Trending News

Blog Post

Album of The Day: Westlife – Where We Are
Album of The Day

Album of The Day: Westlife – Where We Are 

PhotobucketDiantara jajaran boyband, bisa jadi hanya Backstreet Boys dan Westlife yang masih terus merilis album sampai sekarang. Itu persamaan mereka. Perbedaannya? Ketika musik Backstreet Boys berubah menjadi Pop R&B yang kental dengan bantuan tangan Timbaland, maka di album ini Westlife berharap bisa terbantukan dengan keajaiban seorang Ryan Tedder.

Di album ini kita akan disambut oleh track “What About Now” yang sekaligus menjadi single pertama album ini. Lagi-lagi pertanyaan yang sama akan berulang. “Ah mengapa mengambil lagu orang lain lagi? Apakah mereka tidak pede dengan lagu mereka sendiri?” Bisa jadi! Karena satu keuntungan ketika menyanyikan sebuah lagu yang sudah populer adalah kemudahan untuk langsung nyangkut di telinga. Walaupun gubahan musik untuk track ini bisa dikatakan sempurna, tapi tetap bayang-bayang Daughtry akan selalu mengikuti.

Padahal ada banyak track yang sebenarnya kuat untuk dijadikan single. Simak saja “How To Break A Heart”. Keistimewaan lagu ini? Sound yang di usungnya berada di Pop R&B yang masih menunjukkan bahwa ini lagu Westlife, ditambah ketika di bagian refrain, mereka bernyanyi dengan saling bersahutan tanpa terdengar seperti berteriak. Emosi lagu ini begitu terasa!

Nama Louis Biancaniello dan Sam Watters menjadi nama yang paling banyak menggubah musik dalam album ini. “How To Break A Heart”, “Leaving” dan “Sound Of A Broken Heart” adalah 3 lagu yang soundnya diciptakan oleh pasangan ini. Formula lagunya pun masih sama, kecuali di track “Leaving”. Dimana kita akan mendengarkan ratapan kesedihan dengan ditemani alunan piano yang mengalun sepanjang lagu ini.

Tampaknya piano menjadi bunyi yang sangat familiar sepanjang album ini. Memang benar, musik mereka sudah bertransformasi pula. Tidak lagi menampilkan music bubble gum pop konsumsi para ABG, tapi sudah mengarah ke kualitas yang lebih baik. Tapi mengapa repetisi nadanya seperti berulang sampai track terakhir? Akhirnya album ini terdengar flat dan mempunyai rasa yang sama. Dengarkan saja track “The Difference”, “As Love Is My Witness”, “Another World”.

Apakah saya tadi menyebutkan Ryan Tedder? Inilah klimaks dan track terbaik dari album ini. “Where We Are” yang sekaligus menjadi judul album. Kenapa klimaks? Letaknya di tengah-tengah album mampu membuyarkan kebosanan yang amat sangat ketika menikmati album ini. Pertanyaan khusus, kenapa sound dari track ini terdengar seperti Already Gone milik Kelly Clarkson dan Halo nya Beyonce? No Offense please!

Statement yang dikeluarkan oleh Filan mengenai album ini bisa sedikit menggambarkan bentuk album ini sebenarnya.
A different direction might be a bit wrong. I think it’s still pop music, but there’s a different variation on it. One massive thing is we worked with different producers, who we’ve never worked with before, and new song writers. There are thirteen songs on the album and twelve of them are originals. There’s more tempo, more rocky songs, some more american songs, some darker songs on there with darker lyrics.

Hmm, the direction? Kita masih bisa mengenali suara sekumpulan lelaki ini milik westlife. Different variation? Setelah merombak “Home” milik Michael Bubble, mereka mengaransemen ulang lagu rock Daughtry. Dan semuanya gagal. Different Producers? Setidaknya ada beberapa lagu yang bisa diandalkan. Simak juga track “No More Heroes”. Emosi mereka begitu terjaga dari awal sampai akhir track. Tapi kebanyakan mendengarkan ratapan juga tidak baik untuk kesehatan jiwa.

Yah, bisa jadi perjalanan boyband ini akan tercetak jelas di album mereka. Where We Are. Dimana mereka sebenarnya dan apa yang akan mereka lakukan untuk bisa menghadirkan sesuatu yang berkualitas seperti album “Coast To Coast”? karena kalau tidak, mereka hanya akan menjadi romansa masa lalu, dimana hanya lagu-lagu lama mereka yang akan selalu diingat.
(iQko / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “What About Now” 4:11
2. “How to Break a Heart” 4:04
3. “Leaving” 3:57
4. “Shadows” 4:01
5. “Talk Me Down” 4:01
6. “Where We Are” 3:57
7. “The Difference” 3:30
8. “As Love Is My Witness” 4:07
9. “Another World” 3:16
10. “No More Heroes” 3:58
11. “Sound of a Broken Heart” 3:51
12. “Reach Out” 3:56
13. “I’ll See You Again” 5:17

Related posts

Leave a Reply