Trending News

Blog Post

CreativeDisc Top 10 New Artist 2009
Music News

CreativeDisc Top 10 New Artist 2009 


Adam Lambert

American Idol sensation, Adam Lambert, pantas menjadi sorotan sebagai salah satu pendatang baru terpanas tahun ini. Mulai dari penampilannya yang setiap pekan selalu fantastis sampai dengan penampilan kontroversialnya di ajang American Music Awards yang menyebabkan terlalu banyak penampilan televisi yang harus dibatalkan karenanya. Prestasi Adam tahun ini yang pantas diacungi jempol adalah angka penjualan album For Your Entertainment yang jauh mengungguli album Kris Allen di pekan pertamanya, ikut dalam proyek album soundtrack 2012, dan 3 besar Trending Topic di Twitter selama 2009 ini.
 
Esmee Denters

Ditemukan oleh Justin Timberlake melalui YouTube, Esmee Denters kemudian dikontrak oleh Tennan records untuk merekam album solo perdananya Outta Here. Kabar-kabarnya album ini akan dirilis di US tahun depan. 2 single, Outta Here dan Admit It mengangkat popularitas Esmee, sehingga terpilih sebagai Best Dutch & Belgian dalam MTV Europe Music Awards tahun ini. Esmee selain jago nyanyi juga jago bermain keyboard!
 
JLS

Meskipun kalah dari Alexandra Burke dalam perolehan vote di ajang X Factor tahun lalu, tapi JLS membuktikan bahwa mereka bukan sekedar bintang reality show semata. Pasca X factor mereka memiliki 2 lagu nomor satu di Inggris, Beat Again dan Everybody In Love. Yang lebih hebat adalah album mereka meraih posisi 1 setelah mengalahkan saingan terberatnya Robbie Williams yang merilis Rality Killed The Video Star di pekan yang sama. Angka penjualan album mereka 600.000 dan ini mengalahkan Overcome miliknya Alexandra Burke yang sampai sekarang baru terjual sebanyak 469.896 kopi. Tahun ini mereka memenangkan Best UK Newcomer dan Best Song untuk Beat Again di ajang MOBO Awards.
 
Justin Bieber

Dalam pekan perilisan album My World di US, nama Justin Bieber keluar sebagai pendatang baru dengan penjualan debut album terbaik sepanjang 2009, ini sebelum pekan depannya dipatahkan oleh Susan Boyle. Justin adalah sensasi 15 tahun dari Kanada yang dikenal lewat ajang pencarian bakat se-Stratford, Ontario, Kanada. Single One Time sejak Juli lalu hingga akhir tahun ini masih berjuang di Billboard Hot 100 Singles, dan seluruh lagu dalam album My World masuk dalam daftar US Billboard Hot 100 Singles juga.
 
Ke$ha

CreativeDisc pernah menampilkan profil cewek kelahiran 1 Maret 1987 ini sebagai sensasi musik pop tahun ini. Dan benar saja, pekan ini Ke$ha merajai US Billboard Hot 100 Singles dengan debut TiK ToK setelah berjuang sejak Agustus lalu. Ke$ha akan merilis album Animal tahun depan dan sebelumnya sudah membuat penampilan bersama Flo Rida dan muncul sebagai backing vokal untuk album Miley Cyrus, Pitbull, dan Taio Cruz.
 
Kris Allen
Yang terbaik dalam diri Kris Allen adalah kesederhanaannya yang sangat memikat. Betul saja sejak kemunculannya sebagai kontestan di ajang American Idol tahun ini, Kris Allen memikat tidak hanya warga Amerika, tapi juga membuktikan diri dalam polling yang digelar CreativeDisc tahun ini sepanjang American Idol berlangsung. Pengunjung CreativeDisc kompak memilih Kris sebagai juara. Album debutnya dirilis tahun ini dan debut di posisi 11. Single Live Like We’re Dying yang merupakan cover version dari band The Script masih berjuang dalam US Billboard Hot 100 Singles.

La Roux

Elly Jackson dan Ben Langmaid membentuk La Roux di tahun 2008 lalu dengan music influences seperti Depeche Mode, The Human League, Erasure, yang menggeluti dunia synthpop di tahun 80-an. Album perdana mereka yang dirilis Juni lalu berhasil menempati posisi 2 UK Album Chart dan Top 10 di Irlandia dan Kanada. Single Bulletproof pun ikutan menjadi salah satu single terbaik di UK Single Chart sekaligus Studio8 menobatkannya sebagai Song of July 2009. How cool is that?! Dan mudah-mudahan bakalan masih banyak kejutan dari duo ini di tahun mendatang. Amin.
 
Owl City
Adam Young alias Owl City menambah daftar one man band di tahun ini. Kalau Seconhand Serenande dan Five For Fighting berada di jalur ballad, maka Owl City memilih musik elektronika sebagai jalurnya. Hot Air Balloon dan Fireflies sudah membuktikan keperkasaannya dalam dunia musik. iTunes dan Billboard Hot 100 Singles pun telah dikuasai. Langkah berikutnya yang Adam Young akan ambil adalah merilis ulang albumnya dalam bentuk deluxe dengan 2 keping CD di Januari tahun depan. Yay! We’ll be waiting.
 
Pixie Lott
Sejak kemunculannya lewat single Mama Do (Uh Oh, Uh Oh) di posisi 1 UK Singles Chart, nama Pixie Lott langsung mencuat. Gadis yang Januari nanti akan berusia 19 tahun ini kemudian menancapkan kukunya lebih dalam melalui single Boys and Girls yang juga berhasil meraih posisi puncak. Album debutnya Turn It Up sudah mendapat sertifikat Emas di Inggris dan akan menyusul perilisan di Amerika Pebruari mendatang. Best UK & Ireland Act berhasil dimenangkan Pixie dalam ajang MTV Europe Music Awards tahun ini, sekaligus gelar Ultimate Newcomer diberikan kepada Pixie oleh Cosmopolitan Ultimate Women 2009.
 
Susan Boyle

Daftar ini sepertinya tidak akan lengkap jika tidak memasukkan nama Susan Boyle di dalamnya. Semenjak kehadirannya dalam ajang Britain’s Got Talent, Susan Boyle adalan sebuah sensasi. Debut albumnya dengan angka penjualan lebih dari 1,7 juta kopi di seluruh dunia pada pekan pertama perilisan adalah sebuah prestasi. Hingga kini album I Dream A Dream masih menjadi juara di US Billboard Hot 200 Albums dan hingga saat ini albumnya mencatat angka 4.880.500 kopi sejak rilis 23 Nopember lalu. Luar biasa!

(Welly, Ai Hasibuan, Iqko)

Related posts

Leave a Reply