Trending News

Blog Post

Album of The Day: Imogen Heap – Ellipse
Album of The Day

Album of The Day: Imogen Heap – Ellipse 

Photobucket Penyanyi yang bernama lengkap Imogen Jennifer Jane Heap yang sudah mengawali karir solonya lewat album “i Megaphone” (1997) dan membuat band Frou Frou bareng Guy Sigsworth yang sayangnya tidak bertahan lama lalu mengeluarkan album lagi “Speak For Yourself” [2005] dan yang paling baru adalah “Ellipse” (2009).

Di situs metacritic.com album ini mendapat nilai 70 dari yang paling tinggi 100 berdasarkan dari 12 review. allmusic.com memuji album ini dengan mengatakan “Ellipse is some of her most wide-ranging work, physically and musically speaking.”. Yak,langsung aja kita menguak album Ellipse ini

“First Train Home” yang menjadi pembuka sekaligus menjadi track pertama di album ini amat sangat catchy, gampang dicerna dengan beat yang unik dan gak biasa dan bisa mengikuti kesuksesan “Goodnight And Go”. “Wait It Out” bernuansa dark di awal cocok dengan karakter suara Heap yang lirih dan jazzy tapi di akhir lagu ada beat yang bergairah sebelum menjadi dark kembali. Ingin mendengar Heap bermain di ‘setengah akapela’ ada di “Earth”, rada Bjork karena memasukkan unsur etnis disini. Judul dengan aroma musiknya juga nyambung karena memasukkan bunyi-bunyian tradisional yang membuat lagu ini juga kerasa aroma Earthnya.

Dentingan piano menyelimuti lagu “Little Bird” dari awal sampai akhir lagu ini terdengar begitu polos tanpa campur tangan beat elektronik. “Swoon”, mengajak kita menghentakkan kaki dengan beat ala 80an ,yah mau gak mau saya harus menghakimi lagu ini mirip dengan La Roux yang seolah nyanyi bersama Imogen Heap, tarikan suara dia yang mantap lagi-lagi memukau saya. Biola menjadi soft opening di “Tidal”, nah setelah yang tadi jadul sekarang musiknya langsung kekinian permainan elektronik, sedikit synth (dan beberapa bunyi chiptunes) membuat lagu ini cukup untuk setidaknya mengerakkan kaki.

“Between Sheets”, bermain di soft pop amat sendu dan (lagi-lagi) tak ada beat electronic di sini yang ada hanya dia, kesenduannya dan beberapa program komputer untuk membuat musik. “2 – 1”, bermain slow dan (lagi-lagi) muram. Di “Bad Body Double” disini kita bisa melihat Imogen Heap yang menunjukkan kemampuan semi rap nya, sekilas juga mendengarkan track ini sedikit mengingatkan kita akan nuansa Regina Spektor but more beat electronic inside this song.

“Aha!”, bermain cepat dan rapat dengan adanya bunyi string dan biola membuat kita berasa di gedung opera saat mendengarkan lagu ini. Track instrumentalia disuguhkan Imogen Heap di lagu “The Fire” suara percikan api ditambah dentingan piano membuat lagu ini semakin hangat apalagi jika kamu lagi merasa kedinginan mendengar lagu ini sambil meminum minuman yang hangat tambah menambah kehangatan deh. “Canvas” yang disiapkan menjadi penutup benar-benar indah dan polos tidak ada instrumen lain yang terdengar kecuali piano suara Imogen Heap memuncaki kelirihannya dengan lagu ini.

Ada cerita unik dibalik pembuatan album ini, yang pertama adalah copy buat promosi album ini ternyata muncul di situs lelang eBay, mencoba untuk mengklaim albumnya Heap langsung menawar hanya £10,000,000 (jika 1 pound dihargai Rp.17.000 maka kurang lebih dia menawar Rp.170 Miliar) dan akhirnya eBay menutup lelang tersebut.

On my own review, album ini merupakan sisi muram dari Imogen Heap daripada album sebelumnya yaitu “Speak For Yourself” yang lebih ceria dan gembira. Ternyata album ini juga tidak sepenuhnya electronic malah album ini menunjukkan The Darkness of Imogen Heap. Dia juga mendapatkan vokal terbaiknya di album ini suaranya dia yang jazzy bisa menyatu dengan dentuman musik pianonya. Jika kamu ingin mendengarkan sesuatu yang beda dari mbak Heap kamu boleh memasukkan album ini dalam list album yang harus dibeli. (Luthfi)

TRACK LIST:
1. “First Train Home” 4:13
2. “Wait It Out” 3:57
3. “Earth” 3:35
4. “Little Bird” 4:08
5. “Swoon” 3:54
6. “Tidal” 3:52
7. “Between Sheets” 2:54
8. “2-1” 4:42
9. “Bad Body Double” 4:07
10. “Aha!” 2:27
11. “The Fire” 1:09
12. “Canvas” 4:54
13. “Half Life” 4:02

Related posts

Leave a Reply