

Comments

Leave a Reply

Related Articles

New Release Video | August 18, 2017 By

New Release Video: 18 Aug

Music News | August 14, 2017 By

Bruno Mars Merayu Zendaya Di Video ‘Versace on the Floor’ Yang Sensual

Top 10 Lists | August 11, 2017 By

10 Lagu Hit Summer 2017