Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ledisi – Turn Me Loose
Album of The Day

Album of The Day: Ledisi – Turn Me Loose 

PhotobucketPerjalanan karir musik wanita dengan nama Ledisi Anibade Young ini tidak tergolong mulus. Sempat merilis album independent pada tahun 2001, dan tergabung dalam grup Anibade yang pada tahun 1995 dan sangat sulit mendapatkan kontrak dengan label terkenal, hingga akhirnya pada tahun 2007 Ledisi berhasil menandatangani kontrak dengan label musik jazz terkenal, Verve Forecast (di Indonesia di rilis Universal) dan membawanya meraih 2 nominasi grammy, dan berlanjut merilis album natal pada tahun 2008. Dengan mencampuradukan musik R&B, soul, jazz, neo soul dan gospel, membuat karakter musik pada setiap albumnya terdengar unik dan sedap untuk dinikmati.

Album studio ke empatnya “Turn Me Loose” ini agak sedikit berbeda dari album ketiganya terdahulu “Lost & Found”, dimana pada setiap musiknya lebih cenderung ke R&B bahkan sedikit “rock” meski tidak terlalu kentara, namun balutan Jazz masih mengiringi beberapa track lagunya. Dibantu beberapa produser terkenal seperti Raphael Saddiq & Jimmy Jam dan Terry Lewis, ditambah Ledisi yang juga menulis beberapa lagu membuat album keempat ini memiliki sedikit perubahan. Dibuka dengan track “Runnin'” yang sedikit menghentak dibalut dengan musik R&B, Jazz yang akan membuat semangat. “Everything Changes”, “Turn Me Loose”, “Please Stay” masih memiliki persamaan karakter dengan track pertama. Lanjut pada “Higher Than This”, “Alone” dan “Love Never Changes” “Goin’ Thru Changes” “Say No” dimana pada intronya memiiki irama soul yang cukup kuat. “I Need Love” sangat kentara nuansa R&B-nya.

“Trippin'” memiliki karakter yang agak kalem setelah disuguhi beberapa track yang cukup meriah. Ditutup dengan “The Answer to Why” yang hampir terdengar gospel, sangat asik sekali dinikmati, dibalut dengan alunan perkusi membuat perfect single ini. Sebagai tambahan, “Them Changes” diberikan untuk bonus track. Secara keseluruhan, hampir 70% album “Turn Me Loose” ini sangat ramai dan meriah, hingga karakter R&B menjadi bercampur aduk ditambah dengan berbagai instrumen musik yang mebuat semakin ramai. Vokal Ledisi sendiri disini lebih banyak di explore, yakni dibuat lebih tinggi. Cukup bagus namun agak sedikit menggangu karena Ledisi serasa memberikan sentuhan vokal yang berlebihan pada beberapa tracknya. Jika mendengarkan secara terus menerus, mungkin akan agak sedikit membosankan dikarenakan hampir pada beberapa musiknya memiliki persamaan. Sangat berbeda pada album sebelumnya. “Lost & Found” yang lebih kalem namun sangat berkarakter kuat dan sangat terasa nuansa Jazznya. Namun tidak ada salahnya untuk menikmati Ledisi dari sisi yang berbeda pada album ini, dan recommended for music jazz lovers.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. Runnin’ 2:18
2. Everything Changes 4:00
3. Turn Me Loose 4:18
4. Higher Than This 4:54
5. Alone 4:18
6. Love Never Changes 3:50
7. Please Stay 3:47
8. Knockin’ 3:45
9. Say No 3:43
10. Goin’ Thru Changes 4:45
11. I Need Love 4:01
12. Trippin’ 2:57
13. The Answer to Why 3:04
14. Them Changes (Bonus Track) 4:06

Related posts

Leave a Reply