Quantcast

It’s The CreativeDisc 12th Anniversary!

By - 1 year ago in Music News Random

Satu dekade telah berlalu. Tidak terasa CreativeDisc memasuki tahun kedua di dekade keduanya pula. Yep. Tepat pada tanggal 24 Agustus 2016 kemarin, weblog musik pertama di Indonesia ini berusia 12 tahun.

Usia 12 masih terbilang muda. Jika di hitungan manusia, ia bisa dikatakan mulai memasuki masa pra-remaja. Sebuah usia jelang pancaroba yang penuh dengan dinamika, tantangan, dan kebimbangan dalam menjelang kedewasaan. Namun jika dalam hitungan internet, usia 12 bisa dikatakan sebagai usia yang sudah cukup… dewasa.

Namun, di usia 12 tahunnya, perjalanan CreativeDisc menuju kemapanan justru bisa dikatakan baru dimulai, mengingat nyaris di sebagian besar dekade pertamanya, CreativeDisc merupakan sebuah weblog sederhana yang mencoba untuk berbagi kecintaan yang sama tentang musik mancanegara ke pembacanya.

Di perjalan usia, langkah CreativeDisc kemudian semakin terpacu untuk menjadi lebih mapan dan matang, yang tujuan akhirnya adalah memuaskan dahaga para pembaca setia akan dinamika perkembangan musik yang terdepan sekaligus bermutu baik.

CreativeDisc pun secara perlahan tapi pasti mengembangkan content tidak hanya sebatas resensi album atau single dan juga tangga lagu, namun juga sudah merambah ke ranah berita musik yang dihadirkan secara rutin, berbagai liputan konser menarik hingga berbagai artikel khas lainnya atau menyediakan berbagai rilisan single dan album yang mungkin agak sulit didapat di Indonesia. Semua disajikan nyaris di sepanjang minggu secara interaktif. Dimana salah satu artikel terfavorite, CreativeDisc Exclusive Single yang hadir setiap hari senin.

Setahun kebelakang ini, CreativeDisc juga menjalin kerjasama baru dengan label international, Hopeless Records yang menaungi beberapa artis ternama seperti All Time Low, Sum 41, Yellowcard dan masih banyak lagi. CreativeDisc terpilih menjadi official distributor untuk penjualan album fisik mereka di Indonesia. Tak hanya itu, CreativeDisc juga mendapatkan kesempatan untuk meng-interview musisi mancanegara, seperti Tegan & Sara, Bastille, The Maine, DJ Soda, Cher Lloyd, Tame Impala, Jai Waetford, Gentle Bones, Sum 41, Red Velvet, Mitchell Rose, The Temper Trap, Yuna, As It Is, Hardwell, David Foster, 5 Seconds of Summer, The Vamps, With Confidence, Harris J, Broods, dan masih banyak lagi. Semua itu terwujud berkat kerjasama dengan label dan juga promotor terkait.

creativedisc12tahun

Saya sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu “kru lama” di CreativeDisc. Merasa beruntung bisa terlibat dan menjadi saksi tumbuh kembang CreativeDisc semenjak bergabung di tahun 2010 yang lalu. Yep, ternyata saya sudah bersama di separuh usia CreativeDisc.

Di sepanjang kebersamaan bersama mas Welly selaku kapten tim CreativeDisc, kami selalu berupaya menemukan formula agar materi yang ditawarkan CreativeDisc menjadi sesuatu yang beda sekaligus informatif. Bukan tanpa cacat cela. Bagaimanapun saya masih dan akan tetap belajar bagaimana menyajikan yang terbaik bagi para pembaca setia CreativeDisc. Tanpa bermaksud mengumbar diri, namun 6 tahun bersama-sama sudah membuat CreativeDisc sebagai rumah kedua, di mana saya juga tumbuh besar bersamanya.

Tentu saja masih banyak yang perlu dibenahi oleh CreativeDisc agar kemasannya bisa tampil dengan lebih memuaskan. Masih banyak pekerjaan rumah agar content dan layanan yang ditawarkan CreativeDisc bisa lebih beragam dan mendalam. Tentunya perjalanan masih panjang dan untuk itu CreativeDisc tetap memerlukan bimbingan, saran hingga kritik dari berbagai pihak, terutama pembaca setia agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Dalam kesempatan ini izinkan kami untuk mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang dengan penuh perhatian menjadi mitra yang turut memberikan kontribusi dan dukungan, pada perkembangan CreativeDisc selama ini.

  • Para pembaca setia CreativeDisc, terutama yang setia bersama selama 12 tahun terakhir ini. Semua yang sudah menyempatkan diri menulis di kolom komentar, berinteraksi di sosial media (Twitter/Facebook), yang mengikuti kuis, yang membeli CD, hingga yang hanya membaca secara senyap. Sekali lagi terima kasih. CreativeDisc besar karena kalian!
  • Label musik di Indonesia: Sony Music Entertainment Indonesia, Warner Music Indonesia, dan Universal Music Indonesia
  • Para Promotor Konser: Kiosplay, Java Fest Pro, Marygops Studios, W Productions, Sound Rhythm, Ismaya Live, Mahana Live, Dyandra Entertainment, Full Color Party, SH Entertainment dan lain-lain.
  • Para MD hits di radio-radio: Julee, Wibi (MD Phoenix Radio), Awan Yudha (Ardan FM), Erli (Pinguin FM), Erwin (Giss Radio), Aga (Cassanova FM), Sugi (Istara FM), Iko (Madama Radio), HeGun (Kuta Radio), Dhani (Kisi FM, Bogor), Bonny Prasetya (Swaragama FM), Kristin Aurelia (Imelda FM), Gibral (M Radio), Ikhsan Wardhana (Radio-M), Willyus Tinus (Kalaweit FM), Hotman (Produa Bandung), Reza Aditya (Produa Semarang), Egha Aulia (J Radio), Said Luthfi (Flamboyant FM), Rangga (Guntur FM), Vincentius (Soka Radio), Benkq (SBI Radio), Netmediatama, Metro TV, Summarecon Mal Bekasi, Foundry8 dan lain-lain (mohon maaf jika ada yang belum tersebut).
  • Para media partner dan fanbase
  • Desainer poster: Handy Kara
  • Webmaster: Abdyka & Soyuzno
  • Serta tentunya para kontributor CreativeDisc yang telah memperkaya isi: Ai Hasibuan, Danie Cung Cung, iQko, Titaz, Timmy, Luthfi, William Supardi, Rendy, Sheyla,Reni Fitriah, Pradita Annissa, Shafiq, Dundhee, Retha, Jose, Budi Susanto, Ivy, Verdy, Jeni, Jessica, Corry, Wery,Ron, Prinka, Izan dan lainnnya.

Sekali lagi, selamat ulang tahun ke-12 CreativeDisc. Jaya dan sukses selalu. Semoga senantiasa menjadi yang terkemuka menjadi agen informasi musik mancanegara di Indoneaia.

Untuk memeriahkan ulang tahunnya, CreativeDisc mengundang kalian untuk datang di acara #CreativeDisc12thAnniversary party, yang akan diadakan pada tanggal 27 Agustus, pukul 3 sore di Pakuwon Trade Center lantai UG E8-18, dimana acara ini bakal di host oleh Lauretha dan Dundhee Yuwono. Disini kalian bisa bertemu dengan tim CreativeDisc, games untuk mendapatkan hadiah CD, dan juga diskon spesial di toko CreativeDisc. See you there!

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

2 Responses to “It’s The CreativeDisc 12th Anniversary!”

  1. Herry Wibowo says:

    Congratulations for “Creative Disc”….. sayang banget karena aq ga’ ngikutin CD dari awal2nya, saya baru ngikutin CD itu mulai dari waktu beberapa bulan setelah blog “Daily HOt” berhenti… dulu sempet kecewa karena DailyHot is the fastest music source ever…. especially for me, lengkap dengan link donlot nya. apalagi disana juga ada hits Indonesia nya juga…. it’s the perfect blog ever…. setelah hilang finally I find Creative disc… awalnya agak kurang begitu suka karena ga ada info Indo Hits nya…. tapi lama kelamaan jadi kecanduan buka creative disc… karena chart nya komplit dari berbagai daerah.di Indonesia… dulu saya sempet suka “Time Tunnel”… tapi skrg sudah jarang….. boleh dong rubriknya ditambah “90’s Single of the Day” lumayan tuk merefresh ingetan music lover dengan lagu2 di era 90-an…. and once again Happy Birthday Creative Disc … wish u all the best….. keep spirit….. by.WongPalembang

  2. Ricky Bachtiar says:

    Happy 12th Annyversary CreativeDisc
    maaf klo telat
    Saya inget banget pertama kali tahu & buka creativedisc itu di tahun 2009 pas SMA
    awalny niat nyari chart Ardan Flight 40
    ternyata di CreativeDisc ada juga chart radio lain walaupun sayangny skarang radio ny g sebanyak dulu
    dan yang pasti gak akan kelewat setiap mingguny adalah CDES yang saya jadikan acuan lagu baru untuk playlist lagu saya
    saran saya sih smoga aja ada content baru yang isiny memperkenalkan musisi yang belum terlalu dikenal atau istilahny well-unknown Artist jadi lebih luas lagi knowledge music yang bisa dibagi sama pembaca
    sekali lagi Happy Birthday CreativeDisc Wish You All the Best
    Selalu Menjadi Yang Terbaik

Leave a Reply

Related Articles

Music News | October 18, 2017 By

Liam Payne Sajikan Teaser Untuk Single Solo Keduanya, ‘Bedroom Floor’

Music News | By

Rayakan 25 Tahun Usianya, Album Debut No Doubt Akan Dirilis Ke Dalam Bentuk Vinyl Untuk Pertama Kalinya

Music News | By

Solange Knowles Dan Bruno Mars Dominasi Nominasi Soul Train Awards 2017