Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Limp Bizkit
Time Tunnel

Time Tunnel: Limp Bizkit 

Photobucket
Limp Bizkit adalah band asal Florida, Amerika Serikat yang mengusung aliran Nu Metal di tahun 90’an. Band ini originalnya dibentuk di tahun 1994 dengan anggota Fred Durst, Sam Rivers, John Otto, dan Wes Borland. Di awal karir, mereka sudah mendekatkan diri dengan band yang lebih duluan eksis, yaitu Korn. Sebenarnya dari sinilah nantinya Limp Bizkit bisa nembus industri rekaman, karena demo mereka yang berisi lagu2 yang kemudian jadi hit, kayak Counterfeit, diperkenalkan kepada produser yang juga memproduseri Korn. Apa enggak hebat tuch? Dan dari sini, mereka juga terbawa2 ke kesuksesan lainnya. Sebut aja kayak nebeng sukses bareng Garbage, tur ama Deftones dan House of Pain, yang kemudian mendekatkan mereka pada anggota terakhir dalam tim, yaitu DJ Lethal!
Keseriusan Limp Bizkit dalam industri rekaman adalah saat mereka berhasil merilis album Three Dollar Bill, Y’all$ di tanggal 1 Juli 1997 di bawah label Interscope. Disini, musik mereka udah lebih komersil. Karena mereka mencampurkan Nu Metal sebagai unsur utama ditambah rapcore sebagai cita rasa. Hasilnya? Album ini menduduki posisi 22 di Billboard Hot 100 chart dan berhasil meraih plakat double platinum. Ck ck ck… Benar2 prestasi. 13 track yang disediakan terdengar sangat menjanjikan. Apalagi satu lagu cover version-nya George Michael yang berjudul Faith! Pasti sampai sekarang masih terasa dentuman garang dan jeritan hardcoenya kan?! Membuat lagu ini jadi kayak everlasting rock song dan enggak lekang dimakan jaman! Dan ini jugalah yang menjadi jalan mulus untuk mereka supaya terus bisa berkarya di dunia musik!
Album kedua berjudul Siginificant Other pun diluncurkan di 22 Juni 1999. Disini semakin banyak lagu yang bisa melambungkan nama Limp Bizkit! Sebut! Nookie, Re-Arranged, N 2 Gether Now, dan Break Stuff! Album ini sudah lebih kompleks dan lebih mampu untuk menuju puncak. Buktinya, debut di nomor satu dengan nagka penjualan 634.000 kopi, dan sampai sekarang album ini terjual sebanyak 7,5 juta kopi seluruh dunia. W-O-W! What a number! Dan nama2 musisi yang muncul membantu band ini juga udah semakin beragam. Stone Temple Pilots, Korn, Method Man, dan System Of A Down. Heboh kan?! Emang!! Bahkan band ini smapai menjadi the most wanted performer di ajang Woodstock 1999. Tapi ada side effectnya. Dikatakan bahwa penampilan mereka di ajang tersebut yang membawakan lagu Break Stuff menjadi pemicu terjadinya berbagai tindak pemerkosaan dan kriminalitas seksual lainnya pasca konser. Wah wah wah… Lebih hebat lagi, band ini kemudian bermasalah dengan musisi metal lainnya, kayak Slipknot, Zakk Wylde, Creed, Taproot, hingga Eminem. Tapi namanya kontroversi juga bisa sedikit bagus untuk mendongkrak popularitas. Toh akhirnya band ini sanggup melanjutkan perjalanan mereka hingga ke album Chocolate Starfish and the Hotdog Flavoured Water di 15 Oktober tahun 2000. Luar biasanya, angka 1,05juta kopi tercatat sebagai penjualan di minggu pertamanya! Dan hingga kini ga kurang dari 6 juta kopi terjual di Amrik saja. Inilah puncak karir Limp Bizkit!!
Sampai disitu, formasi band masih solid. Tapi kemudian di tahun 2001, Wes Borland memutuskan untuk mengundurkan diri dari jajaran salah satu band papan atas ini dengan alasan masalah pribadi antara dirinya dengan Fred Durst. Paling ga band ini bisa bertahan dan merilis Results May Vary di 23 September 2003 dengan formasi DJ Lethal, Fread Durst, John Otto, Sam Rivers, Brian Welch, dan Mike Smith. Hasilnya lumayan mengecewakan. Peak di nomor 3 Billboard Hot 200 Albums dan berhasil meraih peringkat platinum di tahun 2004. Ini sangat kontras jika dibandingkat proyek mereka yang sebelumnya, kan?! Hingga akhirnya Wes Borland menyatakan kembali bergabung dengan band, dan dirilislah The Unquestionable Truth (Part 1) sebuah EP di 2 Mei 2005 dan terjual lebih dari 1 juta kopi di seluruh dunia. Bukannya membaik, tapi tetap tidak begitu menggembirakan bagi band ini, yang akhirnya membawa mereka untuk membuat keputusan hiatus secara merilis Greatest Hits di tahun yang sama. Tapi ternyata, Wes Borland kecewa dengan proyek Limp Bizkit setelah kembali bergabungnya dirinya. Dia memberi pertanyaan “a piece of shit and a waste of money.” kepada proyek Greatest Hits tersebut, dan akhirnya mengundurkan diri untuk kedua kalinya. Memang bukan masa berjayanya lagi.
Tapi di tahun 2008, tanda2 kehidupan Limp Bizkit udah mulai terasa. Penampilan live mereka di tahun 2001 lalu dirilis dalam bentuk DVD di tahun 2008, dan mereka berkomitmen ulang untuk kembali mengambil alih perhatian dunia melalui musiknya, bukan kontroversinya. Berikut pernyataannya. “We decided we were more disgusted and bored with the state of heavy popular music than we were with each other. Regardless of where our separate paths have taken us, we recognize there is a powerful and unique energy with this particular group of people we have not found anywhere else. This is why Limp Bizkit is back.” Nah, buat kalian yang mengaku penggemar berat imp Bizkit, udah bisa gembira ria. Karena Limp Bizkit akan menghentak dunia kalian, sebentar lagi!!
(Ai Hasibuan / Creative Disc Contributors)

Studio albums:
* Three Dollar Bill, Yall$ (1997)
* Significant Other (1999)
* Chocolate Starfish and the Hot Dog Flavored Water (2000)
* Results May Vary (2003)
* The Unquestionable Truth (Part 1) (2005)

Related posts

Leave a Reply