Trending News

Blog Post

Album of The Day: Will Young – The Hits
Album of The Day

Album of The Day: Will Young – The Hits 

PhotobucketOriginal idol, itulah kebanggaan terbesar yang bisa Will Young sematkan dalam hidupnya. Sejak kemunculannya di dunia musik dari 2001 silam, nama Will Young hingga saat ini masih dalam batas aman. Artinya tidak pernah extremely down dalam berkarir. Maka dari itu, satu dekade berkarya, Will merasa perlu untuk mengemas perjalanannya itu dalam sebuah album yang diberi judul The Hits di akhir tahun 2009 lalu.

2 album nomor 1, 2 album nomor 2, 4 lagu nomor satu, dan 13 lagu Top 40, itu semua yang terkemas dalam album ini. Kalau-kalau ada yang menyatakan bahwa Will Young is all about oldies, maka perlu membeli album ini untuk mendengar dan lebih mengenal Will dari awal karirnya. Evergreen yang merupakan lagu dari boyband Westlife merupakan salah satu hit pertamanya. Lagu ini pop, boyband abis, dan dalam aransemen yang dilakukan Per Magnusson dan David Kruger untuk Will tidak ubahnya dengan versi originalnya. Begitu juga dengan lagu You And I. Keduanya adalah pop current dengan choir dan orchestra sebagai faktor pendukung. Kemungkinan Light My Fire yang membuat kesan oldies melekat pada diri Will. Pantas saja, versinya adalah style yang sama dengan Jose Feliciano di tahun 1968.

Di album kedua, Will mencoba untuk tetap pada formula terbaiknya, musik orkestra dan paduan suara sebagai backing vocal. Leave Right Now adalah hit milik Will yang paling aku suka. Liriknya yang dramatis dan musiknya yang melankolis membuat kita mudah untuk menyukai lagu ini. “I think I better leave right now, before I fall any deeper, I think I better leave right now, I’m feeling weaker and weaker, somebody better show me how, before I fall any deeper, I think I better leave right now”. Langsung, Eg White, pangarang lagu ini mendapat penghargaan Best Song Musically and Lyrically di ajang Ivor Novello Awards tahun 2004. Dan Will semakin PD dengan konsepnya. Muncullah You Game di tahun yang sama dengan nuansa serupa, kemudian Friday’s Child yang lebih soft.

Album ketiga Will, Keep On tidak membuahi satupun lagu nomor 1. Opps! Apa yang terjadi? Padahal untuk album ini Will berkerjasama di studio bersama Lucie Silvas sampai Robin Thicke. Namun Switch It On, All Time Love, dan Who Am I tidak begitu perkasa di chart. Disinilah gaya musik Will terlalu terpengaruh dengan retro sound yang kurang diminati. Hingga era Let It Go di tahun 2008, yang melampirkan Changes, Grace, dan Let It Go juga masih tidak begitu berdampak. Padahal Will kembali bergabung dengan Eg White dan beberapa nama dari album keduanya untuk kembali menyukseskan albumnya. Durasi yang terlalu panjang mungkin sebuah kendala. Meskipun tidak buruk, tapi keduanya mendapatkan nilai pas-pasan.

Barulah tahun ini Will memberi Hopes & Fears yang jika dibandingkan dengan 6 single terakhirnya adalah sebuah lagu yang lebih fresh, hip, current, dan cheerful. Produser Robot Club yang membuat lagu ini demikian, dan berkat jasanya jualah drummer Skip Wiseman ikut berkontribusi. Disinilah letak peremajaan musik Will. Ditutup dengan If It Hadn’t Been For Love, Will Young benar-benar memukau dengan vokalnya yang one of a kind. I’m a big fan of is voice dan album ini adalah pemuas kebutuhan akan musik pop melankolis!
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Evergreen” (Jörgen Elofsson, Per Magnusson, David Kreuger) – 4:12
2. “Light My Fire” (Jim Morrison, Ray Manzarek, John Densmore, Robby Krieger) – 3:28
3. “You and I” (Mike Peden, Ed Johnson, H. Johnson) – 4:04
4. “Leave Right Now” (Eg White) – 3:34
5. “Your Game” (Will Young, Blair MacKichan, Tayo Onile-Ere) – 4:10
6. “Friday’s Child” (Steve Lee, D. Taylor) – 8:59
7. “Switch It On” (Will Young, Stephen Lipson, Ronnie Peterson, Karen Poole, Steve Wolf) – 3:48
8. “All Time Love” (Jamie Hartman) – 3:56
9. “Who Am I” (White, Lucie Silvas) – 4:28
10. “Changes” (Young, White) – 4:00
11. “Grace” (Young, Matt Prime) – 4:37
12. “Let It Go” (White, Jeremy Gregory, Poole) – 3:41
13. “Hopes & Fears” (Yolanda Quartey, Stew Jackson) – 3:46
14. “If It Hadn’t Been for Love” (Caroline Lost, Jez Ashurst) – 3:36

P.S. Will Young berjanji akan banyak rekaman setara Hopes & Fears di album berikutnya, dimana Will tidak akan bermain aman lagi, yaitu mencoba dance pop. Penasaran?! Sama! Makanya kita tungguin aja.

Related posts

Leave a Reply