Trending News

Blog Post

Album of The Day: Dashboard Confessional – Alter The Ending
Album of The Day

Album of The Day: Dashboard Confessional – Alter The Ending 

PhotobucketCarraba berteriak dengan antusias pada ‘Get Me Right’, membuka ‘Alter the Ending‘ dengan panasnya ritme rock yang kental. Seakan belum cukup, ‘Until Morning’ tetap meletakkan intensitas pada vokal Carraba yang garang dengan distorsi gitar serta ketukan drum gahar. Namun jangan lupakan, Dashboard Confessional masihlah dikenal sebagai pengusung emo yang kental, sehingga vokal Carraba masih terasa gloomy kalau tidak mau dikatakan berlarat.

Okelah, mungkin dua album sebelumnya, ‘Dusk and Summer’ (2006) dan ‘The Shade of Poison Trees’ (2007), unsur murung dan mellow, kental mengisi. ‘Alter the Ending’ mungkin akan mengingatkan pada musikalitas di awal karir Dashboard Confessional. Akan tetapi itu awal 2000-an. Di penghujung dekade ini terasa sekali jika Carraba telah menyentuh kedewasaan dalam subtilitas kontemplasi bermusiknya.

‘Belle of the Boulevard’ seakan menjadi bukti penegasan itu. Elemen rock mid-tempo dengan getar pop yang kental serta penekanan pada harmoni, menjadikan lagu ini rancak terdengar akan tetapi tetap menyentuh.

Dalam album ini Carraba banyak berbicara dalam positifisme, baik tentang cinta maupun dalam memandang hidup. Lagu-lagu dikomposisi melalui aransemen yang dipikirkan dan pengunaan alat musik yang lebih ekstensif dan maksimal, mengindikasikan semangat rock n’roll yang pekat. Meski dalam departemen lirik, hadir lebih banyak kalimat-kalimat puitis dan membuat kesan yang lebih mendalam.

Yang mengharapkan Dashboard Confessional menjadi murung, sederhana dan minimalis mungkin akan sedikit kecewa. Karena dalam ‘Alter the Ending’, Carraba terasa lebih dinamis dan menghentak-hentak. Akan tetapi, dia juga mengindikasikan progresi musikalitas yang jenial. Carraba pun bernyanyi dengan lebih lantang, meski tidak terasa cerewet atau berlebihan, karena ia lebih memilih pakem “treak-treak” yang lebih matang dan terkonsep.

Meski begitu, tetap ada ‘Even Now’ yang lembut mengalun, menghipnotis dalam permainan gitar bolong serta komposisi yang minimalis dengan lirik menghanyutkan. Lagu ini membuat kita percaya kembali pada cinta atau mencintai, apalagi vokal Carraba yang lirih mengalun sangat poten untuk membuat kita larut dalam euforianya. Atau lagu penutup yang tak segahar judulnya, ‘Hell on the Throat’. Tepat sebagai pengunci album ini.

‘Alter the Ending’ di produseri oleh Butch Walker dengan dibantu oleh Adam Schlesinger (Fountains of Wayne). Resume Walker dalam membidani banyak album rock paten tentu saja membuat album ‘Alter the Ending’ ini semakin bertaji sebagai salah satu album rock cerdas dan menawan. Chris Carraba sendiri menunjukkan jika seorang rocker juga bisa menjadi dewasa dalam bermusik tanpa harus meninggalkan akarnya.
(Haris / CreativeDisc Contributors)

Track List:
01. Get Me Right
02. Until Morning
03. Everybody Learns from Disaster
04. Belle of the Boulevard
05. I Know About You
06. Alter the Ending
07. Blame It on the Changes
08. Even Now
09. Motions
10. No News Is Bad News
11. Water and Bridges
12. Hell on the Throat

Trivia:
Album ini juga dirilis dalam bentuk ‘Deluxe Edition’ berisi dua CD, dimana keping pertama berisi materi standar dan keping kedua berisi versi akustik dari keseluruhan lagu yang terdapat pada keping pertama.

Related posts

Leave a Reply