Quantcast

Album Of The Day : G-Dragon – “Kwon Ji Yong”

By - 6 months ago in Album of The Day

Nyaris lebih dari tiga tahun setelah G-Dragon merilis album solo ketiganya, “Coup de Etat”. Setelah dalam kurun waktu tersebut G-Dragon menghabiskan waktu dengan berfokus pada perilisan album, promosi, dan world tour bersama Big Bang, kali ini sang rapper kembali dengan album (EP) terbaru.

“Kwon Ji Yong” menjadi self-titled EP pertama dari G-Dragon. Sekaligus, mungkin menjadi album yang paling emosional dan paling personal.

EP “Kwon Ji Yong” sudah didengungkan oleh agensi YG Entertainment sejak akhir tahun lalu. Bersamaan dengan pengumuman hiatus Big Bang selama dua tahun. Selama beberapa bulan, fans pun diberikan sedikit update dari waktu ke waktu mengenai proses penyelesaian album. Mulai dari ketika G-Dragon mulai sibuk di dapur rekaman (hingga saat itu, tak sempat mengurus diri sendiri dan tumbuh cambang lebat). Hingga proses syuting musik video untuk title track, yang kala itu adalah Bullsh*t.

Bahkan, ketika proses pergantian title track menjadi Untitled, 2014 pun fans diberikan update. Termasuk bagaimana proses syuting musik video “serba dadakan” yang hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Kedekatan G-Dragon selama proses pembuatan EP “Kwon Ji Yong” ini dengan fans, menjadikan album (yang judulnya diambil dari nama asli G-Dragon tersebut) memiliki makna dalam untuk fans dan sang penyanyi sendiri.

EP “Kwon Ji Yong” dibuka dengan outro, Middle Finger Up yang memiliki judul lain Kwon Ji Yong. Lagu ini seakan menjadi acungan jari tengah dari G-Dragon untuk para haters diluar sana. Sekaligus, sedikit sarana mempromosikan lineup merk fashion miliknya, Peace Minus One. Musik hip hop trap yang diberikan oleh G-Dragon (sebagai penulis lagu dan produser) untuk lagu ini membawa sebuah aura baru. Yang menyenangkan.

Track kedua, atau ACT I  memiliki judul Bullsh*t atau Gaesoli. Mendengarkan lagu ini, secara selintas memang mau tak mau teringat dengan sederet single solo G-Dragon lain. Baik itu di Big Bang atau di album sebelumnya. Musik yang raw, dengan suara rap G-Dragon yang unik mewarnai lagu ini. Unsur familiar di lagu ini pun tak mengherankan bila melihat deretan s0sok dibalik produksi Bullsh*t sendiri. Yang mana selain G-Dragon, juga ada Teddy, Cawlr, Future Bounce, Choice37, dan 24.

Liriknya? Sebuah shout-out untuk para musisi baru (beserta fans mereka) yang seakan ingin merendahkan G-Dragon. King indeed!

ACT II menghadirkan Super Star. Sebuah lagu hip hop dengan banger khas lagu produksi dari G-Dragon dan Teddy yang memiliki lirik yang menyentuh. G-Dragon seakan “menelanjangi” dirinya sendiri dalam lirik yang lebih serupa buku harian tersebut. Rapper, fashionista, leader, produser dan pencipta lagu ini pun menunjukan dirinya “masih manusia” dan meluapkan rasa kesepiannya melalui Super Star.

Terlebih ketika dalam bagian verse, G-Dragon menyanyikan “I need somebody. Ain’t got nobody. Any godd*mn body. Hello?,” Sebuah club-song dengan lirik yang dalam.

Beralih pada track ketiga atau ACT III, terdapat main track Untitled, 2014. Lagu ini, dipilih berdasarkan banyak alasan. Salah satunya terkait kondisi Big Bang sendiri yang guncang dengan skandal T.O.P. Untitled, 2014 sebenarnya merupakan tipe lagu yang mungkin (bisa saja) dirilis oleh G-Dragon di tahun 2012 lalu untuk album, “One Of A Kind”.

Dimana ketika itu, dan beberapa tahun setelahnya, G-Dragon menunjukan sisi vulnerable dari dirinya. Sebuah lagu patah hati, keputusasaan, kekecewaan, kebencian pada diri sendiri, serta penyesalan yang panjang dan menyakitkan. Fans atau pun bukan, Untitled, 2014 sudah pasti menjadi lagu favorite untuk pendengar.

Sebagai outro terdapat track Divina Commedia yang lagi-lagi menghadirkan sisi lain dari G-Dragon. Lagu ini sendiri, meski mendapat paling sedikit perhatian dari pendengar dan fans. Padahal, sama seperti Super Star lagu ini lebih pada curahan hati seorang Kwon Ji Yong. Terlepas dari glamorisasi kehidupannya sebagai super star. Betapa, ia melihat hidup hanya sebagai “divine comedy”. Serta tentunya, broken-hearted lirik ketika G-Dragon mendendangkan lirik, “Ibu, jangan khawatir. Aku bukanlah masalah,”

Keseluruhan EP ini pun berbeda dari kebanyakan album lain, hadir dalam bentuk USB drive. Sebuah inovasi!

Track list “Kwon Ji Yong”

  1. Middle Fingers Up
  2. BULLSH*T
  3. Super Star
  4. Untitled, 2014
  5. Divina Commedia

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | November 25, 2017 By

Why Don’t We Umumkan Perilisan Album Natal “A Why Don’t We Christmas”

Music News | November 24, 2017 By

BTS Luncurkan MV ‘Mic Drop’ Versi Remix Steve Aoki dan Desiigner

Music News | November 22, 2017 By

Agnez Mo Umumkan Bakal Tampil di Premier MNET Asian Music Awards 2017 di Vietnam