Quantcast

Album of the Day: Samuel Kim – Sixteen

By - 4 weeks ago in Album of The Day

Diantara banyak trainee yang mengikuti ajang survival show Produce 101 season 2, Samuel Kim menjadi nama yang paling banyak diperbincangkan. Berhasil lolos hingga ke babak final namun akhirnya tergeser di peringkat 18, Samuel gagal masuk ke dalam group pemenang dari acara tersebut bersama trainee lain di Top 11.

Tak patah semangat, trainee dari Brave Entertainment yang baru berusia 16 tahun tersebut menjanjikan tetap akan debut sebagai soloist. Album “Sixteen” yang dirilis pada 2 Agustus 2017 lalu ini pun menjadi album debut bagi sang idol.

“Sixteen” merupakan mini debut album pertama dari Samuel Kim yang terdiri dari 6 track berbeda. Secara selintas, album ini nampak menjanjikan dengan adanya sederet nama yang menghiasi. Mulai dari soloist lulusan Produce 101 season 1, Kim Chungha, hingga rapper Changmo. Selain itu, Samuel juga menyebut album “Sixteen” memiliki elemen musik yang terinspirasi dari Chris Brown dan Justin Bieber.

Jewel Box menjadi track pertama yang membuka album ini. Sebagai lagu pertama, Jewel Box langsung memberikan gambaran genre apa yang dipilih Samuel dan Brave Entertainment untuk album “Sixteen”. Unsur hip hop bercampur pop menjadi warna tersendiri yang mempersiapkan sebelum pendengar masuk ke track berikutnya, Sixteen yang menjadi track utama.

Track unggulan Sixteen berkisah mengenai cinta pertama yang manis. Perkenalan serta semua kisah yang manis di masa muda. Sayangnya, dengan banyaknya talenta yang dimiliki, entah bagaimana Samuel justru menyisipkan banyak auto tune untuk track kedua ini. Bahkan auto tune pun diberikan pada beberapa bagian vokal di lagu-lagu berikutnya.

Unsur auto tune yang kental pun masih disampirkan menutupi vokal dari Samuel di track berikutnya, I Got It. Meski harus diakui, musik hip hop yang terasa old school dari lagu ini dan track kelima, 123 menjadi hal yang patut diacungi jempol. Walau rasanya tak cukup memberikan impresi yang tepat untuk sebuah album debut.

With U yang merupakan lagu kolaborasi dengan Chungha sedikit memberi unsur musik lain dari album “Sixteen”. Track ini mengusung mid tempo yang terdengar manis berpadu dengan vokal dari Chungha. Meski lagi-lagi, suara auto tune dari Samuel menjadi sebuah distraksi yang tak bisa ditepikan begitu saja.

Lagu With U menjadi track kedua yang dibawakan oleh Samuel dan Chungha di beberapa  acara musik. Koreografi dance dari dua mantan trainee Produce 101 yang berkarir menjadi soloist ini cukup membuat aksi panggung yang menyenangkan dan ditunggu.

I’m Ready menjadi track terakhir dari album “Sixteen” dan meski judulnya (dan liriknya) menunjukan bagaimana Samuel sudah siap, namun sepertinya suara dari vokalis 16 tahun ini masih belum menunjukan kesiapan tersebut.

Meski secara keseluruhan album debut dari Samuel tak bisa dibilang memuaskan, namun “Sixteen” tetap menjadi awal yang manis untuk karir Samuel di industri musik Korea Selatan. Terlebih saat ini kabarnya Samuel sudah menggarap album kedua yang akan dirilis akhir tahun nanti.

Tracklist “Sixteen”

1. Jewel Box
2. Sixteen (Feat. Changmo) *
3. I Got It (Feat. Maboos)
4. With U (Feat. Chung Ha)
5. 123 (Feat. Maboos)
6. I’m Ready)

extremely loud, music enthusiast, and proud mother of 3 kittens

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | September 25, 2017 By

Taeyang ‘Big Bang’ Bakal Gelar Konser World Tour 2017 “White Night” di Jakarta

Album of The Day | By

Album of the Day: GFRIEND “Rainbow”

Album of The Day | September 23, 2017 By

Album of the Day: Bobby “Love and Fall”