Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ken Hirai – Ken’s Bar II
Album of The Day

Album of The Day: Ken Hirai – Ken’s Bar II 

PhotobucketDalam album Ken’s Bar II, kita akan diajak masuk ke dalam suasana ”bar” atau ”lounge” yang ingin disampaikan oleh Ken. Sayapun merasakannya. Dengan perombakan total lagu-lagu didalam album ini, membuat gambaran suasana bar yang gelap, akrab, syahdu, pelan-pelan mengalir melalui track-track dan suara Ken Hirai. Versi hiperbolanya? Saya seperti berada di dalam bar-bar tempat para mafia dalam film The Godfather sedang berkumpul dan memutuskan untuk membunuh siapa lagi kali ini.
Saya suka konsep opening tracknya, suara orang-orang berbicara dan menggumam kemudian ditimpa dengan suara orang berjalan didalam suatu ruangan. Saatnya diam dan mendengarkan appetizer pertama dari sang artis. Track Even If (Instrumental), kemudian hadir tanpa rasa dan membiarkan penasaran semakin membuncah. Seperti apakah penampilan sang artis?
Jawabannya adalah sebuah malam yang sempurna di sebuah lounge ditemani dengan lagu-lagu berkualitas yang dirombak total. Salah satunya adalah track ”LOVE ~Destiny~” milik Ayumi Hamasaki. Dibantu oleh iringan piano Masaru Suzuki, pelan-pelan karakter vokal Ken semakin menguat dan terdengar sangat superior. Waktu selama 5 menit 15 detik menjadi sangat pendek ketika menikmati track ini. Selama itukah?
Haha! Itulah salah satu keistimewaan album ini. Sulap yang diberikannya untuk menghadirkan suasana ”lounge” begitu pekat dengan track-track panjang tetapi tidak membosankan. Dengarkan saja “New York State of Mind” milik Billie Joel. Diiringi alunan piano, Hirai berusaha memunculkan suasana yang baru selama 6 menit penampilannya. Dengan konsep piano solo di beberapa bagian dan vokal yang semakin menghayati di bagian akhir lagu. Mantap!
Album ini bisa dibagi dalam dua bagian. Secara konsep serta komposisi album. Secara konsep, Ken Hirai berusaha mengcover lagu-lagu dari Jepang seperti track ”Shiroi Koibitotachi”, track ”Boku ga donna ni kimi wo suki ka, kimi wa shira nai” dan track ”Wakare uta”. Tak lupa juga ada lagu-lagu dari barat yang menrupakan kesenangan dari Ken Hirai. Seperti “Lately” dari Stevie Wonder, “Desperado” milik the Eagles sampai “Because Of You” milik Ne Yo.
Secara komposisi, album ini terdiri dari track-track yang lembut pada setengah perjalanan pertama. Setelah track ”Intermission” barulah track-tracknya tidak didominasi oleh iringan satu alat musik saja, tetapi merupakan satu komposisi lengkap dengan tambahan dua sampai tiga alat musik lainnya.
Ada beberapa track yang sangat kuat dalam album ini. Seperti ”Shiroi Koibitotachi” yang merupakan lagu dari Keisuke Kuwata, frontman band kesayangannya Southern All Star. Konsep lagu rock dalam versi aslinya langsung dibuat luruh dengan suasana ballad plus range vokal Ken Hirai yang bermain di pitch-pitch tinggi. Plus track ”Heart of Mine” yang merupakan lagu milik the Boz Scaggs. Dengan konsep mid-tempo jazz, Hirai berusaha hadir dengan modelnya sendiri. Alunan terompet dan suara smooth Ken Hirai plus suara dua pada bagian reffrain membuat track ini sangat memorable. Track ”Because Of You” yang dipilih sebagai single perdana pun hadir dengan bentuknya sendiri. Walaupun orang tahu ada banyak ”beat” yang hilang ketika sebuah lagu R&B di convert dalam bentuk ballad, rasanya Ne-Yo tidak akan keberatan dengan lagu ini. Karena dari segi emosi, track ini menghadirkan warna yang sama.
Saya agak teriritasi dengan track ”Wakare uta” karena rasanya agak miss-cast dalam album ini. Konsep albumnya agak hilang dengan suasana folk digabung dengan suasana country dalam track ini. Penampilan Masamune Kusano justru membuat vokal Ken menjadi tertindih dan menjadi tidak jelas. Penampilan duet juga dihadirkan melalui track ”Lately” dengan penampilan Frank McComb. Bermain di daerah middle, kedua karakter vokal ini membangun image yang dulu ditampilkan oleh Stevie Wonder. Dengan masing-masing memainkan porsi yang pas, track ini terasa sangat nyaman ditelinga.
Overall album ini layak menjadi salah satu koleksi. Kalau anda jenuh dengan suasana ”lounge” dan bertemu banyak orang, silahkan ambil album ini dan hadirkan suasana itu hanya milik anda sendiri. Walaupun belum bisa menyamai ”nyawa” lagu yang ditawarkan oleh penyanyi aslinya, toh setidaknya vokal Ken Hirai yang kuat bisa menjadi signature tersendiri dalam membawakan karya-karyanya.
(iQko / CreativeDisc Contributors)
Track List “Ken’s Bar II”:

* 01. Open
* 02. Even If (Instrumental)
* 03. New York State Of Mind
* 04. Boku Ga Donna Ni Kimi Wo Sukika.Kimi Ha Shiranai
* 05. Love -Destiny-
* 06. Desperado
* 07. Moon River
* 08. Intermission
* 09. Because Of You
* 10. Lately
* 11. Wakare Uta
* 12. Heart Of Mine
* 13. Shiroi Koibito Tachi
* 14. Close
* 15. Stardust

Related posts

Leave a Reply