Trending News

Blog Post

Album Of The Day: New Moon – Original Motion Picture Soundtrack
Album of The Day

Album Of The Day: New Moon – Original Motion Picture Soundtrack 

PhotobucketSudah sangat wajib hukumnya untuk setiap film bioskop yang tayang, membuat sebuah album kompilasi atau dengan kata lain Original Soundtrack. Banyak yang mengatakan kesuksesan sebuah film, bisa menjadi patokan suksesnya album soundtrack tersebut, dan hal tesebut berlaku buat proyek franchise Twilight Saga, dimana pada film utamanya yang berjudul sama, yakni Twilight, berhasil meraup kesuksesan luar biasa, baik dari film mau pun soundtracknya. Soundtracknya sendiripun sukses sebelum filmnya dirilis.

Lalu bagaimana dengan sequel film tersebut, New Moon yang filmnya akan dirilis pasaran pada bulan November tanggal 20 nanti, apakah akan mengulangi hal yang sama? Semuanya itu tergantung dari pemilihan materi album tersebut seperti apa. Masih mengandalkan produser yang sama, Alexandra Patsavas, tampaknya sanger selektif dalam memasukan berbagai musisi yang filmnya kemungkinan besar akan meraih Box Office ini.

Masih mengandalkan aliran musik rock, alternative, Indie rock, dan Alternative rock, tidak begitu jauh berbeda dengan soundtrack sebelumnya, dengan berisikan 15 track pada album ini, memang cukup banyak untuk ukuran soundtrack saat ini, yang sebelumnya pada Twilight, hanya berisikan 12 lagu. Mengandalkan beberapa grup dan penyanyi yang sudah cukup mumpuni, apakah akan membuat penjualan album ini meningkat? Dibuka dengan “Meet Me on the Equinox” yang dibawakan Death Cab for Cutie, yang juga dikenal sebagai band rock indie, terasa kurang sangat pas menurut saya. Berlanjut dengan “Friends” dari Band of Skulls, lumayan cukup menendang dengan intro gitar rock pada awalnya. “Hearing Damage” yang dibawakan Thom Yorke dengan beat alternative slow, mendengarnya sedikit membuat mengantuk, dan sekilas mengingatkan pada beberapa lagu milik Radiohead. Bagaimana dengan penyanyi dengan musik yang unik Lykke Li, yang membawakan “Possibility”? tidak mengecewakan.

The Killers juga tidak mau kalah dengan slow rocknya “A White Demon Love Song”, berlanjut “Satellite Heart” yang dibawakan oleh Anya Marina dengan nuansa gitar akustik, sangat asik untuk dinikmati. Yang ditunggu-tunggu, Muse meski tidak menjadi band pembuka, “I Belong to You” merupakan track yang yang cukup lumayan untuk dinikmati dengan perpaduan gitar, piano dan diremix dengan nuansa New Moon Remix, akan membuat orang jatuh cinta saat mendengarkannya. Nuansa gelap akan Anda jumpai ketika menikmati “Rosyln” yang dibawakan oleh Bon Iver and St. Vincent. Black Rebel Motorcycle Club dengan “Done All Wrong” membawakan dengan nuansa akustik alternative, tidak mengecewakan. “Monsters” yang dibawakan oleh Hurricane Bells masih merupakan rock alternative yang masih lumayan untuk dinikmati.

Mari kita dengarkan “The Violet Hour”, yang terdengar sedikit pop dengan intro gitar pada awalnya, dibawakan dengan cukup unik oleh Sea Wolf. OK Go yang membawakan “Shooting the Moon” juga tidak begitu mengecewakan. Berlanjut pada “Slow Life” oleh Grizzly Bear featuring Victoria Legrand terdengar sangat lambat dan sedikit membosankan. Alunan piano pada “No Sound But the Wind” berhasil dibawakan dengan baik oleh Editor, dan ditutup dengan score musik alunan piano yang dibawakan oleh Alexandre Desplat pada “New Moon (The Meadow)” mengingatkan pada “Bella’s Lullaby” yang dibawakan oleh Carter Burwell, hemm penutup yang bisa menjadi penenang setelah disuguhkan berbagai macam irama musik pada ke 14 track sebelumnya.

Tidak bisa dipungkiri lagi, yang akan membuat semua pendengar bertanya, kemana Paramore? Collective Soul hingga Iron & Wine dan Linkin Park? Meski hanya mengisi Muse yang sudah mengisi soundtrack sebelumnya, dan memasang 13 musisi baru yang tidak terdapat di album sebelumnya, serta ditambah satu score, apakah proyek soundtrack ini akan berhasil? Secara pribadi saya mengharapkan “Ya”, dan secara keseluruhan album ini tidak begitu mengecewakan, dengan digantinya berbagai macam musisi baru seperti di atas, diharapkan dapat membuat image baru yang dapat mengangkat beberapa musisi yang sudah cukup terkenal seperti Death Cab for Cutie, Lykke Li hingga beberapa musisi kain yang kebetulan namanya bekum begitu terangkat. Kalo kalian bilang ingat Twilight? Pasti akan mengingat Paramore hingga Collective Soul. Lalu bagaimana dengan New Moon?? Hem jangan lupa juga ada Thom Yorke, The Killers dan berbagai macam musisi berbakat lainya. Buat pecinta Twilight Saga, khususnya yang sedang menantikan New Moon, Tidak ada salahnya menikmati album ini terlebih dahulu sebelum mengikuti filmnya, siapa tahu aja, kalo ada lagu yang nyantol, kalian bisa langsung nyanyi sewaktu menikmati film yang sudah ditunggu-tunggu jutaan bahkan lebih penonton ini. Saran saya, jangan berisik yah nontonnya kalo sambil menyanyi, takut mengganggu tetangga sebelahnya.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Lyrics:
1. “Meet Me on the Equinox” (Death Cab for Cutie) – 3:44
2. “Friends” (Band of Skulls) – 3:09
3. “Hearing Damage” (Thom Yorke) – 5:04
4. “Possibility” (Lykke Li) – 5:06
5. “A White Demon Love Song” (The Killers) – 3:34
6. “Satellite Heart” (Anya Marina) – 3:33
7. “I Belong to You” [New Moon Remix] (Muse) – 3:12
8. “Rosyln” (Bon Iver and St. Vincent) – 4:49
9. “Done All Wrong” (Black Rebel Motorcycle Club) – 2:49
10. “Monsters” (Hurricane Bells) – 3:16
11. “The Violet Hour” (Sea Wolf) – 3:32
12. “Shooting the Moon” (OK Go) – 3:18
13. “Slow Life” (Grizzly Bear featuring Victoria Legrand – 4:21
14. “No Sound But the Wind” (Editors) – 3:48
15. “New Moon (The Meadow)” (Alexandre Desplat) – 4:09

Related posts

Leave a Reply